Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10, 8, 7 dengan Rufus & Yumi

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows – Bagaimana cara membuat bootable flashdisk Windows 10, Windows 8, dan Windows 7? Apakah cara yang dipakai sama meskipun versi Windowsnya berbeda? Apa itu Rufus? Apakah rufus bisa membuat bootable USB Windows? Temukan jawabannya di sini. Berikut daftar isinya:


Di beberapa artikel di website ini, kami sudah banyak sekali menyinggung tentang USB bootable atau flashdisk bootable sebagai media untuk instalasi Windows; baik itu instalasi Windows 10, Windows 8, maupun Windows 7.

Jika ada pertanyaan: kenapa harus membuat bootable flashdisk? Jawabannya karena CD/DVD-ROM mulai ditinggalkan. Lihat saja spesifikasi laptop hari ini. Hampir jarang ditemui laptop yang masih terdapat CD/DVD-ROM.

Hal ini bisa ditebak penyebabnya. Tidak lain dan tidak bukan, hal ini disebabkan karena efisiensi flashdisk sebagai media penyimpanan jauh lebih baik daripada CD/DVD. Selain karena data yang sudah tersimpan di flashdisk bisa ditambah dan dihapus sesuka hati, ukuran fisik juga lebih simpel dan gampang dibawa ke mana-mana.

Jadi wajar saja jika semakin ke sini, menginstal sistem operasi di PC atau laptop harus menggunakan bootable flashdisk.

Meskipun, ya … masih banyak yang menggunakan komputer jadul dan lebih prefer instalasi lewat CD/DVD (bukan prefer, sih, tapi karena BIOS-nya belum mendukung booting lewat USB). Untuk itu kami juga siapkan artikel cara burning Windows ke CD/DVD di sini: cara burning ISO ke CD/DVD.

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows

Gawaiso sudah mengumpulkan dan mencoba beberapa aplikasi yang bisa membuat bootable USB atau flashdisk Windows.

Tapi sebelum itu, untuk mempraktikkan cara-cara di bawah kalian harus punya dulu file ISO Windowsnya. Kalau belum punya, kami sudah buat artikel yang berisi langkah-langkah download file ISO Windows dari situs resminya secara gratis dan legal–baru Windows 10 yang kami buat artikelnya.

Sila baca: cara download ISO Windows 10 gratis dan legal dari situs Microsoft

Cara 1: Membuat Bootable Flashdisk dengan RUFUS

Rufus merupakan aplikasi pembuat bootable USB yang paling populer saat ini. Hampir setiap situs yang membuat tutorial instalasi Windows dengan flashdisk, menggunakan Rufus sebagai media pembuat bootablenya.

Bagaimana cara membuat bootable flashdisk dengan Rufus? Berikut caranya …

cara membuat bootable flashdisk windows 10 dengan rufus
  1. Download Rufus terbaru dari situs resminya di sini.
  2. Kalau sudah didownload, buka aplikasi Rufus. Biasanya bisa langsung dipakai; tidak perlu instal.
  3. Setelah terbuka, Rufus akan secara otomatis mendeteksi flashdisk yang terpasang di PC atau laptop kalian di bagian Device.
  4. Klik tombol Select, lalu pilih ISO Windows yang ingin kalian install. Di tutorial ini kami pakai Windows 10 versi build terbaru. Tapi kalian bisa pakai Windows 7 ataupun 8.
  5. Pada bagian Partition Scheme, pastikan terpilih MBR dan Target System-nya BIOS (or UEFI-CSM).
  6. Volume label sila disesuaikan. Tapi saran kami biarkan saja begitu.
  7. Pilih NTFS pada bagian File System dan biarkan Cluster Size default.
  8. Setelah semuanya siap, klik tombol Start.
  9. Akan muncul pesan peringatan bahwa semua data di flashdisk tersebut akan hilang karena terformat. Klik tombol OK.

Setelah kalian mengikuti langkah-langkah di atas, proses pembuatan bootable flashdisk Windows akan langsung berjalan. Lama tidaknya tergantung resources yang kalian miliki (CPU, RAM, versi Port USB, dll). Kalau sudah selesai, biasanya status Ready akan berubah jadi hijau.

Namun Rufus, sebagai aplikasi pembuat bootable flashdisk, mengklaim jika merekalah yang paling cepat dalam prosesnya. Apakah demikian? Sila dicoba sendiri, ya!

