Daftar ISP di Indonesia: Provider Internet Terbaik dan Tercepat

Daftar ISP di Indonesia – Selain Indihome yang sudah lazim diketahui, apa saja provider internet di Indonesia? Di antara ISP tersebut, siapa yang paling murah? Siapa pula yang memegang titel sebagai penyedia internet tercepat di Indonesia? Temukan semua jawabannya di artikel ini. Silakan gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian tuju. Tks.


ISP (Internet Service Provider) atau yang sering kita kenal sebagai penyedia internet adalah perusahaan yang memberikan layanan kepada konsumennya berupa sewa akses internet.

Dengan berlangganan ke salah satu ISP tersebut, otomatis kalian akan memiliki akses ke berbagai hal yang ada di belantara internet; mulai dari berbelanja online, zoom meeting, nonton TV online, melakukan live streaming, atau hanya sekadar menonton video di youtube.

Di Indonesia sendiri sebetulnya ada banyak provider internet. Hanya saja tidak semua provider tersebut sanggup menjangkau seluruh daerah, terutama di kota-kota kecil. Di Tasikmalaya tempat kami berada, sedikitnya baru ada Indihome dan Biznet saja.

Nah, artikel ini sengaja kami buat sebagai informasi untuk kailan yang ingin tahu apa saja sih penyedia internet di Indonesia? Setelah mengetahui daftarnya, kalian bisa cek apakah provider tersebut ada di kota kalian atau belum?

Langsung saja …

Daftar ISP di Indonesia

Sebagai catatan, meskipun kami menuliskan daftarnya dengan nomor, bukan berarti nomor 1 lebih baik daripada nomor 2, dst. Penomoran tersebut dimaksudkan agar artikelnya lebih rapi saja. Untuk mengetahui provider mana yang tercepat, akan kami tuliskan nanti di bagian paling bawah.

1. IndiHome

Provider internet yang pertama tentu saja Indihome. ISP yang satu ini lazim diketahui oleh orang awam sekalipun. Hal ini karena Indihome-lah satu-satunya provider internet yang sanggup menjangkau daerah-daerah yang jauh dari kota besar.

Ya … wajar sih, yang namanya BUMN pasti punya banyak modal untuk membuat jalur internet baru; tidak seperti perusahaan swasta yang penuh pertimbangan dan cenderung menumpuk hanya di kota besar.

Indihome menawarkan banyak sekali paket internet berupa triple play (internet, TV, dan telepon) dan dual play (internet dan telepon atau internet dan TV). Mulai dari kecepatan 10 Mbps dengan kisaran harga Rp.300 ribu/bulan sampai dengan 100 Mbps di harga Rp.945 ribu/bulan.

Apakah tidak ada single play atau paket internet saja?

Sepengalaman kami ada. Hanya saja kalian harus menggunakan layanan dual play atau triple play dulu selama tiga bulan. Setelah itu kalian bisa menurunkan paketnya menjadi single play via CS di Plaza Telkom kota kalian.

Selengkapnya tentang paket internet Indihome bisa dibaca di sini.

2. Biznet

Provider internet di Indonesia yang kedua ada Biznet. Setelah Indihome, ada Biznet yang sepertinya sedang mencoba menjangkau daerah-daerah di kota kecil.

Biznet menawarkan paket internet cepat dengan harga yang lebih terjangkau bila dibandingkan dengan Indihome. Bayangkan saja, kalian bisa merasakan internet dengan kecepatan 75 Mbps hanya dengan Rp.325 ribu saja per bulannya. Sedangkan kecepatan 150 Mbps dibanderol dengan harga Rp.500-600 ribu per bulan.

Best value. Selain itu Biznet menyediakan layanan single play alias paket internet saja tanpa TV dan telepon. Jadi kalian bisa menyingkirkan hal yang tidak dibutuhkan di sana. Tapi jika kalian butuh, Biznet juga ada kok paket Internet + IPTV.

