Cara Cek Kecepatan Internet: Test Speed Koneksi Internet & WiFi

Cara Cek Kecepatan Internet – Bagaimana cara cek kecepatan internet? Jika berlangganan internet dengan kecepatan 20 Mbps berapakah kecepatan aslinya? Apakah bisa test speed indihome di PC dan HP? Apakah ada cara mengecek koneksi internet dengan CMD di Windows 10? Temukan semua jawabannya di sini. Silakan gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian tuju. Tks.


Internet sepertinya sudah menjadi kebutuhan primer. Padahal beberapa tahun ke belakang, internet mungkin hanya menjadi pelengkap hidup dan hanya bisa dinikmati oleh segelintir orang saja.

Tapi kini hampir setiap kegiatan pasti bersentuhan dengan internet. Entah itu kegiatan akademik, pekerjaan, ataupun sekadar silaturahim keluarga yang hampir pasti ada grup WhatsAppnya.

Ya, zaman yang terus berkembang menuntut manusia untuk mengikuti arusnya. Jadi mau tidak mau, siapapun yang tidak ingin tertinggal, harus mulai belajar memakai internet.

Di Indonesia sendiri ada banyak provider yang menyediakan koneksi internet dengan kecepatan akses yang … lumayan. Sebut saja Indihome, Biznet, FirstMedia, Moratel, MyRepublic, XL Home, dll.

Di HP kalian juga bisa mengakses internet menggunakan jaringan Telkomsel, XL, Indosat, Tri, Axis, ataupun Smartfren.

Nah, pertanyaannya, bagaimana cara mengecek koneksi internet yang sedang kalian gunakan? Artikel ini ada untuk menjawabnya. Silakan simak uraian di bawah.

Cara Cek Kecepatan Internet

Tutorialnya akan kami bagi menjadi dua; cara cek kecepatan internet di PC dan di HP menggunakan aplikasi gratis yang ada di Play Store.

Cara Mengecek Kecepatan Internet di PC dan Laptop

Untuk mengetahui kecepatan internet atau WiFi di PC dan laptop, kalian bisa gunakan beberapa situs web yang akan kami list di bawah, dan juga menggunakan CMD di sistem operasi Windows.

1. Speedtest.net

Website pertama yang bisa kalian coba untuk mengetahui kecepatan koneksi internet adalah speedtest.net. Secara detail, caranya seperti ini:

  • Buka situs speedtest.net atau klik di sini.
  • Ketika situs tersebut terbuka, secara otomatis akan ada keterangan mengenai ISP dan IP yang kalian gunakan di koneksi saat itu.
  • Klik tombol Go yang ada di atas keterangan-keterangan tersebut.
  • Tunggu speedtest melakukan test speed. Setelah selesai, kalian akan langsung melihat berapa kecepatan download dan upload dari internet atau WiFi yang sedang kalian gunakan.

2. Fast.com

Kedua ada fast.com. Sedikit berbeda dengan situs sebelumnya, ketika kalian mengakses fast.com, secara otomatis situs tersebut akan memeriksa kecepatan internet yang kalian gunakan saat itu.

Tunggu saja beberapa saat sampai hasilnya keluar. Jika hasilnya ternyata berbeda jauh dengan yang ditampilkan oleh speedtest.net, jangan kaget. Hal itu karena situs fast.com melakukan pengujian kecepatan internet dengan server Singapura dan Madrid, Spanyol.

3. CBN SpeedTest

Situs berikutnya yaitu speedtest.cbn.id. CBN sebetulnya adalah salah satu provider atau ISP yang ada di Indonesia. Tapi layanan pengecekan kecepatan internet yang ada di situs mereka tidak hanya dikhususkan untuk pengguna CBN saja, melainkan seluruh pengguna internet secara umum.

Jadi, jika kalian memakai Indihome atau kartu Tri, kalian bisa cek kecepatan koneksi kalian di situs tersebut.

Jika diteliti secara saksama, layanan test speed yang CBN gunakan ini menggunakan API dari speedtest.net. Jadi hasilnya tidak akan jauh berbeda.

4. Meter.net

Situs keempat yang bisa kalian gunakan untuk mengetahui kecepatan internet yang sedang dipakai adalah meter.net. Caranya hampir sama dengan ketiga situs sebelumnya. Kalian cukup membuka situsnya: meter.net, lalu di tampilan utama akan ada tombol untuk memulai pengetesan.

