Cara Main Game Android di PC dan Laptop

Cara Main Game Android di PC dan Laptop – Bermain game kini tidak hanya berguna untuk menghabiskan waktu dan menguras rasa bosan. Di zaman sekarang, main game juga bisa jadi alternatif untuk mencari uang.

Caranya adalah dengan menyiarkannya secara live di facebook gaming, twitch, nimo, lewat software OBS; atau upload video rekaman ke youtube, dll.

Kami melihat perubahan yang cukup signifikan di sini. Kalau kalian rajin memperhatikan, sekarang itu yang banyak disiarkan dan banyak penontonnya adalah game mobile. Alasannya mungkin karena perangkatnya cukup terjangkau untuk dibeli.

Cukup pakai HP 2 jutaan kalian sudah bisa main game mobile dan menyiarkannya secara live. Berbeda halnya dengan game PC yang membutuhkan resource dan modal yang lumayan gede.

Terlepas daripada itu, buat kalian yang memang berencana untuk live streaming game tapi terkendala pengetahuan, kami akan bahas step by stepnya di artikel ini: cara live streaming facebook untuk game.

Secara khusus di artikel ini kami hanya akan bahas tentang cara main game android di PC atau laptop.

Langsung saja.

Cara Main Game Android di PC atau Laptop

Ada dua cara yang bisa kalian lakukan untuk bermain game mobile di PC, yaitu pakai emulator dan tanpa emulator. Menurut kami, keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk yang punya resource lebih sih mending pake emulator. Tapi kalau resource kalian terbatas, kami sarankan pakai software mirroring android saja. Kami sudah tes dan hasilnya hampir sama. Tentunya ini karena kami pakai software mirroring–yang menurut kami- terbaik. Penasaran? Dibaca sampai tuntas ya!

Cara main game android di PC atau laptop pakai emulator

Yang pertama pakai emulator android. Caranya …

cara main game android di pc - pake emulator memu

Cukup simpel alias tidak ribet. Hanya saja memang ukuran emulator androidnya besar-besar.

Cara main game android di PC atau laptop tanpa emulator

Ada cara lain yang bisa kalian coba, yaitu dengan menghubungkan layar android ke PC atau laptop kalian. Caranya …

  • Install aplikasi mirroring android di PC kalian. Bisa ApowerMirror, Vysor, AirDroid, dll. Tapi kami sarankan pakai scrcpy karena size programnya hanya 30 MB. Ditambah kalian tidak perlu install aplikasi tambahan di androidnya (baca: cara install scrcpy).
  • Pastikan USB debugging telah aktif di menu opsi pengembang. (baca: cara aktifkan USB debugging).
  • Hubungkan smartphone kalian ke PC atau laptop menggunakan kabel USB.
  • Buka scrcpy.exe yang sudah kalian download tadi.
  • Layar android kalian secara otomatis akan tampil di PC.
  • Mainkan game.
  • Selesai.
cara main game android di pc - tanpa emulator

Saat ini, menurut kami, cara kedua inilah yang terbaik. Selain hemat resource, hasilnya juga lumayan; delaynya tidak lama, FPS cenderung stabil, warna real, dll. Silakan saja dicoba.

Sekalian Direkam?

Katakanlah alasan kalian ingin main game android di PC itu adalah untuk keperluan konten youtube gaming. Jadi mesti direkam dong.

Untuk merekamnya kalian bisa pakai software OBS atau camtasia screen recording. Atau kalau mau lebih wush wush tanpa delay dan lag, bisa pakai perangkat yang namanya Elgato. Tutorialnya bisa kalian baca di artikel cara streaming dan recording game ya.

Kami cukupkan dulu untuk artikel ini. Silakan dibaca artikel pelengkapnya agar hasilnya maksimal. Maaf gaes kalau dipisah-pisah, maksud hati ingin rapi. He he.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.