Antivirus Terbaik di PC: List Antivirus Gratis dan Berbayar

Antivirus Terbaik di PC – Apa antivirus terbaik untuk menghapus malware, ransomware, atau spyware? Apakah ada antivirus gratis dengan fitur yang bagus? Apa antivirus yang ringan dan stabil diinstall di PC atau laptop spek rendah? Apakah Windows Defender, antivirus bawaan Windows 10 itu, cukup baik untuk memberikan keamanan? Temukan jawabannya di artikel ini. Sila pakai daftar isi di bawah untuk berpindah-pindah topik. Tks.


Semakin tinggi pohon semakin besar pula angin menerpa; semakin maju teknologi, semakin canggih pula program jahat mencari celah keamanan.

Dalam dunia komputer, dikenal istilah malware, spyware, ransomware, dan tentunya virus itu sendiri. Perbedaan mengenai istilah-istilah itu bisa kalian baca di sini: apa perbedaan malware, spyware, dan ransomware?

Bagi kalian pengguna sistem operasi Windows, pasti sudah tidak asing dengan program antivirus. Windows 10 sendiri sudah dilengkapi dengan antivirus bawaan bernama Windows Defender, yang sering dipandang sebelah mata.

Kemudian ada antivirus yang dibuat oleh perusahaan yang memang berfokus pada keamanan siber seperti Norton, Kaspersky, Avast, dll.

Nah, di artikel ini Gawaiso akan buatkan daftar tentang antivirus terbaik di PC yang bisa kalian install bersamaan dengan Windows Defender. Di list tersebut kami juga akan tuliskan beberapa antivirus gratis yang ampuh untuk melindungi perangkat kalian.

Daftar Antivirus Terbaik di PC

Catatan, meskipun kami memberikan penomoran pada list di bawah, bukan berarti antivirus yang menempati tempat No.1 lebih baik daripada No.2; semua antivirus di bawah saling kejar untuk menjadi yang terbaik. Selain itu ‘terbaik’ juga didasarkan pada banyak faktor seperti resource PC atau laptop, user experience, dll.

Berikut adalah daftar antivirus terbaik yang bisa kalian install di PC atau laptop kalian:

1. Bitdefender Antivirus

[Tersedia dalam versi gratis dan berbayar]

Antivirus terbaik pertama ada Bitdefender Antivirus yang tersedia dalam versi free dan berbayar. Dikembangkan oleh perusahaan dengan nama sama sejak tahun 1997.

Bitdefender bisa jadi pilihan tepat jika kalian tidak memiliki resource yang besar. Karena, menurut pengalaman banyak orang, antivirus ini termasuk ringan dan stabil. UI programnya juga minimalis dan ringkas, sehingga tidak menyulitkan pengguna.

Kemudian, Bitdefender dirancang untuk berjalan di background dah hanya akan muncul jika ada sesuatu yang janggal terjadi pada perangkat kalian.

Pemindai, deteksi, dan penghapusan malware dilakukan secara otomatis kecuali kalian mengubah pengaturannya menjadi manual action.

Fitur yang ditawarkan Bitdefender Antivirus cukup lengkap bahkan utuk versi free-nya. Sedangkan untuk versi berbayar, kalian akan mendapatkan keamanan:

  • Perlindungan data secara real-time;
  • Pencegah ancaman dari internet;
  • Pertahanan tingkat lanjut;
  • Proteksi ransomware yang berlapis-lapis;
  • Penilaian terhadap kerentanan perangkat;
  • Anti-phising;
  • Anti-fraud; dan
  • Anti-spam.

Selain fitur keamanan, Bitdefender juga menyediakan fitur untuk meningkatkan performa perangkat dan perlindungan privasi seperti VPN, Anti-tracker, Webcam protection, Safe online banking, Parental control, Password manager, dll.

Tertarik untuk mencoba dulu versi gratis? Silakan kunjungi situs resminya.

2. Avira Antivirus

[Tersedia dalam versi gratis dan berbayar]

Avira antivirus merupakan salah satu yang memiliki teknologi keamanan siber (terutama perlindungan dari malware) terbaik dan terkuat.

Antivirus Avira dikembangkan oleh Avira Operations GmbH & Co. KG., yang merupakan perusahaan keamanan siber legendaris asal Jerman.

Avira tersedia dalam versi free yang bisa didownload secara gratis dan juga versi berbayar dengan beragam fitur unggulannya.

Salah satu hal yang menarik dari Avira adalah, program utama Avira berjalan di cloud. Artinya, sebagian besar pendeteksian ancaman, baik itu malware, spyware, atau virus-virus lainnya tidak berjalan di PC kalian.

Hal tersebut membuat Avira selalu selangkah lebih depan dari para peretas, karena orang-orang yang menciptakan program jahat tersebut tidak tahu secara pasti, langkah apa yang Avira sedang lakukan.

Selain itu, dengan pendeteksian bebasis cloud, membuat Avira menjadi antivirus yang stabil dan ringan; bisa dijalankan di PC atau laptop dengan spesifikasi rendah sekalipun.

Beberapa fiturnya antara lain:

  • Antivirus scanner;
  • Email protection;
  • Nightvision;
  • Device scanner;
  • PUA shield;
  • Web protection;
  • Firewall manager;
  • Adblocker; dan
  • Browser tracking blocker;

Bagiamana? Tertarik mencoba dulu Avira versi free, monggo dilanjut ke website resminya di sini.