Metoda pengujiannya dengan mengirim dan menerima ‘paket’ dari lokasi kita ke server mereka di Singapura. Jadi wajar jika hasil yang didapat dari situs ini berbeda dengan speedtest.net yang memakai server kota yang ada di Indonesia.

5. Bandwidthplace.com

Situs kelima adalah bandwidthplace.com. Situs ini menyediakan satu server per negara untuk pengukuran kecepatan internet. Meskipun tidak semua negara ada, tapi Indonesia termasuk negara yang disediakan servernya sendiri untuk pengecekan.

Hasil yang didapatkan dari situs ini cenderung mendekati meter.net ketimbang speedtest.net. Sepertinya memang metoda pengecekannya sama. Well … jika kalian pengguna indihome, lebih baik cek kecepatannya via speedtest saja agar lebih menenangkan hati. He he.

Cara Cek Kecepatan Internet dengan CMD di Windows

Nah, selain menggunakan situs-situs di atas, kalian juga bisa mengecek kecepatan internet dengan menggunakan CMD. Hanya saja kalian tidak bisa secara detail mengetahui seberapa cepat download dan uploadnya, melainkan mengetahui latensi ping yang terjadi antara provider internet yang kalian gunakan dengan server yang kalian tuju.

Cara menggunakannya cukup mudah. Begini …

  • Buka CMD dengan menekan Windows + R, lalu tuliskan CMD, enter.
  • Ketika layar hitam muncul, ketikan ping google.com (artinya kalian mengecek latensi ping antara kalian dengan server google. Bisa diganti dengan situs lain, kok, bebas).
  • Akan muncul beberapa informasi. Yang paling penting adalah time. Semakin kecil yang didapat, itu berarti koneksi kalian jika mengakses server tersebut akan semakin cepat juga.

Cara Cek Kecepatan Internet di HP

Selain via PC dan laptop, kalian juga bisa mengecek kecepatan internet atau WiFi via aplikasi Android dan iOS yang tersedia gratis. Nah, berikut ini adalah aplikasi-aplikasinya.

1. Speedtest by Ookla

Aplikasi yang pertama adalah Speedtest by Ookla. Seperti yang kalian duga, ini adalah versi aplikasi dari situs speedtest.net yang sudah kami bahas sebelumnya di atas.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Ookla. Sampai artikel ini terbit, Speedtest by Ookla ini sudah didownload sebanyak 100 juta kali dengan rating 4,4/5 dari 1,2 juta pe-review.

Dengan aplikasi ini, kalian bisa mengecek kecepatan internet jaringan WiFi dan jaringan seluler yang sedang digunakan.

2. Meteor: Speed Test for 3G, 4G, Internet & WiFi

Seperti namanya, aplikasi ini bisa kalian gunakan untuk menguji atau mengecek kecepatan internet jaringan 3G, 4G, internet, dan WiFi, meskipun sebetulnya aplikasi Speedtest by Ookla juga bisa.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Opensignal.com dengan fitur utama yaitu pengecekan kecepatan internet, histori atau riwayat pengecekan, dan beberapa tips untuk meningkatkan kecepatan internet.

Meteor sudah didownload sebanyak 5 juta kali dengan rating 4,7/5 dari 86 ribu pe-review.

3. SpeedTest Master

Dengan aplikasi SpeedTest Master, kalian bisa mengetes kecepatan download dan upload sekaligus dengan proses pengecekan yang relatif cepat.

Aplikasi ini juga akan menampilkan informasi latensi ping untuk mengetahui seberapa cepat dan stabil koneksi internet yang sedang digunakan. Tidak cukup sampai di situ, ada tools untuk mendiagnosa koneksi apabila ternyata hasil dari pengetesan muncul angka yang kecil alias lambat.

SpeedTest Master tersedia gratis di Play Store dengan total unduhan mencapai 10 juta download dan rating 4,9/5 dari 304 ribu pe-review. Sebuah capaian yang tidak bisa diabaikan. Juga sebagai bukti kalau aplikasi ini membuat banyak user puas; baik itu dengan fiturnya maupun dengan UI/UXnya.

4. WiFi Analyzer

Aplikasi keempat untuk mengetahui kecepatan internet yaitu WiFi Analyzer yang dikembangkan oleh Mushtrip Ltd.

