Cara Live Streaming Game dengan OBS dengan Facecam & Alert

Cara Live Streaming dengan OBS – Bagaimana caranya live streaming game dengan OBS? Apa bedanya OBS dengan streamlabs OBS? Bagaimana cara menambahkan notifikasi follow di OBS? Bagaimana cara menambahkan frame facecam di OBS? Temukan semua jawabannya di sini. Sila gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian tuju. Tks.


Live streamer kini menjadi salah satu profesi yang diidamkan banyak orang. Terutama anak gen Z yang sedari lahir sudah dikenalkan dengan HP dan internet.

Alasan utamanya, tidak lain dan tidak bukan, adalah … asik. Hobi yang dibayar. Tinggal main game, siarkan ke platform live streaming, lalu dapat bayaran dari penonton. Syukur-syukur dilirik oleh platform lalu dikontrak dengan bayaran yang lumayan tinggi.

Terdengar mudah bukan? Padahal aslinya tidak segampang itu. Ada proses. Ada halang-rintang. Ada kendala-kendala yang pasti kalian temui.

Namun jika kalian serius dan bekerja keras, tidak ada yang tidak mungkin untuk dicapai. Dan sebagai langkah pertama, tentu kalian harus tahu dulu cara live streamingnya.

Soal platform, itu terakhir. Terserah kalian mau live streaming game di Facebook, Youtube, atau Nimo TV. Kami di sini hanya akan menjelaskan cara menghubungkan game – OBS – dan platform live streaming.

Tahap 1: Tampilkan Layar Game di OBS

Pertama-tama, tentu kalian harus download dulu OBSnya. Kami sarankan pakai OBS Project atau Streamlabs OBS. Keduanya mempunyai interface yang mirip. Selain juga lengkap dan mudah dikustomisasi.

Namun jika kalian ingin mencoba menggunakan software lain, sila lihat daftarnya di sini: daftar software live streaming PC.

Setelah kalian mendownload OBS dan menginstallnya di PC, sila buka softwarenya. Di bagian bawah, pada bagian Source, klik simbol ‘+’ lalu klik window capture.

add source obs

Beri nama source tersebut. Bebas. Setelah itu akan muncul pop-up baru. Di bagian Window, pilih game yang sedang kalian mainkan. Sekali lagi, sedang kalian mainkan (gamenya sudah diplay).

Kalau kalian memainkan game PC, biasanya di bagian Window tersebut akan muncul nama game-nya (misal Sekiro.exe). Namun jika kalian memainkan game HP, sila dipilih nama emulator (jika kalian memainkan game HP menggunakan emulator) atau nama software mirroring (jika kalian memainkan game HP menggunakan software screen mirror).

live streaming game HP di nimo tv pc

Bingung? Sila baca dulu ini: cara main game HP di PC dan cara menampilkan layar HP di PC.

Tahap 2: Tampilkan Facecam di OBS

Seorang stremer profesional pasti menggunakan facecam dalam live streamingnya. Oleh karena itu kalian harus punya webcam yang bagus. Seminimal-minimalnya yang bisa merekam dalam resolusi 720p.

Sila lihat rekomendasinya di sini.

Arahkan kursor mouse kembali ke Source, klik simbol ‘+’, lalu klik Video Capture Device. Secara otomatis webcam kalian akan menyala dan menampilkan gambar.

add source video capture device

Silakan atur ukuran webcam tersebut dengan menggeser kotak kecil di setiap ujungnya. Terserah mau disimpan di kanan bawah atau kiri bawah. Sesuai selera.

Tahap 3: Tambahkan Frame di Facecam

Agar terlihat lebih profesional, kalian harus menambahkan frame untuk facecam-nya. Tidak perlu buat sendiri. Ada banyak, kok, di internet.

Kalian cukup cari di Google dengan keyword facecam border for OBS. Akan muncul banyak sekali situs yang menyediakan frame gratis. Sila dipilih saja satu. Sebagai contoh, kami download di situs wdflat.com.

Setelah border facecam atau framenya kalian download, di OBS klik lagi simbol ‘+’, lalu klik Image. Cari bordernya. Terakhir, sesuaikan ukuran border dengan facecam yang tampil di layar OBS.

add source image obs

Tahap 4: Tambahkan Alert

Kemudian, kalian bisa menambahkan alert atau notifikasi ke live stream agar lebih interaktif. Notifikasi ini akan muncul jika ada orang yang mengikuti channel, melakukan donasi, share, like, dll.

Tutorial detailnya tidak akan kami tuliskan di sini. Karena terlalu teknis dan sepertinya cocok jika dijadikan bahasan sendiri. Jadi, sila baca: cara menambahkan notifikasi atau alert di OBS.

Tahap 5: Sambungkan ke Platform Live Streaming

Terakhir, setelah semua persiapan selesai. Kalian tinggal menghubungkan OBS dengan platform live streaming populer untuk mulai. Bisa ke Facebook, Youtube, Nimo TV, atau Twitch.

Tapi jika kalian tinggal di Indonesia dan menyasar penonton orang Indonesia, kami sarankan jangan pakai Twitch karena sepi orang lokal. Pakailah Facebook atau Nimo TV. Di sana lebih banyak penontonnya.

Tutorialnya bisa kalian baca di sini:


FAQ – Pertanyaan

Bagaimana cara live streaming menggunakan OBS?

Gampang. Secara garis besarnya, kalian cukup download OBS (bisa OBS Project atau Streamlabs OBS), lalu tampilkan game yang sedang kalian mainkan di OBS, dan terakhir koneksikan OBS ke platform live streaming populer. Selengkapnya bisa dibaca di sini.

Bagaimana cara menambahkan frame atau border facecam di OBS?

Pertama, kalian harus download atau buat dulu border facecamnya. Kalau buat, bisa pakai Photoshop; tapi kalau download tinggal cari saja di Google. Banyak. Setelah itu di OBS, klik add source > Image. Cari border yang sudah kalian download sebelumnya, lalu sesuaikan ukuran dengan facecam yang tampil di layar OBS. Selesai.

Apa bedanya OBS Project dan Streamlabs OBS?

Beda pengembang. Tapi secara interface hampir sama. Kalau ditanya lebih bagus mana … tentu secara interface lebih modern Streamlabs. Tapi kalau soal mana yang lebih populer dan banyak digunakan, jawabannya adalah OBS Project.

Bagaimana cara menambahkan notifikasi follow dan share di OBS?

Sederhananya kalian harus menghubungkan akun streamlabs.com ke channel live streaming kalian. Setelah itu di website streamlabs.com, buatlah alert atau notifikasi jika ada yang follow atau share. Terakhir, buat source ‘browser’ di OBS Project atau Streamlabs OBS. Paste link yang kalian dapat dari website streamlabs.com. Selesai.


Akhir Kata

Demikian. Itulah cara live streaming game dengan OBS yang kemudian bisa kalian hubungkan dengan platform live streaming seperti Facebook Gaming, Youtube Gaming, atau Nimo TV.

Cara di atas tentu sudah kami coba terlebih dahulu sebelum ditulis. Meskipun kami sadar mungkin agak sulit untuk memahami tulisan ketimbang sebuah video tutorial. Jadi setelah ini akan kami buatkan video tutorialnya agar lebih mudah mengikuti langkah-langkah di atas.

Akhir kata, jika ada pertanyaan, monggo komentar saja di bawah. Akan ada kami dan juga pembaca lain yang mungkin bisa menjawab pertanyaan kalian. Tks.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.