Cara Mendapatkan Uang dari Facebook: Monetisasi FB

Cara Mendapatkan Uang dari Facebook – Bagaimana cara menghasilkan uang dari Facebook? Bagaimana cara monetisasi video Facebook? Berapa harga pasaran fanspage Facebook? Bagaimana trik jualan di marketplace dan grup jual beli di Facebook? Temukan jawabannya di sini!


Zaman sekarang, mendapatkan uang tidak melulu harus dengan bekerja berpeluh keringat. Ada cara-cara cerdas yang dahulu asing, kini menjadi impian banyak orang: mendapatkan uang dari internet. Salah satunya adalah mendapatkan uang dari Facebook.

Ya. Selain sifatnya sebagai media sosial, Facebook pun bisa menjadi mesin uang juga, lho. Buat kalian yang penasaran bagaimana caranya, inilah secuil inspirasi tentang cara menghasilkan uang dari Facebook.

Cara Mendapatkan Uang dari Facebook

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kalian lakukan di FB agar menghasilkan uang. Cek daftar isi di atas untuk menuju ke topik yang menurut kalian menarik.

1. Jualan Produk atau Membuat Toko Online

cara-mendapatkan-uang-dari-facebook-toko-online

Hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah berjualan. Bisa menjual produk sendiri atau produk orang lain sebagai reseller atau dropshipper (baca: perbedaan reseller dan dropshipper).

Saran kami, kalau kalian belum ada modal, jadi dropshipper saja. Produknya cari di marketplace seperti tokopedia atau shopee, lalu jual di Facebook.

Ada beberapa triknya:

Kenapa harus memakai fanspage? Begini … customer cenderung lebih percaya membeli barang dari toko yang punya kredibilitas atau authority. Jadi, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah membuat fanspage.

  • Desain fanspage seprofesional mungkin

Langkah selanjutnya adalah mendesain fanspage. Jangan sampai fanspage kalian terlihat ‘kumuh’. Tidak ada konsepnya. Minimal, kalian memakai foto dan cover yang bagus (baca: cara membuat foto profil dan cover bagus dengan Canva).

  • Jangan jualan terus

Salah satu kesalahan orang yang berjualan di fanspage Facebok adalah terus-menerus posting barang dagangannya. Padahal, Facebook itu media sosial tempat saling sapa dan berbagi informasi. Jadi triknya adalah sering-seringlah berbagi informasi yang relevan dengan produk yang kalian jual.

Posting dagangan mah sekali-sekali saja. Maksimal seminggu 3 kali.

  • Iklankan produk

Tahap paling advance dari jualan di Facebook adalah mengiklankan produk. Kalau untuk ini, kalian perlu belajar ke ahlinya. Banyak, kok, yang buka e-course tentang cara iklan di Facebook.

  • Jualan di grup-grup

Di Facebook itu banyak grup jual beli. Manfaatkan! Posting saja produk yang kalian jual di sana. Atau kalian bisa masuk ke grup-grup yang relevan dengan produk yang kalian jual. Tapi, jangan jualan!

Misal, kalian masuk ke grup komunitas PGPAUD. Jangan jualan produk di sana. Tapi berikan edukasi tentang permainan-permainan anak. Buat orang-orang di sana percaya kalau kalian adalah orang kredibel dan asik. Lambat-laun pasti akan banyak yang add kalian.

Setelah itu, posting saja jualan di profil pribadi. Kemungkinan orang tertarik pasti lebih besar.

2. Paid promote di fanspage

Cara mendapatkan uang dari Facebook yang selanjutnya adalah dengan mengkomersilkan postingan di fanspage yang kalian punya. Jadi misalnya kalian punya fanspage yang likersnya sudah mencapai 100rb. Nah, kalian tawarkan saja pemasangan iklan di sana.

Misal, 100rb rupiah per posting selama 24 jam di feed dan Facebook story. Simpel. Tidak perlu banyak keluar tenaga. Sulitnya hanya di awal saja; pada saat merintis fanspage. Tapi setelah itu enak sekali.

3. Monetisasi video Facebook

cara-mendapatkan-uang-dari-facebook-adbreak

Berikutnya adalah cara yang saat ini sedang hype, yaitu memonetisasi video Facebook. Cara kerjanya seperti youtube. Kalian upload video di Facebook, datangkan banyak penonton, dan daftarkan ke program adbreak atau in-stream ads.

