Cara Download Status WhatsApp: Download Video Status WA

Cara Download Status WhatsApp – Bagaimana cara download status WhatsApp berupa video? Apakah sama dengan merekam layar? Atau beda? Apakah cara yang digunakan untuk mendownload WhatsApp story, menggunakan aplikasi pihak ketiga? Adakah cara tanpa aplikasi? Ikuti tutorial di bawah ini untuk menjawabnya!



Diinisiasi oleh instastory-nya Instagram, kini update status realtime masuk ke platform Facebook dan WhatsApp. Hal ini–sepertinya- karena perusahaan Facebook gagal mengakuisisi Snapchat, yang berakhir dengan dibuatnya fitur serupa di platform mereka.

FYI, yang belum tahu, Facebook, Instagram, dan WhatsApp itu sekarang di bawah perusahaan Facebook. Jadi wajar bila fitur update status realtime ada di ketiga platform tersebut.

Yang akan kami bahas di sini adalah cara untuk mendownload status WhatsApp orang lain, baik itu status berupa video maupun berupa gambar.

Bagaimana caranya? Baca sampai tuntas, ya!

Tutorial Video

subscribe di channel Gawaiso.

Di atas adalah tutorial video bagi kalian yang lebih prefer tutorial berbasis audio visual. Jika kalian lebih memilih artikel berbasis teks yang lebih mendetail, monggo dilanjut bacanya.

Cara Download Status WhatsApp

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mendownload status WhatsApp; cara tanpa aplikasi, via file manager, dan memakai aplikasi dari playstore yang khusus diperuntukkan untuk mendownload status WhatsApp.

1. Cara tanpa aplikasi

Time needed: 3 minutes.

Berikut ini adalah cara download status WA tanpa aplikasi

  1. Aktifkan fitur show hidden files di file manager

    Langkah pertama adalah mengaktifkan fitur show hidden files di aplikasi file manager. Caranya buka file manager > settings > show hidden files. Caranya bisa beda-beda tiap aplikasi, intinya cari fitur show hidden files.
    cara download status whatsapp - hidden files

  2. Masuk ke folder .statuses

    Selanjutnya, masuk ke folder WhatsApp > media > .statuses. Di folder inilah semua status WhatsApp yang sudah kalian lihat akan disimpan selama 24 jam.
    cara download status whatsapp - copy video

  3. Pindahkan video atau foto status

    Pilih status mana yang hendak kalian download, lalu cut atau copy ke folder lain. Selesai. Kini kalian sudah berhasil menyimpan status WhatsApp orang lain ke galeri.

2. Via File Manager Xiaomi

Cara ini masih memakai file manager. Hanya saja aplikasi file manager ini biasanya–secara pabrikan- ada di HP Xiaomi. Namun, kalian bisa dengan bebas mendownload aplikasi ini di playstore, kok. Begini …

  1. Download dan install File Manager buatan Xiaomi Inc.
  2. Buka File Manager.
  3. Di layar utama, pilih more > WhatsApp.
cara download video di status wa - file manager
  1. Geser ke menu status WhatsApp download.
  2. Pilih status mana yang ingin kalian simpan ke galeri dengan men-tap simbol panah ke bawah.
  1. Selesai. Status WhatsApp yang sudah kalian download akan ada di folder FileExplorer > statuses. Biasanya akan otomatis muncul di galeri.

3. Dengan aplikasi Status Saver – Downloader for WhatsApp

Cara selanjutnya adalah dengan aplikasi pihak ketiga. Namanya Status Saver – Downloader for WhatsApp yang dikembangkan oleh Shree Ganesha Labs. Begini …

  1. Download dan install aplikasi Status Saver di playstore. Buka Status Saver. Lalu izinkan semua akses yang diminta.
  2. Status WhatsApp yang sudah kalian lihat akan muncul di aplikasi ini.
  3. Buka statusnya, lalu tap icon download.
  1. Selesai. Status WhatsApp yang kalian download dengan aplikasi ini akan tersedia di tab download. Kalau di file manager, kalian akan menemukannya di folder pictures > status downloader for whatsapp

Cara Menggabungkan Status WhatsApp yang Terpotong-potong

Terkadang status WhatsApp yang dishare orang lain adalah video panjang yang terpotong-potong. Hal ini karena WhatsApp sendiri membatasi durasi video yang bisa dijadikan status hanya 30 detik saja (buat kalian yang belum tahu caranya, bisa baca: cara update status video panjang di WhatsApp).

Jadi kalau kalian ingin download statusnya secara full alias tidak terpotong-potong, ada dua cara yang bisa dilakukan:

  • Minta video asli ke pemilik status.
  • Menggabungkan sendiri videonya dengan aplikasi.

Nah, di sini kami akan share cara menggabungkan video dari status WhatsApp yang terpotong-potong.

Eh tapi, sepertinya artikel ini sudah terlalu panjang. Lanjut di sini ya: cara menggabungkan 2 video atau lebih menjadi 1 video.


Yang Sering Ditanyakan tentang Download Status WhatsApp

Apakah status WA bisa didownload?

Bisa. Caranya tinggal masuk ke file manager > WhatsApp > media > .statuses. Tapi kalian harus mengaktifkan fitur untuk melihat file tersembunyi dahulu. Ada opsinya di settings file manager. Cari saja.

Bagaimana cara download status WA di WhatsApp web atau WhatsApp laptop?

Kalau di WhatsApp web atau WhatsApp laptop, kalian tinggal pakai software perekam layar saja. Tapi kami sarankan mending download dari HP. Lebih gampang.

Apakah video status WA yang didownload memiliki resolusi yang sama?

Resolusinya sama dengan apa yang diupload oleh orang lain di statusnya. Tapi seperti yang kita semua tahu, ketika orang lain itu upload di WhatsApp (baik itu di status atau dikirim via chat), secara otomatis file tersebut akan dikompres. Entah itu foto ataupun video. Nah, FYI ada trik agar foto atau video yang kalian kirim di WhatsApp tidak berkurang kualitasnya. Baca caranya di link tersebut.


Trik WhatsApp Populer

Semua trik WhatsApp bisa kalian lihat di sini.

Demikian. Seperti itulah cara mendownload status WhatsApp; baik itu tanpa aplikasi tambahan selain file manager ataupun memakai aplikasi yang memang secara khusus diperuntukkan untuk melakukannya.

Cara tersebut di atas tentu sudah kami coba dan WORK 100%. Namun, bila setelah mengikuti tutorial di atas kalian menemukan kendala, monggo komen saja di bawah. Kalau kami tahu jawabannya, pasti akan kami jawab.

Oh ya, kunjungi dan subscribe juga channel youtube gawaiso untuk tutorial berbasis video. Terima kasih.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.