Aplikasi Edit Video PC: Software Editing Video Terbaik tanpa Watermark

Aplikasi Edit Video PC – Apa nama aplikasi edit video terbaik di PC? Adakah di antara software editing video tersebut yang gratis dan tanpa watermark? Apa nama aplikasi edit video yang sering dipakai youtuber? Mana di antara aplikasi edit video PC di bawah yang paling ringan? Apakah ada software edit video gratis tanpa watermark? Temukan semua jawabannya di sini. Sila pakai daftar isi di bawah untuk mempermudah navigasi. Tks.


Zaman yang semakin maju berbanding lurus dengan teknologi yang semakin canggih. Kini arus informasi berjalan sangat cepat hingga seperti mempersingkat waktu.

Jika generasi sebelumnya perlu sekolah tinggi dulu untuk mulai bekerja dan mendapatkan uang, kini anak belum sekolah pun bisa mendulang pundi-pundi rupiah dengan sangat mudah.

Bagaimana caranya? Caranya tidak lain dan tidak bukan, adalah menjadi seorang content creator di Youtube.

Jadi alurnya: kalian membuat video, diedit sedemikian rupa, diupload ke Youtube, lalu dapatkan uang dari Google Adsense.

Dalam dunia Youtube, kualitas konten adalah yang utama. Salah satu yang menjadi faktor bagus atau tidaknya kualitas konten yang kalian produksi adalah proses editingnya.

Memang, sih, ide atau konsep dari editing video adalah yang terpenting. Namun, ‘senjata’ yang kalian gunakan pun berpengaruh dalam merealisasikan ide tersebut.

Maka menjadi hal wajib bagi seorang pembuat konten untuk memiliki aplikasi editing video terbaik yang bisa mengakomodir imajinasi kalian.

Aplikasi Edit Video PC Terbaik

Gawaiso.com sudah merangkum 15 aplikasi edit video terbaik yang bisa kalian instal PC atau laptop. Dalam daftar di bawah akan kami campur aplikasi edit video yang gratis dan berbayar beserta system requirements-nya.

Tenang, akan kami beri keterangan juga mana aplikasi yang tersedia dalam versi gratis dan mana aplikasi yang wajib membayar sebelum layanan mereka bisa kalian gunakan.

1. Adobe Premiere

aplikasi edit video pc terbaik premiere
Nama AplikasiAdobe Premiere
PengembangAdobe
System requirementsOS: Windows 10 64-bit | CPU: Intel Gen 6, AMD Ryzen seri 1000, atau lebih | RAM: 8 GB | GPU: 2GB | Harddisk: 8GB
Versi GratisHanya trial
PembelianBerlangganan perbulan/pertahun
Linkhttps://www.adobe.com/sea/products/premiere.html

Aplikasi edit video PC pertama dan paling banyak digunakan oleh youtuber adalah Adobe Premiere.

Adobe Premiere tidak diragukan lagi merupakan aplikasi edit video terbaik di PC. Selain karena dikembangkan oleh Adobe–perusahaan yang berfokus pada audio visual- tool super lengkap dan komunitasnya yang sangat aktif membagikan tutorial edit video menggunakan Adobe Premiere, menjadi benefit tersendiri.

Kenapa? Karena orang awam yang sedang belajar, bisa dengan mudah mempelajari teknik-teknik editing dari komunitas tersebut. Coba saja cek Youtube.

Kemudian, Adobe Premiere sudah bisa mengedit video dengan resolusi tinggi 4K atau lebih, dengan efek-efek aesthetic yang tidak bisa kalian temukan di aplikasi editing video lain.

Ada juga fitur chroma key untuk mengedit green screen menjadi apa saja yang kalian inginkan. Namun sayangnya aplikasi ini tidak tersedia dalam versi gratis. Kalian hanya bisa mencoba versi trial selama beberapa waktu sebelum berlangganan ke Adobe Creative Cloud.

