Cara Mengaktifkan USB Debugging Lewat Developer Options

Cara Mengaktifkan USB Debugging – Apa sih USB debugging? Kami sih selalu mengartikannya dengan: jembatan antara smartphone dan PC atau laptop.

Kenapa begitu? Karena memang fungsinya seperti itu. Seperti misalnya, ketika kalian ingin menampilkan layar android di PC, biasanya kalian harus mengaktifkan dulu USB debugging agar aplikasi mirroringnya benar-benar berfungsi.

Tutorial kali ini akan membahas 2 hal yang saling berhubungan yakni, cara mengaktifkan opsi pengembang / developer options dan cara mengaktifkan USB debugging secara khusus.

Cara Mengaktifkan Mode Pengembang (Developer Options)

Apa sih mode pengembang? Nanti kami kasih tahu apa itu. Sekarang ke cara aktifkannya dulu.

  • Masuk ke settings > about phone atau pengaturan > tentang telepon.
  • Cari informasi tentang ‘build number’ atau versi OS smartphonenya. Misalnya di Xiaomi cari ‘versi MIUI’; di Oppo cari ‘versi ColorOS’, dll.
  • Tap sekitar 5 – 10 kali di sana sampai ada peringatan kalau kalian sudah masuk mode pengembang.
cara mengaktifkan developer mode android
  • Kalau tidak bisa, dicoba saja tap random di setiap info yang ada di sana dari mulai versi kernel, versi pita, dll. Soalnya kadang ada smartphone yang beda.
  • Cari menu mode pengembang. Beberapa smartphone ada di settings > developer options, beberapa lagi ada di settings > system settings > more > developer options.
  • Kalau tidak ada, pokoknya cari saja di pengaturan. Namanya kadang developer options (opsi pengembang); kadang developer mode (mode pengembang).
  • Selesai.

Cara Mengaktifkan USB Debugging

Setelah mode developer aktif, kalian masuk ke menu tersebut. Cari USB debugging, lalu aktifkan.

cara mengaktifkan usb debugging

Mudah bukan? He he.


Apa sih Developer Options Itu?

Ini adalah informasi tambahan, seumpama kalian penasaran apa sih developer options itu?

Jadi begini … setiap smartphone android pasti dibekali sebuah ‘pintu rahasia’ yang hanya bisa dibuka oleh orang-orang yang mampu. Di sini orang mampu itu disebut developer atau pengembang.

Developer atau pengembang di sini biasanya merujuk pada pembuat aplikasi.

Singkatnya, mode pengembang ini memang dimaksudkan bagi mereka yang membutuhkan fitur atau informasi lebih tentang sistem suatu smartphone. Sebab di dalamnya banyak sekali fitur yang mendukung testing aplikasi itu sendiri.

Salah satu fiturnya adalah USB debugging.

Kenapa USB debugging masuk ke mode pengembang?

USB debugging masuk ke menu pengembang, memang karena fungsinya untuk menjembatani PC dan smartphone.

Jadi biasanya, developer android itu bikin aplikasinya di PC atau laptop. Nah untuk testingnya tentu perlu smartphone dong; maka di sinilah USB debugging mengambil peran.

Kenapa mirroring layar android ke PC membutuhkan USB debugging? Agar android tidak memblok pengiriman data–yang berupa layar smartphone- lewat port USB.

Bahasa awamnya begitu.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.