Aplikasi Live Streaming Game di PC dan HP untuk Hasilkan Uang

Aplikasi Live Streaming Game – Apa saja aplikasi yang bisa melakukan live streaming game Android dan iOS? Mana yang paling ringan dan banyak penontonnya? Bagaimana caranya? Temukan semua jawabannya di sini. Sila gunakan daftar isi di bawah untuk memudahkan navigasi:


Semakin ke sini, semakin banyak yang bercita-cita menjadi seorang gamer. Ya wajar sih. Sebab bila dibandingkan dengan profesi lain, gamer memiliki penghasilan yang sangat fantastis untuk pekerjaan yang … sangat menyenangkan.

Oleh karena itu platform seperti Youtube, Facebook, Twitch, ataupun Nimo TV berlomba-lomba untuk memberikan layanan live streaming terbaik pagi penggunanya.

Lantas, apa saja aplikasi live streaming game yang populer dan paling banyak penontonnya? Kemudian, tools apa saja yang biasa digunakan streamer untuk mendapatkan siaran langsung yang jernih?

Simak listnya di bawah.

Aplikasi Live Streaming Terbaik

Kami sudah merangkum beberpa platform dan tools yang biasa digunakan oleh streamer untuk menyiarkan gameplay mereka di Internet. Dimulai dari Facebook sebagai platform sampai ke OBS sebagai software broadcasting, yang mampu menyiarkan layar PC dan HP ke berbagai platform live streaming yang ada.

Baca: cara live streaming game dengan OBS di PC

1. Facebook Gaming [Aplikasi & Platform]

aplikasi live streaming game facebook gaming

Platform atau provider live streaming yang pertama ada Facebook Gaming yang kini sedang naik daun.

Sebagai sosial media, Facebook sangat gigih sekali mencari peluang demi terus berkembangnya komunitas mereka.

Salah satu jalan yang kemudian ditempuh adalah membuat sebuah wadah untuk menampung pengguna yang, mempunyai ketertarikan dengan game: Facebook Gaming.

Dengan Facebook Gaming kalian bisa menonton live streaming game yang disiarkan oleh streamer tanpa teralihkan dengan update-an status dari friendlist kalian di beranda.

Kalian juga bisa menjadi streamer di sana dengan gratis! Apalagi bila dilihat dari pengguna, Facebook Gaming bisa dikatakan sebagai platform yang unggul karena memiliki penonton yang banyak.

Menurut kami, Facebook Gaming bisa menjadi platform yang cocok bagi pemula untuk mulai menyiarkan game dan tentunya mendapatkan uang dari Facebook.

Baca tutorial lengkapnya: cara live streaming game di Facebook.

2. Youtube Gaming [Platform]

aplikasi live streaming game youtube gaming

Platform kedua yang bisa kalian gunakan untuk mulai melakukan live streaming game adalah Youtube Gaming.

Youtube sebagai leading platform situs berbagi video tentunya tidak akan melewatkan kesempatan ini.

Meskipun saat ini influencers gaming di Indonesia lebih sering menggunakannya sebagai tempat upload video rekaman, nyatanya live streaming di Youtube juga banyak penontonnya.

Sepengalaman kami, malah lebih enak nonton live streaming di Youtube daripada di Facebook. Jaringannya lebih stabil alias tidak tersendat-sendat.

Hanya saja, mungkin, influencers gaming tidak memanfaatkan platform ini karena tidak ada penghasilan tambahan dari ‘sawer bintang’ seperti di Facebook.

Jadi, ya, begitu. Mereka main dua kaki: live streaming di Facebook biar dapat sawer bintang, edit rekamannya lalu upload di Youtube biar dapat uang adsense. Kan jadi dobel penghasilannya. He he.

UPDATE: sekarang influencers gaming di Youtube mulai memanfaatkan fitur live streaming dengan menyantumkan link donasi via Saweria atau Socialbuzz.