Selengkapnya tentang paket internet Biznet bisa dibaca di sini.

3. PT. Mora Telematika Indonesia (Oxygen)

ISP berikutnya ada PT. Mora Telematika Indonesia atau Oxygen.id, yang digadang-gadang sebagai penyedia internet tercepat di Indonesia. Kata siapa? Setidaknya pernyataan tersebut dinyatakan oleh Valve via Steam. Ituloh platform distribusi game terbesar di Dunia.

Nah, Moratelindo sebagai induk perusahaan menyediakan layanan internet lewat jaringan Oxygen.id. Ada empat paket layanan yang ditawarkan Oxygen, yaitu …

  • Stream (hanya internet) dengan harga mulai dari Rp.306 ribu per bulan;
  • Zoom (internet + TV basic) dengan harga mulai dari Rp.324 ribu per bulan;
  • Power (internet + Xstream TV) dengan harga mulai dari Rp.378 ribu per; bulan; dan
  • Sporty (internet + mola) dengan harga mulai dari Rp.4 juta 320 ribu per tahun.

Harga mungkin sewaktu-waktu bisa berubah. Selengkapnya tentang paket internet Oxygen bisa dibaca di sini.

4. FirstMedia

Provider internet berikutnya adalah FirstMedia. Di kota-kota besar seperti Jabodetabek, ISP ini sangat populer dan menjadi pilihan banyak orang. Bahkan gamer sekelas Jess No Limit pun memakai provider ini untuk keperluan live streaming-nya.

FirstMedia menyediakan banyak sekali paket dasar dengan harga mulai dari Rp.361 ribu per bulan dengan rincian layanan internet 15 Mbps + 121 channel TV + Streamtainment sampai ke paket termahal dengan harga Rp.3 juta 129 ribu per bulan dengan rincian layanan internet 300 Mpbs + 186 channel TV + Streamtainment.

Info selengkapnya mengenai paket internet FirstMedia bisa dilihat di sini.

5. MyRepublic

Berikutnya ada MyRepublic yang agak terdengar asing bagi orang-orang yang tinggal di kota kecil. Karena sejauh informasi yang kami dapat, ISP ini baru menyediakan layanan di Jabodetabek, Cibubur, Malang, Semarang, Surabaya, Medan, dan Palembang.

MyRepublic menyedikan 4 paket dasar untuk kalian yaitu …

  • Nova. Kecepatan 100 Mbps up to 150 Mbps dengan harga Rp.469 ribu per bulan dan Rp.400 ribu per bulan jika dibayar dengan kartu kredit.
  • Fast. Kecepatan 50 Mbps up to 75 Mbps dengan harga Rp.409 ribu per bulan dan Rp.348 ribu per bulan jika dibayar dengan kartu kredit.
  • Value. Kecepatan 30 Mbps up to 40 Mbps dengan harga Rp.339 ribu per bulan dan Rp.289 ribu per bulan jika dibayar dengan kartu kredit.
  • Gamesr. Kecepatan 150 Mbps up to 200 Mbps dengan harga Rp.679 ribu per bulan dan Rp.578 ribu per bulan jika dibayar dengan kartu kredit.

Informasi selengkapnya mengenai paket internet MyRepublic bisa dibaca di situs resminya.

6. PT. Cyberindo Aditama (CBN)

Berikutnya ada CBN atau Cyberindo Aditama. ISP ini memosisikan diri sebagai provider internet dengan jaringan kabel fiber optik. Meskipun sebetulnya ISP lain seperti Indihome juga sudah memakainya.

Namun CBN lebih berani dengan menawarkan layanan internet cepat tetapi harganya cenderung murah. Kalian bisa menikmati internet dengan kecepatan 30 Mbps up to 50 Mbps hanya dengan Rp.300 ribu saja. Selain itu, CBN menjamin kecepatan upload dan downloadnya simetris.