Adbreak adalah program seperti adsense tetapi khusus untuk video Facebook. Jadi nanti pihak Facebook akan menaruh iklan di sela-sela video yang kalian upload tadi.

Tapi tidak semua fanspage bisa memonetisasi video. Ada syarat-syarat yang ditetapkan Facebook untuk ini. Berikut adalah syarat memonetisasi video Facebook:

  • Followers minimal 10.000.
  • Video berdurasi lebih dari 3 menit yang ditonton minimal selama 1 menit oleh 30.000 orang.

Kalau fanspage kalian belum memenuhi syarat tersebut maka iklan tidak akan bisa tampil di video kalian. Oh, ya, selain itu video yang kalian upload harus original agar tidak mendapatkan klaim hak cipta dari orang lain.

Untuk melihat apakah fanspage kalian memenuhi syarat atau belum, bisa masuk ke Facebook creator studio. Buka link ini untuk langsung ke Creator Studio Facebook.

4. Daftar Facebook gaming

Berikutnya adalah melakukan live streaming game di Facebook. Baca caranya di sini: cara live streaming di Facebook dengan OBS.

Facebook punya sebuah program bermana Facebook Gaming. Program ini memfasilitasi para gamer dan live streamer untuk menyiarkan secara langsung game-game yang sedang mereka mainkan.

Nah, asiknya, ketika penonton kalian banyak, Facebook akan ‘membayar’ kalian. Setidaknya ada 3 tahapan yang harus kalian lalui:

  • Beginner
  • Level up
  • Partner

Untuk melalui ketiga tahap tersebut memang tidak mudah. Tapi kalau kalian melakukan hal yang kalian senangi (main game), kami yakin kalian bisa sabar. He he.

5. Jual fanspage Facebook

cara-mendapatkan-uang-dari-facebook-jual-fanspage

Berikutnya adalah jualan fanspage Facebook. Ya. Betul. Bukan komersialisasi posting, tetapi menjual fanspage secara utuh. Praktik ini sudah sering terjadi di Facebook. Bahkan ada grup jual belinya sendiri.

Harga fanspage Facebook cenderung lebih murah dari akun Instagram. Ada beberapa faktor yang memengaruhinya. Salah satunya adalah kecenderungan usernya dalam melihat produk. Ini bisa panjang penjelasannya. Skip.

Harga pasaran untuk fanspage Facebook adalah–sepengalaman kami- 1 juta per 50rb followers.

Yang Sebaiknya Dihindari

Ada beberapa hal yang menurut kami perlu dihindari. Memang, sih, mendatangkan uang, tapi kami kurang setuju praktik ini: jual followers Facebook

Kenapa harus dihindari? Karena konsepnya adalah memberikan user ‘tidak aktif’ ke suatu fanspage. Hasilnya adalah angka palsu. Mungkin memang bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan user baru untuk menyukai halaman kalian. Tapi jika tidak sesuai dengan kualitas postingan ya … itu harus dipertanggungjawabkan.


FAQ Cara Mendapatkan Uang dari Facebook

Bagaimana cara mendapatkan uang dari Facebook?

Caranya banyak. Bisa dengan jualan produk dan jasa; bisa jualan fanspage; bisa dengan paid promote postingan; bisa mendaftar facebook gaming, dll.

Bagaimana cara memonetisasi video Facebook?

Caranya adalah kalian harus memiliki fanspage yang followersnya minimal 10.000 dan viewers video yang lebih dari 30.000 menit. Kalau fanspage kalian sudah memenuhi syarat tersebut, tinggal daftarkan saja ke program adbreak di Facebook creator studio.

Bagaimana cara mendapatkan uang dari Facebook gaming?

Caranya sesuai dengan level streamer kalian. Intinya, yang pertama kali harus kalian lakukan adalah mulai menyiarkan game di Facebook. Lalu bangun komunitas aktif dengan mengadakan give away, dll. Setelah kalian punya viewers setia, kalian akan naik level menjadi mitra Facebook. Di sinilah tahap di mana kalian bisa mendapatkan uang dari Facebook.


Trik Facebook Populer

Semua trik Facebook bisa kalian baca di sini: Mengenal Facebook dari A-Z.

Demikian. List di atas adalah cara-cara yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan uang dari Facebook dengan aman, tanpa melanggar TOS dari Facebook. Jadi, sudah siapkah kalian mendapatkan uang dari Facebook?

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.