2. Adobe After Effect

Aplikasi Edit Video PC: Software Editing Video Terbaik tanpa Watermark
Nama AplikasiAdobe After Effect
PengembangAdobe
System requirementsOS: Windows 10 64-bit | CPU: Intel Gen 6, AMD Ryzen seri 1000, atau lebih | RAM: 8 GB | GPU: 2GB | Harddisk: 8GB
Versi GratisHanya trial
PembelianBerlangganan perbulan/pertahun
Linkhttps://www.adobe.com/sea/products/aftereffects.html

Meskipun lebih dikhususkan untuk menambahkan visual efek dan motion, Adobe After Effect tetaplah aplikasi yang pada dasarnya dibuat untuk mengedit video. Maka dari itu kami memasukkannya ke dalam daftar aplikasi edit video PC terbaik.

Aplikasi ini butuh imajinasi dan keterampilan tingkat tinggi. User interface yang rumit mungkin akan membuat bingung orang awam yang baru belajar.

Tapi kalian tidak perlu khawatir, komunitas yang aktif berbagi tutorial video bisa kalian temukan dengan mudah di Youtube dan kelas-kelas berbayar seperti di Udemy.

Youtuber profesional sering menggunakan aplikasi ini untuk menambahkan efek visual dalam videonya.

Misal dalam video tembak-tembakan, efek peluru dan bom bisa dibuat dengan After Effect. Atau dalam video fanmade live action Naruto, efek jurus bayangan dan rasengan bisa dibuat dengan aplikasi ini.

Namun sepertihalnya aplikasi besutan Adobe lain, After Effect juga tidak tersedia dalam versi gratis. Kalian perlu berlangganan ke Adobe Creative Cloud untuk bisa menggunakan layanan After Effect.

3. Vegas Pro

aplikasi edit video pc terbaik vegas pro
Nama AplikasiVegas Pro
PengembangMAGIX Software
System requirementsOS: Windows 10 64-bit | CPU: Intel Core i5 Gen 6 2.5Ghz | RAM: 8 GB | Harddisk: 8GB
Versi GratisHanya trial
PembelianBeli produk (bukan berlangganan)
Linkhttps://www.vegascreativesoftware.com/ca/vegas-pro/

Aplikasi edit video PC berikutnya ada Vegas Pro yang dikembangkan oleh MAGIX Software.

Popularitas Vegas Pro sebagai aplikasi edit video PC tidak kalah dengan Adobe Premiere. Bahkan Chandra Liow pun, dalam beberapa videonya di Youtube, lebih merekomendasikan aplikasi ini daripada yang lain.

Kami sendiri pun, sebelum beralih ke Adobe Premiere, sangat nyaman menggunakan Vegas Pro untuk mengedit video-video di Gawaiso Channel.

Bila dibandingkan dengan Adobe Premiere, interface aplikasi ini lebih sederhana dan mudah dimengerti bahkan oleh orang yang baru belajar sekalipun.

Namun kesederhanaan tampilan yang disajikan oleh Vegas Pro, tidak mengurangi kualitas dan lengkapnya fitur yang ditawarkan. Dan ini tentu menjadi nilai plus.

Maka jangan heran kalau aplikasi ini tidak ada versi gratisnya. Hanya saja, bila dibandingkan dengan produk-produk dari Adobe yang dijual dengan sistem berlangganan perbulan atau pertahun, Vegas Pro lebih worth untuk dicoba karena bisa dibeli dengan sekali bayar saja.

4. Filmora

software edit video pc ringan filmora
Nama AplikasiFilmora
PengembangWondershare
System requirementsOS: Windows 7, 8.1, 10 64-bit | CPU: Intel Core i3 2Ghz | RAM: 4 GB | Harddisk: 10GB
Versi GratisHanya trial
PembelianBisa berlangganan atau beli produk dengan sekali bayar
Linkhttps://filmora.wondershare.com/

Berikutnya ada Filmora yang dikembangkan oleh Wondershare. Aplikasi ini secara khusus diperuntukkan bagi orang awam sampai semi-pro. Namun dalam praktiknya banyak juga editor profesional yang menggunakan Filmora untuk mengedit video mereka.