3. Panda Antivirus

[Tersedia dalam versi gratis dan berbayar]

Panda Antivirus, di tahun 2020 ini, secara resmi menjadi antivirus yang paling banyak disukai oleh pengguna Windows, untuk versi gratisnya.

Apa yang membuat antivirus ini begitu menarik? Jawabannya: ringan dan mudah digunakan.

Semua tool keamanan diletakkan secara rapi di dashboard utama sehingga tidak perlu sulit untuk masuk ke berbagai menu untuk menemukan sebuah tool keamanan.

Panda sangat cocok bagi kalian yang tidak ingin ribet dengan pengaturan lanjutan. Dengan kata lain, kalian hanya tinggal install Panda Antivirus, lalu biarkan saja dia berjalan sendiri.

Meskipun merk Panda tidak terlalu dikenal, namun dalam hal keamanan Panda bisa sejajar dengan antivirus Bitdefender dan juga Avira. Bahkan Panda mengklaim kalau pengujian deteksi virus mereka lebih baik daripada kedua merk tersebut.

Kemudian, Panda menyediakan fitur VPN bahkan untuk versi gratis mereka. Tentu ini menjadi keunggulan tersendiri yang membuat antivirus ini disukai banyak orang.

Tertarik mencoba versi gratis Panda Antivirus? Silakan langsung ke website resminya.

4. Kaspersky Security

[Tersedia dalam versi gratis dan berbayar]

Kaspersky merupakan antivirus yang telah lama melanglang buana di dunia kemanan siber. Antivirus ini dikembangkan oleh Kaspersky Lab. Dengan menyediakan versi gratis, Kaspersky termasuk antivirus yang banyak disukai dan diinstall.

Seperti Avira, Kaspersky juga mempunyai produk yang menggunakan teknologi cloud untuk mendeteksi malware (Kaspersky Security Cloud – Free).

Kemudian, seperti yang kami sebutkan di awal, Kaspersky mempunyai produk antivirus dasar yang cukup andal.

Berikut adalah fitur keamanan Kaspersky Antivirus:

  • Block virus dan malware secara real-time;
  • Mencegah hacker melakukan remote ke PC kalian;
  • Membantu perangkat kalian lebih ‘sehat’;
  • Filter email pishing;
  • Melindungi PC dari ransomware; dan
  • Keamanan jaringan.

Untuk fitur-fitur lanjutan, kalian bisa coba membeli Kaspersky internet security atau total security. Namun jika ingin mencoba versi gratisan–Kaspersky Security Cloud, silakan kunjungi website resminya di sini.

5. Sophos

[Tersedia versi free dan berbayar]

Antivirus terbaik berikutnya ada Sophos yang tersedia dalam versi gratis dan bebayar. Sophos dikembangkan oleh perusahaan dengan nama sama, yang mengusung tagline security made simple.

Selain fungsi utamanya sebagai antivirus, Sophos versi free dilengkapi dengan parental control untuk melindungi anak-anak di bawah umur, dari melihat hal-hal yang belum pantas dilihat. Sesuatu yang biasanya hanya ditemui di produk premium atau berbayar.

Selain itu, tagline mereka memang diterapkan pada UI-nya, sehingga pengguna awam tidak perlu pusing dalam menggunakan antivirus ini.

Selengkapnya tentang Sophos Antivirus bisa dilihat di sini.

6. Norton 360 LifeLock

[Tidak tersedia versi gratis]

Jika kalian punya sedikit dana, kami sarankan membeli lisensi Norton 360. Kenapa? Karena selain fungsi dasarnya sebagai antivirus, malware, spyware, dll. Norton bekerja sama dengan LifeLock untuk memproteksi privasi kalian.

LifeLock adalah perusahaan yang memimpin dalam industri anti pencurian identitas. Jadi, ketika kalian menginstall Norton, kebocoran data yang memuat privasi kalian seperti alamat email, persona, atau hal lainnya akan diberitahukan.

Selengkapnya tentang Norton 360 LifeLock bisa dibaca di sini.

7. McAfee

[Tidak tersedia versi gratis]

McAfee termasuk ke dalam salah satu antivirus terbaik yang wajib masuk list beli, jika kalian punya dana.

Antivirus ini mempunyai hampir semua fitur keamanan internet yang kalian perlukan. Dimulai dari VPN, pengelola kata sandi, proteksi malware, deteksi link pishing, dll.

Selengkapnya tentang McAfee bisa dibaca di situs resminya.


FAQ – Pertanyaan

Apa antivirus terbaik di PC?

Jika kalian mencari yang gratis tetapi mempunyai fitur yang lengkap beserta keamanan tingkat tinggi, kalian bisa pilih Panda Free Antivirus. Sementara untuk versi berbayar, kalian bisa percayakan keamanan perangkat kalian pada Norton 360 Lifelock.

Apakah antivirus pihak ketiga bisa diinstall berbarengan dengan Windows Defender?

Bisa. Kalian bisa menginstall antivirus lain tanpa harus mematikan Windows Defender.


Akhir Kata

Demikian. Itulah daftar antivirus terbaik di PC, baik yang gratis ataupun berbayar. Sekali lagi, meskipun kami memberikan penomoran pada daftar di atas, tidak berarti No.1 lebih baik daripada No.2.

Akhir kata, menginstall antivirus di perangkat kalian adalah hal yang wajib, untuk melindungi diri dari program-program jahat di luar sana. Meskipun Windows kalian sudah terinstall Windows Defender, tidak ada ruginya untuk menambah pengamanan dengan menginstall antivirus dari pihak ketiga.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.