Cara Menggunakan WhatsApp Web

Cara Menggunakan WhatsApp Web – Bagaimana cara menggunakan WhatsApp Web? Apakah WhatsApp Web hanya bisa digunakan ketika HP terhubung saja? Apakah ada cara menggunakan WhatsApp Web tanpa HP-nya terkoneksi ke internet? Temukan semua jawabannya di artikel ini. Sila gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian cari. Tks.


Bagi kalian yang sehari-hari bekerja di depan PC atau laptop, entah itu menjadi seorang content writer, blogger, programmer, bahkan akuntan, suara dan notifikasi WA yang muncul di layar HP tentu menjadi pengalih fokus yang sempurna.

Sedang khusyuk mengerjakan tugas, teng-tong ada notifikasi WA. Diambillah itu HP. Niatnya mungkin cuma balas pesan, tapi kenyataannya jadi merembet buka Instagram, lihat TikTok sebentar, eh terus kepikiran: sekarang yang sedang trending di Twitter apa. Astaghfirullah aku.

Salah satu antisipasi untuk kejadian-kejadian seperti itu adalah menggunakan WhatsApp web. Jadi, fokus kalian tidak terbagi ke dua device sekaligus; melainkan cuma ke PC atau laptop saja. Selain itu bisa lebih efisien soal waktu.

Bagaimana Cara Menggunakan WhatsApp Web?

Caranya gampang. Kami akan langsung to the point saja. Begini …

Cara Menggunakan WhatsApp Web

Penerapan 5 minutes

1. Buka WhatsApp Web

Buka WhatsApp web lewat PC atau laptop di sini.

2. QR Code

Kalian akan melihat QR code (semacam barcode tapi bentuknya kotak).

3. Masuk ke Menu WhatsApp Web di HP

Buka WhatsApp di smartphone kalian. Tapi simbol titik 3 di ujung kanan atas, lalu pilih menu WhatsApp Web.

4. Tambah Perangkat

Selanjutnya klik tanda + di ujung kanan atas untuk menghubungkan perangkat baru ke WA, lalu secara otomatis akan membuka QR code scanner.

5. Scan QR Code

Arahkan HP ke QR code yang ada di WhatsApp web (yang tadi sudah dibuka lewat PC).

6. Selesai

Secara otomatis PC atau laptop kalian akan terhubung dengan WhatsApp

Cara WhatsApp Web tanpa HP

Seperti yang sudah sama-sama kita ketahui, WhatsApp web tidak bisa digunakan jika HP tidak memiliki koneksi internet. Berbeda dengan Telegram web yang tetap bisa digunakan meskipun HP-nya mati sekalipun.

Namun baru-baru ini WhatsApp secara resmi memperkenalkan sebuah fitur yang memungkinkan kalian bisa menggunakan WhatsApp web tanpa HP yang terhubung ke internet.

Begini caranya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di HP.
  2. Klik simbol titik tiga di kanan atas > linked devices.
  3. Klik tombol link a device.
  4. Scan barcode WhatsApp web.
  5. Selesai.

Saat artikel ini ditulis, fitur ini masih dalam tahap percobaan. Bagi kalian yang ikut program beta, pasti akan bisa merasakan fitur ini sebelum dirilis ke publik secara keseluruhan.

Info awalnya, fitur linked devices ini bisa digunakan di 4-5 WhatsApp web berbeda. Dengan kata lain, satu akun WhatsApp bisa dibuka di 4-5 WhatsApp web, di perangkat yang berbeda-beda.

Fitur WhatsApp Web

Berikut adalah beberapa fitur WhatsApp web yang bisa kalian manfaatkan secara maksimal, untuk memudahkan pekerjaan atau komunikasi.

1. Drag and Drop File

Hal paling menarik dari WA web adalah fitur drag and dropnya yang memudahkan kita untuk berbagi pakai file atau foto.

Bila WA menjadi media tim atau kelompok kalian dalam bekerja, fitur ini tentu memangkas banyak sekali waktu sehingga produktifitas lebih meningkat.

2. Semua fitur WhatsApp

Selain fitur drag and drop file, tentu WhatsApp web bisa menggunakan semua fitur WhatsApp mobile seperti stiker WhatsApp, voice note, membuat hurup tebal, miring, garis bawah, dan coret, dll.

3. Video call via Messenger Room

Sekarang WhatsApp web sudah bisa melakukan video call dengan memanfaatkan Messenger Room dari Facebook. Kalian cukup klik ikon attachment di sebelah kolom chat, lalu pilih room.

Apa itu Messenger Room? Baca selengkapnya di sini: mengenal Messenger Room (saingan Zoom Meeting).

4. Belum bisa update status langsung

Salah satu kekurangan WhatsApp web adalah belum bisa membuat WA story langsung dari PC-laptop. Fitur ini hanya baru tersedia dan bisa digunakan di WhatsApp mobile saja.

Trik supaya WA bisa voice call dan video call di PC atau laptop

Selain menggunakan Messanger Room, kalian juga bisa menggunakan trik di bawah untuk melakukan voice call dan video call WhatsApp di PC-laptop.

Caranya cukup mudah, tapi ada syaratnya. PC atau laptop kalian harus terpasang webcam. Kalau laptop sih biasanya sudah built-in ya. Jadi maksud kami … jika kalian pakai PC, harus ada webcam.

Nah, kalau penasaran tentang cara melakukan video call di WhatsApp Web (pakai emulator) bisa kalian baca di sini: cara melakukan WhatsApp voice call dan video call di PC.


FAQ Cara Menggunakan WhatsApp Web

Bagaimana cara menggunakan WhatsApp web?

Gampang. Kalian cukup buka situs WhatsApp web terlebih dahulu. Setelah muncul barcode, sila buka aplikasi WhatsApp di HP terus klik simbol titik tiga di kanan atas > linked devices atau WhatsApp web. Terakhir scan barcodenya.

Apakah bisa menggunakan WhatsApp web tanpa HP?

Di fitur terbaru hal tersebut bisa dilakukan. Caranya dengan mengklik simbol titik tiga di kanan atas > linked devices.

Bagaimana cara video call di WhatsApp web?

Kalian bisa melakukan video call WhatsApp web dengan memanfaatkan Mesengger Room.

Apakah bisa mengirim stiker di WhatsApp web?

Bisa. Semua fitur WhatsApp mobile (kecuali voice call dan update status WA) bisa kalian nikmati di WhatsApp web.


Akhir Kata

Semua tips dan trik untuk memaksimalkan WhatsApp bisa kalian baca di sini: Mengenal WhatsApp dan fitur-fiturnya dari A-Z.

Demikian. Itulah tadi beberapa tips atau trik cara menggunakan WhatsApp web agar lebih maksimal penggunaan fitur-fiturnya. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.