Terlepas dari namanya, WiFi Analyzer tidak hanya diperuntukkan untuk mengecek kecepatan WiFi saja; melainkan kecepatan jaringan 3G, 4G, bahkan 5G sekalipun.

Informasi yang disajikan atau laporan pengetesan dari aplikasi ini pun terbilang cukup lengkap. Mulai dari kecepatan download, upload, dan latensi ping. Selain itu ada juga riwayat atau history pengecekan jika sewaktu-waktu kalian ingin membandingkan WiFi di rumah sendiri dengan WiFi rumah teman.

5. Internet Speed Test SPEEDCHECK

Aplikasi berikutnya ada Internet Speed Test SPEEDCHECK yang dikembangkan oleh Internet Speed Test, Etrality.

Jika kalian cukup heran dengan namanya yang panjang, itu karena mereka ingin menembak fungsional keyword yang memungkinkan user menemukan aplikasi ini ketika mereka mengetik ‘speed test’. Nama asli aplikasi ini hanya SpeedCheck.

Kami suka aplikasi ini karena selain menampilkan kecepatan download dan upload, Speedcheck juga menampilkan performa internet jika dipakai untuk buka email, browsing, gaming, streaming, videochat, dll.

Jadi kalian bisa sedikit menimbang-nimbang ketika ingin melakukan salah satu kegiatan tersebut, dengan menggunakan koneksi yang sedang dipakai.

6. FAST Speed Test

Ini adalah versi aplikasi dari fast.com yang sudah kami bahas di atas. Ternyata, aplikasi ini dikembangkan oleh Netflix.

Tapi sepertinya proyek aplikasi ini sudah terhenti karena jika dilihat dari informasi yang ada di Play Store, aplikasi ini terakhir kali diupdate pada tanggal 2 Oktober 2016. Hmmm.

7. Speed Check Light 5G / 4G LTE / WiFi

Terakhir ada Speed Check Light yang dengan gercep mengambil brand positioning sebagai pengetes kecepatan internet 5G. Aplikasi ini dikembangkan oleh V-Speed.eu yang sampai artikel ini diterbitkan sudah didownload sebanyak 1 juta kali dengan rating 4,7/5 dari 54 ribu pengulas.

Fitur utama aplikasi ini sama dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya. Namun, Speed Check Light hadir minimalis dengan tampilan background putih dan ikon-ikon flatnya. Monggo dicoba install.


FAQ – Pertanyaan

Bagaimana cara cek kecepatan internet di PC?

Kalian bisa mengetahui kecepatan internet atau WiFi di PC dengan mengakses situs speedtest.net. Di sana kalian cukup mengklik tombol Go sampai hasilnya keluar berupa kecepatan download, upload, IP, lokasi server, dan latensi ping.

Bagaimana cara mengetahui kecepatan WiFi di HP?

Untuk mengetahui kecepatan WiFi di HP, kalian bisa gunakan aplikasi Speedtest by Ookla. Tinggal install di Play Store. Gratis.

Apakah Speedtest bisa digunakan untuk tes kecepatan jaringan 4G?

Bisa. Baik 3G, 4G LTE, atau bahkan 5G.

Bagaimana cara cek koneksi internet dengan CMD di Windows?

Caranya dengan membuka CMD, terus ketik perintah ping (spasi) nama situs. Dengan demikian, kalian mengecek kestabilan koneksi antara lokasi kalian dengan server dari situs tersebut. Hanya saja, jika cek kecepatan dengan CMD, tidak akan menampilkan secara rinci berapa kecepatan download dan upload, hanya menampilkan latensi ping saja.

Bagaimana cara cek kecepatan internet Indihome?

Di PC, kalian bisa kunjungi situs speedtest.net; di HP kalian bisa install aplikasi Speedtest by Ookla.


Akhir Kata

Demikian. Itulah cara yang bisa kalian coba untuk mengecek kecepatan internet, baik itu dari PC – Laptop ataupun dari HP menggunakan aplikasi yang ada. Apapun ISP dan jaringan yang kalian gunakan; Indihome, Biznet, MyRepublic, FirstMedia, XL Home, 3G, 4G, 5G, EVDO, bisa dicek dengan aplikasi dan situs-situs di atas. Jadi jangan terjebak dengan nama atau brand aplikasinya saja, ya!

Jika ada yang ingin didiskusikan silakan komentar saja di bawah. Kalau kami tahu jawabannya pasti akan kami jawab, kok. Terima kasih.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.