Cara Menghilangkan Iklan di Google Chrome Windows: PC dan Laptop

Cara Menghilangkan Iklan di Google Chrome Windows – Apakah ada cara untuk menghilangkan iklan di chrome yang tiba-tiba muncul? Apa saja penyebab iklan pop up yang tidak diinginkan muncul? Apakah iklan-iklan tersebut berpengaruh ke PC atau laptop? Temukan semua jawabannya di sini. Berikut daftar isinya:


Iklan adalah salah satu cara untuk memasarkan sesuatu. Baik barang ataupun jasa. Bagi seorang pengusaha, beriklan sangat bisa jadi alat untuk meningkatkan omzet dan juga kepekaan calon customer terhadap brand mereka.

Lain pengusaha lain juga orang jahat. Di era ini banyak yang keminter menggunakan ilmu untuk kepentingan pribadi dengan merugikan orang lain lewat iklan.

Salah satu yang paling sering ditemui adalah iklan pop-up yang mengganggu karena kemunculannya tiba-tiba. Sementara yang paling ekstrim adalah iklan yang ketika diklik (atau tidak sengaja ter-klik), akan menanamkan malware ke perangkat kalian.

Iklan-iklan tersebut biasanya muncul ketika di start, notifikasi, atau bahkan di cortana. Selain itu pas kalian buka Google Chrome, secara otomatis akan diarahkan pada situs tertentu. Sialan!

Nah, jika kalian sedang mengalami hal tersebut, silakan baca uraian kami di bawah tentang cara menghilangkan iklan pop-up di Windows dan Google Chrome.

Cara Menghilangkan Iklan di PC

Gawaiso sudah merangkum beberapa langkah yang bisa kalian lakukan untuk menghilangkan iklan menggangu di PC atau laptop yang disebabkan oleh Google Chrome. Kami sarankan agar semua cara di bawah dipraktikkan untuk hasil yang lebih maksimal.

Tahap 1: Blok Notifikasi Situs Mencurigakan

Pertama, untuk menghilangkan iklan di PC atau laptop, kalian harus melarang situs mencurigakan menampilkan notifikasi di perangkat kalian. Berikut adalah caranya:

  1. Buka Google Chrome.
  2. Di pojok kanan atas, klik simbol titik tiga lalu pilih Settings.
  3. Di halaman Settings, pada bagian Privacy and security, klik Site Settings. Kalau tidak ada, sila scroll terus ke bawah sampai ketemu tombol Advanced. Klik. Bisa jadi Site Settings ada di sana.
menonaktifkan notifikasi iklan google chrome site settings
  1. Pada bagian Permissions, klik Notifications untuk mengatur notifikasi dari situs-situs yang pernah kalian izinkan.
menonaktifkan notifikasi iklan google chrome notifications
  1. Pada bagian Allow, akan muncul daftar situs yang bisa menampilkan notifikasi ke PC atau laptop kalian. Silakan direview kira-kira situs apa yang mencurigakan.
  2. Klik simbol titik tiga di samping situs mencurigakan tersebut, lalu pilih Block untuk melarang iklan muncul. Sebagai contoh di sini kami block notifikasi dari jalantikus. Contoh, ya.
menonaktifkan notifikasi iklan google chrome blok

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, seharusnya notifikasi apapun yang berkaitan dengan situs tersebut tidak akan muncul di Google Chrome, start, notification bar, apalagi di cortana.

Saran kami, hanya izinkan notifikasi dari situs-situs besar dan kredibel saja seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Gmail, dsb. Jangan pernah izinkan notifikasi dari website-website tidak jelas.

Tahap 2: Deteksi Software Berbahaya di Chrome

Kedua, sila gunakan fitur pembersih software berbahaya dari Google Chrome. Biasanya mereka mempunyai database terkait situs-situs mencurigakan sehingga bisa dengan mudah terdeteksi.

Berikut adalah cara membersihkan malware Google Chrome:

  1. Buka Google Chrome.
  2. Di pojok kanan atas, klik simbol titik tiga lalu pilih Settings.
  3. Scroll ke bawah sampai mentok. Di sana akan ada menu Advanced. Klik.
  4. Scroll lagi ke paling bawah sampai bagian Reset and clean up. Klik menu Clean up computer.
  5. Di halaman Clean up computer klik tombol Find untuk mendeteksi software berbahaya.
clean up computer google chrome

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Google Chrome akan melakukan scanning. Tunggu saja prosesnya.

Sudah selesai masalahnya? Kalau sudah selamat. Kalau belum, sila lanjut ke tahap 3, dst.

Tahap 3: Nonaktifkan Ekstensi Google Chrome

Iklan yang terus-terusan muncul di komputer kalian bisa jadi disebabkan oleh ekstensi Google Chrome yang terpasang di browser. Jadi, sebelum melakukan tahap 4, dicoba dulu untuk menonaktifkan semua ekstensi tersebut. Mana tau iklannya hilang.

Berikut adalah cara menghapus ekstensi Google Chrome:

  1. Buka Google Chrome.
  2. Di kanan atas, klik simbol titik tiga > More tools > Extension.
  3. Geser tuas pada setiap ekstensi ke sebelah kiri untuk menonaktifkannya.
hapus ekstensi google chrome

Setelah mengikut langkah-langkah di atas, ekstensi Google Chrome kalian akan nonaktif.