Bagi kalian yang buta sama sekali dengan dunia editing video, kami kira Filmora bisa menjadi pilihan tepat. Selain merupakan aplikasi edit video yang ringan, tool editing di aplikasi ini juga cukup lengkap dan mudah digunakan.

Youtuber-youtuber pemula banyak yang memanfaatkan aplikasi ini. Di kelas-kelas Youtube yang mengajarkan cara mendulang uang dari video slideshow, juga rata-rata memanfaatkan Filmora sebagai aplikasi editingnya.

5. Video Studio

software edit video pc corel video studio
Nama AplikasiVideoStudio Pro
PengembangCorel
System requirementsOS: Windows 7, 8.1, 10 64-bit | CPU: Intel Core i3 2Ghz | RAM: 4 GB | Harddisk: 6GB
Versi GratisHanya trial
PembelianBeli produk (bukan berlangganan)
Linkhttps://www.videostudiopro.com/en/products/videostudio/pro/

Aplikasi edit video PC berikutnya ada VideoStudio yang dikembangkan oleh Corel, yang merupakan saingan dari Adobe. Tapi sayangnya dalam hal edit video, software buatan Corel ini kalah pamor meskipun dalam hal performa masih bisa diadu.

Interface yang disajikan oleh aplikasi ini sangat sederhana. Jadi akan cocok juga digunakan oleh orang awam yang baru belajar editing video.

Meskipun bukan software edit video gratis, VideoStudio dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau untuk segudang fitur yang canggih.

6. Windows Video Editor [Gratis]

Aplikasi Edit Video PC: Software Editing Video Terbaik tanpa Watermark
Nama AplikasiWindows Video Editor (Movie Maker)
PengembangMicrosoft
System requirementsMengikuti OS yang dipakai
Versi GratisAda
WatermarkTidak
PembelianGratis
Link

Berikutnya ada aplikasi edit video PC gratis, yang disertakan langsung dengan instalasi Windows. Jadi ketika kalian menginstal Windows10, 8, atau 7, software ini akan otomatis terinstal. Hanya saja kalau di Windows 7 namanya bukan Video Editor, melainkan Movie Maker.

Software ini bisa melakukan editing sederhana seperti menggabungkan video, memotong video, dan menambahkan musik. Kalian juga bisa membuat video slideshow dengan Video Editor ini.

Nah, jika kalian ingin menguasai Youtube dengan video slideshow, tidak perlu keluar uang lagi. Pakai saja Video Editor ini.

7. Openshot [Gratis]

Aplikasi Edit Video PC: Software Editing Video Terbaik tanpa Watermark
Nama AplikasiOpenShot
PengembangOpenShot Studios
System requirementsOS: Windows 7, 8.1, 10 64-bit | CPU: Intel Core i3 2Ghz | RAM: 4 GB | Harddisk: 10GB
Versi GratisAda
WatermarkTidak
Pembelian
Linkhttps://www.openshot.org/

Software editing video gratis berikutnya ada OpenShot yang dikembangkan oleh OpenShot Studios, yang merupakan software opensource cross-platform (Windows, Mac, Linux).

Software ini bisa jadi alternatif bagi kalian yang ingin belajar editing video, karena selain bisa didownload secara gratis, interface OpenShot sangat ringan, sederhana, dan mudah dipelajari.

OpenShot juga termasuk ke dalam daftar software alternatif pengganti bagi pengguna sistem operasi Linux, karena Adobe Premiere, Vegas, dan kebanyakan software edit video lain tidak bisa diinstal di sana.