Selengkapnya terkait live streaming di Youtube Gaming bisa dibaca di sini: cara live streaming game di Youtube Gaming.

3. Nimo TV [Aplikasi & Platform]

aplikasi live streaming game nimo tv

Aplikasi live streaming Nimo TV sangat populer sekali di Indonesia. Banyak gamer professional dan juga influencers memanfaatkan Nimo TV sebagai platform untuk menyiarkan gameplay mereka.

Sebut saja Ikhsan Lemon RRQ, Ihsan Luminaire EVOS, atau Panduwinoto

Selain sebagai platform, Nimo TV juga menyediakan aplikasi yang bisa kalian pakai di Android maupun iOS.

Tentu hal tersebut merupakan sebuah benefit yang sangat besar. Pasalnya, kalian tidak perlu tools lain (yang harus beli atau download) untuk mulai live streaming game.

Kalian cukup install Nimo TV, daftar akun, lalu mulai siarkan layar HP kalian menggunakan layanan yang mereka sediakan di aplikasi.

Cara lengkapnya bisa baca ini: cara live streaming di Nimo TV

Jika kalian ingin live streaming game di PC, kalian bisa mendownload aplikasi client Nimo TV atau menggunakan OBS sebagai perantara antara PC dan server Nimo TV.

4. Twitch [Aplikasi & Platform]

twitch tv

Aplikasi live streaming game berikutnya ada Twitch, yang merupakan platform broadcasting populer di seluruh dunia.

Banyak sekali gamer luar yang memanfaatkan Twitch sebagai media untuk menyiarkan gameplay mereka secara langsung. Sebut saja Ninja dan Shroud.

Ada banyak kategori game yang bisa kalian siarkan melalui Twitch. Kebanyakan memang game populer, sih. Jadi kalian bisa dengan mudah mendapatkan penonton lewat pengelompokkan berdasarkan nama game.

Hanya saja, kalau kalian ingin menargetkan penonton Indonesia, Twitch mungkin bukan pilihan yang tepat. Soalnya di Indonesia lebih populer Nimo TV, NonoLive, atau Facebook Gaming.

5. NonoLive [Aplikasi & Platform]

nonolive

Aplikasi live streaming game berikutnya ada NonoLive, yang baru-baru ini gencar mengakuisisi user Nimo TV dengan mengontrak beberapa pro player untuk melakukan streaming di tempat mereka.

Strategi mereka ternyata cukup ampuh. Kini NonoLive termasuk salah satu aplikasi dan platform live streaming yang banyak penontonnya, terutama dari Indonesia. Bersaing dengan Nimo TV tentunya.

Jadi, menurut kami, NonoLive bisa menjadi pilihan untuk pemula yang ingin memulai perjalanan sebagai seorang streamer game.

6. Omlet Arcade [Aplikasi & Platform]

omlet arcade

Aplikasi live streaming game berikutnya adalah Omlet Arcade yang dikembangkan oleh Omlet, Inc. Aplikasi ini sudah pernah masuk ke Editors’ Choice-nya Play Store, sehingga bisa dipastikan kalau aplikasi ini sangat bagus.

Omlet Arcade adalah sebuah platform, sekaligus aplikasi yang bisa menyiarkan gameplay kalian ke paltform populer lain yang ada seperti Youtube, Facebook, dan Twitch.

Baca: cara live streaming omlet arcade ke Facebook dan Youtube

Ada beragam game yang secara resmi dimention oleh aplikasi ini yaitu PUBG Mobile, Minecraft, Fortnite, Brawl Stars, dan Roblox. Meskipun pada praktikknya semua game bisa di-live streaming-kan dengan Omlet Arcade.

Aplikasi ini bisa kalian download secara gratis di Play Store atau App Store. Setelah itu nikmati layanan live streaming game dengan kualitas HD.

7. NEXPLAY [Aplikasi & Platform]

nexplay

Berikutnya ada NEXPLAY yang dikembangkan oleh Nexus Enterprise Technologies.