Tahap 4: Reset Google Chrome

Jika iklan menjengkelkan belum hilang dari komputer kalian, coba dengan mereset Google Chrome ke pengaturan default. Berikut adalah caranya:

  1. Buka Google Chrome.
  2. Di pojok kanan atas, klik simbol titik tiga lalu pilih Settings.
  3. Scroll ke bawah sampai mentok. Di sana akan ada menu Advanced. Klik.
  4. Scroll lagi ke paling bawah sampai bagian Reset and clean up. Klik menu Restore settings to their original defaults.
  5. Ketika muncul pop-up peringatan, sila klik tombol Reset settings.
reset settings google chrome

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Google Chrome akan kembali ke pengaturan default; mesin telusur kembali ke Google, beranda dan tab jadi default, cookie dan data situs dihapus, tema dihapus, dan ekstensi dinonaktifkan.

Tahap 5: Aktifkan Safe Browsing Google Chrome

Setelah pengaturan Google Chrome dikembalikan ke default, selanjutnya adalah mengaktifkan safe browsing agar situs-situs mencurigakan yang di dalamnya terdapat malware atau adware bisa diantisipasi oleh Chrome.

Berikut adalah mengaktifkan safe browsing di Google Chrome:

  1. Buka Google Chrome.
  2. Di pojok kanan atas, klik simbol titik tiga lalu pilih Settings.
  3. Di halaman Settings, pada bagian Privacy and security, klik Security.
  4. Pada halaman Security pastikan opsi Enhanced protection dipilih.
safe browsing google chrome

Setelah Enhanced protection diaktifkan, Google Chrome akan memberikan warning jika situs yang hendak kalian kunjungi mencurigakan. Selain itu, Chrome akan memberikan informasi jika ada kebocoran data.

Tahap 6: Uninstall Aplikasi Mencurigakan

Jika kalian pernah menemukan situs yang ketika dibuka–atau terbuka karena iklan pop-up- langsung mendownload software secara otomatis …

… atau ketika kalian mendownload sebuah aplikasi, tetapi ndilalah ketika diinstall ternyata yang terbuka bukan aplikasi yang diinginkan.

Kalian patut curiga. Jangan-jangan aplikasi tersebutlah yang membawa malware atau adware ke komputer kalian sehingga muncul iklan-iklan menjengkelkan.

Jika demikian, coba cek daftar software yang terinstall di komputer. Jika ketemu yang sekiranya mencurigakan, uninstall saja langsung.

Tahap 7: Scan Menyeluruh Komputer

Jika setelah meng-uninstall aplikasi mencurigakan iklan masih saja muncul, kalian harus coba melakukan scanning virus secara menyeluruh pada komputer.

Gunakan antivirus terbaik yang dikombinasikan dengan Windows Defender agar hasil scanning maksimal.

Tahap 8: Reset atau Refresh Windows

Jika ketujuh tahap di atas hasilnya masih nihil, cara terkhir adalah melakukan reset atau refresh Windows. Kalian juga bisa instal ulang kalau punya resourcenya.

Tapi kalau resourcenya terbatas; tidak punya file ISO Windows, tidak bisa bikin USB bootable, dan tidak ada waktu, sila coba reset atau refresh saja.

Caranya bisa dibaca di sini: cara reset atau refresh Windows tanpa menghapus data.


FAQ Cara Menghilangkan Iklan di PC

Bagaimana cara menghilangkan iklan di Google Chrome Windows 10?

Gawaiso telah membuat sedikitnya 8 tahap untuk menghilangkan iklan di komputer kalian. Dimulai dari memblokir notifikasi situs mencurigakan sampai ke melakukan refresh atau reset Windows sebagai jalan terakhir.

Apa penyebab munculnya iklan pop up di komputer?

Bisa jadi adware yang tertanam pada situs yang kalian akses atau pada program yang tidak sengaja terinstall karena ketidaktahuan.

Apakah iklan Google Chrome di PC atau laptop membahayakan?

Tergantung. Paling ringan kalian hanya akan merasa jengkel karena iklan tersebut terus-terusan muncul. Sementara paling ekstrem, mungkin, ada pencurian data karena dalam iklan tersebut terdapat malware yang merekam setiap aktivitas kalian di komputer.


Akhir Kata

Demikian. Itulah cara menghilangkan iklan di Google Chrome Windows, baik itu Windows 7 maupun Windows 10.

Tahapan-tahapan di atas bukan sebuah aturan baku. Ianya merupakan akumulasi atau kompilasi dari pengalaman-pengalaman ketika mengalami hal serupa.

Kadang iklan menjengkelkan di komputer hilang dengan satu tahapan saja, meskipun seringkali butuh mempraktikkan semua tahapan agar iklan tersebut benar-benar hilang.

Ya … akhir kata, selalu berhati-hati ketika berselancar di internet. Karena akan selalu ada kesempatan dalam kesempitan, yang bisa dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab untuk merugikan kalian.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.