8. VSDC Free Video Editor [Gratis]

aplikasi editing video pc gratis terbaik vsdc
Nama AplikasiVSDC Free Video Editor
PengembangVideosoftlab Multilab
System requirementsOS: Windows 7, 8.1, 10 64-bit & 32-bit | CPU: Intel Core i3 2Ghz | RAM: 2 GB | Harddisk: 4GB
Versi GratisAda
WatermarkTidak
PembelianVersi Pro sekali bayar
Linkhttps://www.openshot.org/

Aplikasi edit video PC berikutnya ada VSDC yang dikembangkan oleh Videosoftlab Multilab dan merupakan software edit video yang ringan untuk digunakan.

Jika kalian sedang mencari video editor yang gratis dan punya fitur cukup lengkap, barangkali VSDC Free Video Editor bisa menjadi pilihan.

User interfacenya sederhana sehingga orang awampun mungkin bisa dengan cepat belajar bagaimana cara menggunakan tools yang ada di software tersebut.

9. Avidemux [Gratis]

Aplikasi Edit Video PC: Software Editing Video Terbaik tanpa Watermark
Nama AplikasiAvidemux
PengembangFixounet
System requirements
Versi GratisAda
WatermarkTidak
Pembelian
Linkhttp://fixounet.free.fr/avidemux/download.html

Avidemux adalah aplikasi edit video ringan yang didesain untuk melakukan cutting, filtering, dan encoding video. Aplikasi ini support beberapa format video populer seperti AVI, MP4, MPEG, dll.

Tersedia dengan gratis, Avidemux bisa kalian manfaatkan untuk mengedit video sederhana.

Tampilan yang sangat sederhana dan toolsnya yang praktis membuat aplikasi ini sering digunakan oleh youtuber pemula.

10. HitFilm Express [Gratis]

software editing video pc gratis hitfilm express
Nama AplikasiHitFilm Express
PengembangFXhome Limited
System requirementsOS: macOS High Sierra, Windows 8, 10 64-bit | CPU: Intel Gen 4 | RAM: 4GB
Versi GratisAda
WatermarkTidak
Pembelian
Linkhttps://fxhome.com/hitfilm-express

Aplikasi edit video PC gratis terbaik berikutnya adalah HitFilm Express yang dikembangkan oleh FXhome limited.

Aplikasi ini tidak hanya berfungsi untuk mengedit video saja, tetapi juga berfungsi untuk menambahkan visual efek sekaligus. Bisa dibilang seperti fitur Adobe Premiere dan After Effect dioplos dalam satu aplikasi.

Tersedia dalam versi gratis, menurut kami, HitFilm Express merupakan software editing paket lengkap yang tidak boleh terlewatkan untuk didownload, jika kalian sedang belajar editing video.

Apalagi jika kalian berniat untuk jadi youtuber dengan ciri khas efek-efek keren seperti Tara Arts Movie, misalnya.

11. Camtasia

aplikasi edit video youtuber camtasia
Nama AplikasiCamtasia
PengembangTechSmith
System requirementsOS: macOS 10.13, Windows 10 64-bit |CPU: Intel Core i3 Gen 6 2.8Ghz, AMD Ryzen Gen 1 | RAM: 8GB | Harddisk: 4GB
Versi GratisHanya trial
PembelianBeli produk (bukan berlangganan)
Linkhttps://www.techsmith.com/store/camtasia

Berikutnya, di kategori aplikasi edit video PC, ada Camtasia yang tidak hanya berfungsi sebagai aplikasi pengedit video, tetapi juga bisa merekam layar PC atau laptop kalian.

Bagi yang ingin menjadi youtuber dengan konten tutorial, wajib hukumnya mempunyai aplikasi perekam layar PC. Dan Camtasia adalah yang terbaik dari yang terbaik dalam kategori itu.