Hal ini tentu bagus jika kalian sering melakukan live streaming game di Facebook atau di Youtube yang membutuhkan kecepatan upload tinggi.

Untuk paket internet CBN lainnya bisa kalian lihat di sini.

7. XL Home

XL sebagai penyedia jaringan seluler, kini mulai merambah ke jaringan internet kabel. XL Home namanya. ISP ini menawarkan 3 paket internet dengan kecepatan fantastis namun harganya terjangkau.

Bayangkan saja, kalian bisa menikmati internet dengan kecepatan 100 Mbps hanya dengan uang Rp.350 ribu per bulan saja. Keren sih. Selengkapnya tentang paket yang ditawarkan XL Home bisa kalian baca di sini.

8. MNC Play

MNC Play tidak hanya menyediakan layanan internet rumahan, tetapi juga untuk korporasi dan juga …

Nah, untuk internet rumahan, ISP ini menawarkan jaringan dari kecepatan up to 30 Mbps dengan harga Rp.369 ribu per bulan sampai ke kecepatan up to 200 Mbps dengan harga Rp.1 juta 499 ribu per bulan.

Selengkapnya tentang paket internet MNC Play bisa dibaca di sini.

9. Transvision

Seperti MNC, Trans juga merupakan salah satu perusahaan media terbesar di Indonesia. Salah satu produk dari perusahaan tersebut yaitu Transvision Hi-speed yang melayani penyediaan internet rumahan.

Ada 4 paket utama yang ditawarkan; dari kecepatan 30 Mbps di harga Rp.269 ribu sampai ke kecepatan 1000 Mbps di harga yang dirahasiakan (kalian harus menghubungi CSnya terlebih dahulu).

Selengkapnya tentang paket internet Transvision bisa dibaca di sini.

10. Groovy

ISP berikutnya yaitu Groovy yang menawarkan layanan internet dengan 3 paket dasar yaitu unlimited speed, unlimited data, dan internet + free TV kabel.

Untuk keperluan rumahan, kalian bisa pakai paket unlimited data dengan kecepatan mulai dari 10 Mbps di harga Rp.269 ribu sampai ke 80 Mbps di harga Rp.569 ribu per bulannya.

Selengkapnya tentang paket internet Groovy bisa dibaca di sini.


FAQ – Pertanyaan

Apa saja ISP atau provider internet di Indonesia?

Penyedia layanan internet kabel di Indonesia ada Indihome, Biznet, MyRepublic, FirstMedia, CBN, Transvision, XL Home, MNC Play, Groovy, dan Oxygen.

Apakah paket datanya unlimited?

Tergantung paket yang dipilih. Tapi rata-rata punya paket internet unlimited. Dari mulai Indihome sampai ke XL home.

Apa provider internet tercepat di Indonesia?

Tergantung pilihan paket. Namun Valve dan Steam pernah merilis data tentang kecepatan internet di Indonesia berdasarkan providernya. Pemenangnya adalah Moratel alias Oxygen.

Apakah Indihome ada paket single play?

Di awal tidak ada. Kalian harus pakai dulu paket dual play atau triple play selama tiga bulan, baru setelah itu bisa diturunkan ke single play lewat CS di Plaza Telkom terdekat, tempat kalian registrasi pemasangan baru.


Akhir Kata

Demikian. Itulah daftar ISP atau provider internet di Indonesia. Siapa yang tercepat? Jawabannya tergantung dari paket yang kalian ambil. Kami sarankan sebelum berlangganan internet ke salah satu ISP di atas, tanya dulu saja ke CSnya, apakah kecepatan download dan uploadnya simetris atau tidak? Kalau iya berarti bagus. Kalau tidak, selama ada pilihan lain silakan dicoba tanyakan saja.

Terakhir, setelah kalian berlangganan ke salah satu provider internet di atas, kalian bisa cek kecepatannya untuk membuktikan. Caranya bisa baca di sini: cara cek kecepatan internet.

Terima kasih.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.