Sama seperti Omlet Arcade, NEXPLAY tidak hanya menjadi sebuah platform atau wadah di mana kalian bisa menyiarkan gameplay secara langsung, tetapi menjadi aplikasi broadcasting yang bisa mengirimkan data live streaming ke Facebook Gaming dan Youtube Gaming.

Sama seperti aplikasi live streaming lainnya, di NEXPLAY kalian bisa mengirimkan gift (jika sebagai penonton) dan menerima gift dari penonton (jika kalian sebagai streamer).

Aplikasi ini bisa didownload secara gratis di Play Store dan App Store. Monggo dicoba.

8. OBS Studio [Software PC]

obs studio

Berikutnya ada OBS yang merupakan software broadcasting gratis dan biasa digunakan oleh streamer profesional.

Ada banyak platform yang didukung mulai dari Facebook Gaming, Youtube Gaming, Twitch, Mixer, dll.

Kemudian, kalau kalian jeli, youtuber seperti XINN, OURA, Jess no Limit, dll. pernah menampilkan dashboard OBS di video mereka.

Ya. Meskipun OBS merupakan software broadcasting, software tersebut bisa juga kalian pakai untuk merekam layar PC dan webcam sekaligus. Atau istilahnya layered.

Artinya kalian bisa memakai lebih satu input device untuk direkam dalam satu frame penuh tanpa harus mengedit lagi dengan software editing video.

Tutorial OBS bisa kalian baca di sini.

9. XSplit Gamecaster [Software PC]

xsplit gamecaster

Berikutnya ada XSplit Gamecaster yang mempunyai fungsi utama untuk menyiarkan live streaming ke berbagai platform populer. Fiturnya hampir sama dengan OBS yang sudah kami bahas di atas.

Meskipun dari jumlah pengguna lebih banyak OBS, nyatanya XSplit punya keunggulan tersendiri yang membuatnya bisa dipakai oleh 13 juta pengguna.

Kemudian XSplit punya komunitas ekslusif bernama XSplit Premium Creator yang akan memberi kalian kesempatan untuk berinteraksi dengan pemain di industri gaming.

10. Streamlabs OBS [Software PC]

streamlabs obs

Software live streaming populer ketiga, yang biasa digunakan oleh profesional streamer di PC adalah streamlabs OBS.

Fitur dan user interfacenya hampir mirip dengan OBS studio. Jadi jika kalian terbiasa dengan salah satu dari keduanya, kami kira bakal bisa menggunakan dua-duanya dengan mudah.

Streamlabs OBS bisa kalian hubungkan dengan Facebook, Youtube, Twitch, dan berbagai platform live streaming populer lain.


FAQ – Pertanyaan

Apa nama aplikasi untuk live streaming di Android atau iOS?

Kalian bisa coba Nimo TV untuk melakukan live streaming di Nimo TV, yang merupakan situs broadcasting game terpopuler di Indonesia. Kalian juga bisa coba Omlet Arcade untuk menyiarkan game kalian ke Facebook Gaming dan Youtube Gaming.

Platform apa saja yang mendukung live streaming game?

Yang paling populer ada Facebook Gaming, Youtube Gaming, Twitch, dan Nimo TV (Indonesia).

Apa nama software untuk live streaming di PC?

Kalian bisa menginstall OBS, Streamlabs OBS, atau XSplit.


Akhir Kata

Demikian. Itulah tadi aplikasi live streaming game di Android, iOS, dan PC yang biasa digunakan oleh streamer profesional.

Kami sendiri pernah coba pakai OBS dan Nimo TV dan merasa puas dengan performanya. Kecepatan, kualitas video, dan stabilnya live streaming memang dipengaruhi oleh kecepatan internet yang kalian pakai.

Akhir kata, jika kalian cukup serius mendalami profesi ini, jangan pernah ragu-ragu untuk berlangganan ke ISP yang tercepat di Indonesia. Indikatornya adalah kecepatan download dan uploadnya hampir sama.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.