Kemudian dalam hal editing video, Camtasia punya tool editing basic seperti transisi, chroma key green screen, menambahkan objek seperti teks atau gambar, dan yang paling penting adalah kalian bisa menambahkan efek pada kursor mouse.

12. Lightworks [Gratis]

software editing video pc gratis lightworks
Nama AplikasiLightworks
PengembangLWKS
System requirementsOS: macOS 10.9, Windows 7/8/10 32/64-bit |CPU: Intel Core i5 | RAM: 3GB | Harddisk: 4GB
Versi GratisAda
WatermarkTidak
PembelianBeli produk (bukan berlangganan)
Linkhttps://www.lwks.com/

Software edit video PC berikutnya ada Lightworks yang dinobatkan sebagai software editing video gratis terbaik di PC oleh beberapa situs besar seperti Techradar dan Shopify.

Memang sih, untuk ukuran software gratis, Lightworks hampir mempunyai semua fitur keren yang hanya bisa ditemui di software berbayar.

User interface yang sederhana membuat kalian bisa dengan mudah menggunakan semua tools yang tersedia di software tersebut. Selain itu ada banyak audio dan video FX yang siap digunakan dengan sekali klik.

Lighworks sebetulnya adalah software berbayar. Tapi kalian tetap bisa menikmati versi trialnya selama 7 hari dan bisa diperpanjang dengan membuat akun di situs resminya.

13. Shotcut [Gratis]

Aplikasi Edit Video PC: Software Editing Video Terbaik tanpa Watermark
Nama AplikasiShotcut
PengembangMeltytech
System requirementsOS: macOS 10.10, Windows 7/8/10 64-bit |CPU: x86-64 Intel dan AMD 2Ghz | RAM: 4GB | Harddisk: 4GB
Versi GratisAda
WatermarkTidak
PembelianBeli produk (bukan berlangganan)
Linkhttps://www.shotcut.org/

Aplikasi edit video gratis berikutnya ada Shotcut yang merupakan aplikasi cross-platform yang bisa diinstal di Windows, Linux, dan macOS.

Dikembangkan oleh Meltytech sejak tahun 2011, Shotcut terus berkembang menjadi aplikasi edit video yang canggih.

Tampilan utamanya kompleks tetapi mudah dipelajari. Ada banyak sekali tools yang bisa kalian coba untuk mengedit video agar menjadi lebih mantap.

Selain itu Shotcut sudah support ratusan format video dan audio. Jadi kalian tidak perlu khawatir video kalian tidak bisa diedit dengan aplikasi ini.

14. DaVinci Resolve [Gratis]

aplikasi edit video youtuber davinci resolve
Nama AplikasiDaVinci Resolve
PengembangBlackmagic Design
System requirementsOS: macOS 10.14, Windows 10 64-bit | RAM: 16GB
Versi GratisAda
WatermarkTidak
Pembelian
Linkhttps://www.shotcut.org/

Aplikasi edit video PC terakhir ada Davinci Resolve. Davinci Resolve adalah software paket lengkap yang menggabungkan editing, color grading, visual efek, motion, dan audio post production.

Software ini biasanya dipakai oleh profesional yang sudah berpengalaman dalam dunia editing video. Alasannya karena banyaknya tool advance yang mungkin akan membingungkan pengguna baru.

Tapi kalau kalian berniat menjadi seorang editor video profesional, sih, tidak ada salahnya belajar dari sekarang. Toh softwarenya juga gratis, kan?


Akhir Kata

Demikian. Itulah tadi aplikasi edit video PC terbaik yang gratis dan berbayar, untuk kalian yang ingin menekuni dunia editing video sampai menjadi editor profesional, ataupun untuk kalian yang sedang meniti karir menjadi seorang youtuber.

Di daftar yang sudah kami tuliskan di atas, tentu software berbayar lebih punya keunggulan dibandingkan yang gratis. Namun kalian tetap bisa memanfaatkan yang gratis untuk belajar edit video dari dasar.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.