Cara Mengatasi Your Windows License Will Expire Soon

Gawaiso.com – Apa maksud dari peringatan Your Windows License Will Expire Soon? Bagaimana cara mengatasi dan menghilangkan peringatan tersebut agar tidak muncul terus-terusan? Temukan solusinya di artikel ini. Silakan gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian tuju. Tks.


Kemarin, kebetulan laptop yang biasa Saya pakai untuk menulis artikel di website ini dibawa istri ke tempat kerja. Alhasil, Saya pinjam laptop punya adik yang nganggur untuk menulis beberapa update dan mengecek beberapa hal.

Baru sekian menit laptop menyala, muncul sebuah peringatan bahwa lisensi Windows di laptop yang sedang Saya pakai sebentar lagi kadaluarsa. Di pesan peringatan tersebut terdapat dua tombol; Go to settings dan close.

Karena Saya belum terlalu paham, ditambah lagi ini laptop bukan punya pribadi, maka Saya klik saja tombol close. Saya kira masalahnya bakal selesai, tapi, eh, sejurus kemudian pesan peringatan Your Windows License Will Expire Soon muncul lagi.

Waduh. Saya langsung berpikir, apa pesan peringatan ini nggak ganggu? Secara adik Saya masih kuliah dan sering pakai laptop ini untuk keperluan zoom meeting.

Kemudian Saya cari apa penyebab dan cara mengatasinya. Ketemu!

Penyebab Muncul Your Windows License Will Expire Soon

Setelah dicari tahu, pesan peringatan tersebut muncul hanya di Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10, sebagai reminder kalau lisensi sistem operasinya sebentar lagi akan kadaluarsa. Secara garis besarnya begitu. Tapi kalau diperdalam lagi, maksud dari kadaluarsa tersebut ternyata punya arti lain juga. Di antaranya:

  • Windows yang sedang digunakan adalah versi trial atau percobaan;
  • Menggunakan aktivator Windows yang hanya berlaku beberapa waktu saja; dan
  • Tentu karena lisensi atau serial key-nya akan habis masa aktifnya.

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Begini …

Cara Mengatasi Your Windows License Will Expire Soon

Jika ditilik dari tiga penyebab munculnya peringatan tersebut, maka solusi besarnya hanya dua yaitu:

  • Membeli serial key baru; atau
  • Menghapus lisensi Windows dan membiarkannya.

Untuk solusi yang pertama kalian tentu butuh uang karena lisensi Windows itu lumayan mahal. Triknya mungkin bisa cari di marketplace yang sedang mengadakan promo cashback. Lumayan bisa dapat diskon. Hanya saja kalau ingin beli lisensi dari marketplace, pastikan penjualnya jujur dan punya rating yang bagus.

Kemudian, apa risiko yang akan didapatkan jika memilih solusi kedua?

Risiko Tidak Mengaktifkan Windows

Menurut dokumen Microsoft di sini, risiko Windows yang tidak memakai lisensi adalah kalian tidak akan bisa melakukan personalisasi tampilan desktop, title bar, taskbar, warna start, lock screen, dll.

Selain itu, di desktop kalian akan ada tulisan Windows is not Activated. Biasanya terletak di kanan bawah dekat dengan jam dan tanggal.

Berdasarkan keterangan tersebut, sepertinya Windows yang tidak berlisensi akan berjalan baik-baik saja dalam hal performa. Hanya kemampuan kustomisasi tampilan saja yang dikurangi.

Dan lagi, memakai Windows tanpa lisensi itu bukan sesuatu yang ilegal! Yang ilegal adalah mengaktivasi Windows menggunakan cara selain dari membeli product key resmi.

Menghapus Lisensi Windows

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menghapus lisensi Windows yang sedang aktif tapi sebentar lagi kadaluarsa. Lewat task manager dan lewat CMD (Command Prompt).

Melaui Task Manager dan CMD

Berikut adalah cara menghapus lisensi Windows via Task Manager, untuk mengatasi pesan peringatan Your Windows License Will Expire Soon:

  1. Buka task manager dengan klik kanan di task bar > task manager, atau dengan menemak tombol ctrl + shift + esc.
  2. Di tab Processes cari entry Windows Explorer.
  3. Kalau ketemu, klik kanan > restart atau end task.
  4. Berikutnya klik FIle > Run new task > ketik explorer.exe lalu tekan enter.
  5. Buka CMD sebagai administrator dengan cara masuk ke start > ketik CMD > klik Run as administrator.
  6. Ketika ‘dunia hitam’ muncul, ketik slmgr -rearm dan tekan enter.
  7. Jika muncul pesan Command completed successfully dan perintah untuk merestart laptop, klik OK.

Setelah laptop atau PC direstart, status Windows kalian akan menjadi tidak berlisensi namun akan berjalan hampir seperti sebelumnya.

Melalui CMD Saja

Berikut adalah cara menghapus lisensi atau product key Windows dengan CMD:

  1. Buka CMD sebagai administrator, karena perintah yang akan diketik di CMD nanti berkaitan dengan sistem.
  2. Ketik slmgr /upk lalu tekan enter.
  3. Jika muncul pesan uninstalled product key successfully.
  4. Restart laptop atau PC kalian. Selesai.

Setelah satu dari dua cara di atas dilakukan, pesan peringatan Your Windows License Will Expire Soon akan hilang. Silakan lakukan aktivasi Windows dengan membeli product key di penjual atau distributor resminya.


FAQ – Pertanyaan

Apa penyebab pesan peringatan Your Windows License Will Expire Soon?

Penyebabnya ada dua: pertama, kalian memakai Windows dengan lisensi trial atau percobaan; kedua, product key yang kalian gunakan akan kadaluarsa sebentar lagi.

Bagaimana cara mengatasi peringatan Your Windows License Will Expire Soon?

Ada dua solusi: pertama, membeli product key baru dari gerai atau disributor resmi; kedua, menghapus lisensi Windows dan membiarkannya tanpa lisensi (tidak diaktivasi).

Apa risiko Windows yang tidak diaktivasi?

Secara performa sama saja. Kalian hanya tidak akan bisa melakukan kustomisasi di desktop, taskbar, titlebar, lock screen, dll. Serta akan ada tulisan ‘windows is not activated‘ di sebelah kanan bawah desktop.

Apakah boleh menggunakan Windows yang tidak diaktivasi?

Boleh dan tidak ilegal. Yang ilegal adalah kalian mengaktifkan Windows dengan cara selain membeli product key resmi.

Bagaimana cara menghapus lisensi Windows?

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan CMD. Buka CMD sebagai administrator lalu ketik slmgr /upk.


Akhir Kata

Demikian. Itulah informasi mengenai penyebab munculnya peringatan Your Windows License Will Expire Soon dan cara mengatasinya. Solusi terbaiknya adalah membeli product key dari distributor resmi. Namun jikapun tidak mampu karena kemahalan, kalian bisa menghapus lisensi Windows-nya dan tetap memakai sistem operasi tersebut dengan beberapa fitur yang dikurangi.

Di internet sebetulnya banyak cara untuk mengaktivasi Windows menggunakan aktivator, hanya saja kami tidak menyarankan cara tersebut sehingga di website ini kalian tidak akan menemukan tutorialnya sama sekali.

Akhir kata, silakan ikuti tutorial di atas dengan risiko masing-masing. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.