Cara 2: Membuat Bootable Flashdisk dengan YUMI

YUMI (Your Universal Multiboot Installer) merupakan aplikasi pembuat USB bootable yang sering digunakan untuk membuat bootable Linux. Namun ternyata, YUMI juga bisa digunakan untuk membuat USB bootable Windows 7, 8, dan 10.

Berikut adalah cara membuat USB bootable Windows dengan YUMI:

membuat bootable flashdisk windows dengan yumi
  1. Download dan Instal YUMI dari situs resminya di sini.
  2. Buka YUMI. Biasanya bersifat portable alias tidak harus diinstal.
  3. Pada tampilan utama aplikasi ini, akan terlihat daftar disk yang terpasang ke komputer. Pastikan kalian memilih flashdisk pada Step 1.
  4. Ceklis pada pilihan NTFS format.
  5. Pada Step 2, silakan pilih Multiple Windows Vista/7/8/10 -bootmgr.
  6. Kemudian cari file ISO Windows-nya di Step 3.
  7. Klik tombol Create. Lalu tunggu prosesnya.

Setelah kalian mengikuti langkah-langkah di atas, YUMI akan langsung melakukan proses pembuatan bootable flashdisk Windows. FYI, sesuai dengan namanya, YUMI bisa melakukan multiboot dalam dengan satu flashdisk.

Artinya, dalam flashdisk tersebut kalian bisa membuat bootable Windows 10, 8, dan 7 sekaligus. Berbeda dengan Rufus yang hanya bisa menampung satu bootable OS saja, sehingga ketika kalian hendak menginstal ulang banyak laptop dengan OS yang berbeda, flashdisk yang dipakai harus diformat ulang.


FAQ Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows

Bagaimana cara membuat bootable flashdisk Windows 10 dengan Rufus?

Caranya gampang sekali. Kalian tinggal download Rufus dari situs resminya. Setelah itu tinggal buka Rufus. Sila pilih flashdisk yang ingin dijadikan bootable, jangan lupa format dengan file sistem NTFS. Setelah itu tinggal pilih ISO Windows 10, lalu klik Start. Cara lengkapnya bisa dibaca di sini: cara membuat bootable Windows 10 dengan Rufus.

Apakah bisa membuat bootable flashdisk dengan CMD alias tanpa software?

Sejauh pengalaman kami belum ada caranya. Kalaupun ada sepertinya bakal sangat ribet sekali. Kalau ada yang mudah dengan Rufus kenapa harus mencari yang sulit?

Apakah Rufus bisa digunakan untuk membuat bootable flashdisk Windows 7 dan 8?

Sangat bisa. Semua versi dan edisi Windows bisa dibuat bootable flashdisknya dengan Rufus.

Selain Rufus, adakah software lain yang bisa membuat bootable USB?

Ada. Beberapa di antaranya adalah YUMI, Unetbootin, dan WinToFlash. Namun bila dibandingkan dengan software lain, Rufus tetap menjadi pilihan terbaik. Selain ringan dan tidak perlu diinstal, penggunaan Rufus sangat mudah. Prosesnya juga cepat.

Apakah membuat bootable USB dengan file ISO adalah perbuatan ilegal?

Tidak. Selama kalian tidak melakukan aktivasi Windows menggunakan software pihak ketiga yang tidak resmi, membuat bootable USB dengan file ISO adalah legal.

Apakah dalam satu flashdisk bisa terdapat lebih dari satu bootable?

Bisa jika kalian menggunakan software YUMI (Your Universial Multiboot Intaller). Jadi ketika booting, kalian bisa memilih OS mana yang akan diinstal.


Akhir Kata

Demikian. Itulah tadi cara membuat bootable flashdisk Windows, baik itu Windows 7, 8, ataupun Windows 10. Cara di atas tentu sudah kami coba dan berhasil 100%. Kalaupun ada masalah, biasanya karena flashdisknya sudah rusak atau file ISO-nya corrupt.

Sebetulnya masih ada software lain yang bisa membuat bootable USB seperti WinToFlash atau Unetbootin. Namun menurut kami, kedua software di ataslah yang lebih mudah digunakan. Selain itu kalian bisa mendownloadnya secara gratis. Jadi kami hanya membuat tutorial dari dua software tersebut saja.

Akhir kata, Do with your own risks!

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.