Cara Melihat Password WiFi di Windows 10 yang Disimpan Sistem

Cara Melihat Password WiFi di Windows 10 – Bagaimana cara mengetahui kata sandi atau password WiFi yang sudah terhubung dengan perangkat kita? Apakah ada cara untuk mengetahui password hotspot yang belum tersambung? Simak artikel ini sampai selesai. Sila gunakan daftar isi di bawah:


Internet kini menjadi sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi. Ianya naik kelas dari kebutuhan tersier atau sekunder ke kebutuhan primer bagi sebagian orang.

Hal ini membuat sebagian besar dari kita; kami dan kalian, memilih memasang internet kabel di rumah, untuk kegiatan ‘berselancar’ yang lebih lancar dan tanpa batas, alih-alih menggunakan provider jaringan seluler yang terbatas kuota.

Dengan demikian, kalian juga bisa mengakomodasi banyak perangkat sekaligus (HP, PC, laptop, tablet, smart TV, dll.) dengan internet yang sama cepat tetapi biaya flat.

Nah, salah satu cara agar perangkat-perangkat tersebut bisa terkoneksi ke internet adalah dengan membuat WiFi atau hotspot.

Baca: cara membuat hotspot di rumah

Kemudian, salah satu hal yang mungkin bakal sering kalian temui ketika punya hotspot sendiri di rumah adalah … banyak yang ikut nebeng ‘sebentar’ tapi berujung ‘selamanya’.

Bagi sebagian orang mungkin tidak masalah. Tapi jika kalian punya banyak perangkat terkoneksi, hal ini kadang bisa membuat internet menjadi lelet. Alhasil, kalian jadi mengganti password WiFi secara rutin untuk menghindari hal tersebut.

Masalah yang selanjutnya muncul bisa ditebak. Keseringan ganti password akan meningkatkan kemungkinan kalian lupa. Untungnya di Windows 10 kalian bisa mengetahui password WiFi yang lupa dengan mudah.

Cara Melihat Password WiFi di Windows 10

Nah, di sini Gawaiso sudah merangkum setidaknya tiga cara yang bisa dilakukan, untuk melihat password WiFi yang sedang atau pernah terkoneksi ke perangkat kalian; melalui Network & Internet settings dan melalui CMD. Silakan disimak.

Cara 1: via Network & Internet settings

Cara pertama adalah dengan menggunakan fitur status pada adapter wireless di perangkat yang kalian gunakan. Cara ini terbilang cukup mudah dan cepat untuk dilakukan bahkan untuk orang awam sekalipun.

Hanya saja syaratnya perangkat kalian harus terhubung dulu ke WiFi, yang ingin kalian ketahui passwordnya.

Berikut adalah cara melihat password WiFi di Windows 10 via Network & Internet settings:

  1. Klik kanan pada ikon WiFi di taskbar Windows 10.
  2. Klik Open Network & Internet settings.
cara mengetahui password hotspot via network & internet settings 1
  1. Klik Change adapter options.
cara melihat password wifi via network & internet settings 2
  1. Ketika jendela Network Connections muncul, klik kanan pada adapter Wi-Fi > Status. Atau klik dua kali pada adapter tersebut.
cara mengetahui password hotspot via network & internet settings 3
  1. Pada jendela Wi-Fi Status, klik tombol Wireless Properties untuk melihat SSID, tipe jaringan, dan ketersediaannya.
cara melihat password wifi via network & internet settings 4
  1. Akan muncul jendela baru. Buka tab Security untuk melihat password WiFi.
  2. Di sana akan ada tiga keterangan; jenis keamanan jaringan, metode enkripsi jaringan, dan password jaringan. Monggo diceklis pada kota Show characters untuk mengetahui password WiFi.
cara melihat password wifi via network & internet settings 5

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, kalian akan tahu password WiFi yang sedang terhubung ke perangkat kalian. Dengan demikian, kalian bisa menghubungkan perangkat baru ke WiFi dengan password tersebut.

Cara 2: via CMD

Cara kedua yaitu menggunakan command prompt atau yang lebih sering dikenal dengan CMD. Dengan cara ini kalian bisa mengetahui password semua WiFi yang pernah terhubung dengan perangkat kalian, meskipun tidak sedang terhubung dengan WiFi tersebut.

Berikut adalah cara melihat password WiFi di Windows 10 menggunakan CMD:

  1. Klik Start, lalu ketik CMD. Enter.
  2. Ketik perintah berikut: netsh wlan show profiles untuk melihat daftar WiFi yang pernah terhubung.
  3. Tentukan SSID WiFi yang ingin kalian ketahui passwordnya. Kemudian ketik netsh wlan show profiles SSID_WiFi key=clear.
  4. Akan muncul semua informasi yang berkaitan dengan WiFi tersebut, termasuk passwordnya.
cara melihat password wifi via cmd

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian bisa bebas melihat atau mengetahui password dari banyak Wi-Fi yang pernah terhubung dengan PC atau laptop Windows 10 kalian.


FAQ Cara Melihat Password WiFi di Windows 10

Bagaimana cara mengetahui password WiFi di Windows 10?

Cara termudah adalah dengan masuk ke Network & Internet settings (klik kanan pada ikon WiFi di taskbar > Open Network & Internet). Kemudian klik pada menu Change Adapter Settings, lalu klik kanan pada WiFi adapter dan pilih status. Klik tombol Wireless Properties > Security, kemudian centang pada kotak Show characters.

Bagaimana cara melihat password hotspot dengan CMD?

Caranya tinggal ketik perintah netsh wlan show profiles nama_hotspot key=clear, kemudian tekan enter. Akan muncul berbagai informasi terkait dengan WiFi tersebut termasuk passwordnya.

Bagaimana cara mengetahui password WiFi yang belum terhubung?

Jika kalian adalah administrator dari WiFi tersebut, kalian bisa masuk ke modem/wireless routernya menggunakan kabel jaringan UTP. Di sana akan ada pengaturan mengenai password WiFi. Namun jika kalian bukan administrator jaringannya maka, selain melakukan hacking, kalian harus bertanya dengan sopan ke empunya WiFi.


Akhir Kata

Demikian. Itulah tadi dua cara melihat password WiFi di Windows 10. Cara-cara di atas sudah kami praktikkan dan work 100% meskipun di Windows 7 dan versi yang sebelumnya.

Mohon digaris bawahi kalau langkah-langkah yang kami tulis di atas bukanlah proses hacking, melainkan untuk menampilkan password WiFi yang memang sudah tersimpan di sistem, karena PC atau laptop kalian pernah/sedang terhubung ke WiFi tersebut.

Akhir kata, jika kalian memang rutin mengganti password WiFi, catat saja biar tidak lupa. He he.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.