Cara Download Windows 10: Unduh ISO dari Microsoft Gratis! [LEGAL]

Cara Download Windows 10 – Bagaimana cara download ISO Windows 10? Apakah bisa melakukan download file tersebut langsung dari situs Microsoft? Apakah file ISO tersebut gratis? Temukan semua jawabannya di sini. Berikut daftar isinya:


Ketika kalian hendak membuat USB bootable, selain flash disk, hal terpenting yang harus kalian miliki adalah file image atau file ISO Windows 10.

Di internet, banyak sekali situs yang menyediakan link download file ISO Windows 10, namun pertanyaannya adalah … apakah itu legal dan langsung didownload dari server Microsoft?

Selain legal, hal yang harus diperhatikan kemudian adalah apakah file ISO Windows 10 tersebut adalah versi terbaru atau masih versi lama.

Nah, di artikel ini kami akan tuliskan cara mendownload Windows 10 langsung dari situs Microsoftnya dan cara-cara lain yang masih mengambil file dari server Microsoft. Artinya, file ISO yang akan kalian download 100% legal dan merupakan versi paling baru. Selain itu … GRATIS!

Cara Download Windows 10

Gawaiso sudah merangkum setidaknya empat cara yang bisa kalian praktikkan untuk mendownload ISO Windows 10 secara legal. Silakan simak langkah-langkahnya di bawah.

Tutorial Video

Kami sudah siapkan tutorial video untuk mempermudah kalian mengikuti langkah-langkah di bawah. Monggo ditonton sembari terus membaca.

Cara 1: Download Windows 10 dari Website Microsoft

Cara pertama tentu dengan melakukan download langsung dari situs pengembangnya. Tidak lain dan tidak bukan adalah situs Microsoft itu sendiri.

Dengan mendownload file ISO dari Microsoft, bisa dipastikan kalau Windows 10-nya legal dan dalam versi paling baru.

Bagaimana caranya? Begini …

  1. Buka situs Microsoft ini: https://www.microsoft.com/en-gb/software-download/windows10
  2. Jika kalian mengakses link tersebut menggunakan perangkat yang memakai sistem operasi Windows, kalian tidak akan menemukan tombol download ISO di sana. Hanya ada tombol Update now (untuk upgrade dan update) dan tombol Download tool now (untuk mendownload Windows Media Creation Tool).
  3. Namun, jika kalian mengakses situs tersebut menggunakan HP, baik itu Android atau iPhone, akan muncul dropdown menu yang meminta kalian memilih edisi Windows apa yang ingin didownload. Pertanyaannya adalah, bagaimana cara mendownload Windows 10 di PC yang memakai sistem operasi Windows? There’s a trick.
  4. Lakukan langkah No. 1 dengan browser Google Chrome di PC atau laptop kalian.
  5. Buka Developer tools di Google Chrome dengan cara klik simbol titik tiga di kanan atas > More tools > Developer tools. Kalian juga bisa melakukannya dengen menekan tombol ctrl + shift + i.
download iso windows 10 dari situs microsoft 1
  1. Setelah Developer tools muncul, klik simbol titik tiga > More tools > Network conditions.
  1. Kemudian, di bagian paling bawah Developer tools akan muncul tan Network conditions. Hilangkan ceklis Select automatically di bagian User Agent. Lalu pada dropdown menu yang aktif pilih apapun, bebas, asal jangan yang ada tulisan ‘Windows’-nya. Di sini kami pilih Chrome – Mac.
  1. Refresh atau reload situs Microsoft dengan menekan tombol F5.
  2. Menu untuk download ISO Windows 10 akan tersedia. Lihat perbedaan sebelum dan sesudah mengganti user agent di developer tools.
  1. Scroll ke bagian bawah, di sana akan ada dropdown menu Select edition. Silakan pilih Windows 10, lalu klik tombol Confirm.
  2. Akan muncul dropdown menu untuk memilih bahasa. Pilih English International, lalu klik tombol Confirm.
  3. Akan muncul dua opsi untuk mendownload arsitektur 32-bit dan 64-bit. Silakan disesuaikan dengan spesifikasi PC atau laptop kalian. Baca system requirements Windows 10 jika belum tahu spesifikasi minimal untuk instal Windows 10.

Setelah kalian mengklik salah satu dari dua opsi tersebut, Chrome atau IDM akan memulai proses download ISO Windows 10. Silakan sambungkan ke daya karena prosesnya akan lama tergantung kecepatan internet dari ISP yang kalian gunakan.

Setelah file ISO terdownload, untuk melakukan instalasi Windows 10 ke PC atau laptop, kalian perlu membuat USB bootable atau DVD image (burning) terlebih dahulu. Silakan baca: cara membuat USB bootable dan cara burning ISO ke CD/DVD.

Cara 2: Download Windows 10 Menggunakan Heidoc

Cara kedua adalah dengan menggunakan software pihak ketiga yang dikembangkan oleh Heidoc. Begini cara download Windows 10 menggunakan Heidoc:

  1. Download dan install software Heidoc dari situs resminya di sini. Ukuran softwarenya kecil, kok. Sekira 7 MB.
  2. Setelah terdownload, monggo dibuka softwarenya.
  3. Di samping kanan atas, sila pilih Windows 10.
  4. Pilih edisi, bahasa, dan arsitektur (32-bit atau 64-bit) dari Windows 10 yang ingin kalian download.
heidoc software download iso windows 10

Setelah mengikut langkah-langkah di atas, akan muncul sebuah jendela pop-up. Sila klik save untuk mendapatkan file ISO Windows 10.

Sebetulnya cara kerja software tersebut hampir sama dengan cara 1 di atas. Hanya saja Heidoc sebagai pengembang menyederhanakan prosesnya dalam bentuk software, yang memungkinkan orang awam tidak perlu mengubah-ubah user agent pada depelover tools.


FAQ – Pertanyaan

Bagaimana cara download Windows 10?

Untuk dapat mendownload file ISO Windows 10, kalian bisa langsung mengunjungi situs Microsoft sebagai pengembangnya di sini. Hanya saja agar ada opsi untuk mendownload, alih-alih update atau upgrade, kalian harus membuka situs tersebut dengan sistem operasi lain selain Windows. Cara mengakalinya adalah (1) buka situs tersebut dengan HP (2) mengubah user agent browser. Selengkapnya baca artikel ini.

Dalam bentuk apa Windows 10 terdownload?

Biasanya dalam bentuk file image atau file ISO.

Apakah download Windows 10 berbayar?

Tidak. File ISO bisa kalian dapatkan secara gratis dari situs Microsoft langsung.

Apakah Windows 10 yang didownload dari situs Microsoft adalah legal?

100% legal.


Akhir Kata

Demikian. Itulah 2 cara download Windows 10 dari situs Microsoft langsung dan dengan bantuan software Heidoc. File ISO yang akan kalian dapatkan dari proses di atas merupakan file legal yang memang disediakan gratis oleh Microsoft.

Akhir kata, meskipun Windows 10 adalah sistem operasi berbayar, kalian tetap bisa mendownload file ISO-nya dan menginstallnya tanpa lisensi. Hanya saja ada beberapa fitur personalisasi yang memang tidak akan kalian dapatkan. Menurut kami … fitur personalisasi tersebut tidak menggangu performa Windows 10 secara umum.

Jadi … daripada melakukan aktivasi Windows 10 dengan software ilegal, mending instal saja tanpa lisensi. He he.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.