Cara Video Call WhatsApp di PC atau Laptop

Cara Video Call WhatsApp di PC atau Laptop – Bagaimana cara video call WhatsApp di PC atau di laptop? Apakah melakukan video call WhatsApp di PC harus menggunakan WhatsApp web? Bisakan aplikasi WhatsApp desktop melakukan video call? Temukan semua jawabannya di sini. Sila gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian cari. Tks.


Sebelumnya kami sudah share ya cara menggunakan WhatsApp Web. Kalian bisa lihat artikelnya di sini: cara menggunakan WA web.

Di artikel tersebut, sekilas sudah kita sebutkan bahwa kalian bisa melakukan video call WhatsApp di PC dengan memanfaatkan fitur Mesengger Room dari Facebook (WhatsApp juga bagian dari Facebook).

Selain memanfaatkan Mesengger Room Facebook, kalian juga bisa memakai cara lain yang akan kami jelaskan detailnya di bawah.

Baik langsung saja ke tutorialnya biar ngga terlalu bertele-tele.

Cara Video Call WhatsApp di PC atau Laptop

  1. Download emulator android. Bisa bluestacks, bisa memu, bisa nox, atau emulator lainnya. Kalau kami pakai memu karena alasan performa.
  2. Install memu android emulator.
  3. Setelah terinstall, buka memu emulator dan install WhatsApp dari playstore.
  4. Di memu, login ke WA kalian menggunakan nomor telpon (catatan: kalau kalian login menggunakan nomor yang sedang digunakan di HP, secara otomatis WA di HP akan logout).
  5. Lakukan video call seperti biasa. Dan voila! Kalian sudah bisa melakukan video call WA di PC atau laptop.

Syarat Video Call WA di PC dan Laptop

Tentu untuk mulai melakukan video call kalian butuh camera atau webcam. Kalau laptop sih biasanya sudah built-in alias sudah terpasang di atas layar. Tapi kalau PC, jelas harus punya webcam.

Mending pake webcam external

Smartphone sekarang kamera depannya keren-keren. Contohnya HP keluaran Vivo teranyar: Vivo V19, yang punya kamera depan 32 MP dengan fitur super night selfie!

Jadi sebetulnya kami rada bertanya-tanya, kenapa sih kalian pengin video call WhatsApp lewat PC atau laptop ketika kamera HP sekarang lebih bagus ketimbang pakai webcam atau kamera laptop yang burem itu?

Tapi ya … terlepas dari apapun alasan kalian, bila memang kekeuh untuk video call WA di PC atau laptop, kami sarankan pakai webcam external seperti dari logitech. Kami pakai juga untuk PC.

Video call di PC biar layarnya gede!

Kalau itu salah satu alasannya kami punya opsi yang lebih baik, yaitu mirroring HP android kalian ke PC.

Betul. Jadi layar HP akan muncul di monitor PC atau laptop kalian; dengan kata lain gambarnya bakal lebih besar.

Menurut kami, dibandingkan dengan menginstall emulator android, lebih baik pakai cara mirroring ini. Dijamin lebih efisien dan lebih mudah.

Selain itu kalian tidak perlu logout whatsapp dan singkronisasi ulang seluruh kontak untuk mulai melakukan video call.

Cara Mirroring Layar HP [REKOMENDASI!]

Nah, buat kalian yang penasaran caranya, gampang. Silakan baca di artikel ini: cara menghubungkan layar HP ke PC atau Laptop untuk video call WA.


FAQ – Cara Video Call WhatsApp di PC

Bagaimana cara video call WA di laptop?

Kalian bisa menggunakan WhatsApp web dan fitur Messenger Room atau dengan menggunakan emulator yang terhubung ke webcam laptopnya. Kemudia ada juga cara dengan melakukan mirroring layar HP ke PC.

Bisakan aplikasi WhatsApp desktop melakukan video call?

Sama seperti halnya WhatsApp web, aplikasi versi desktopnya juga bisa melakukan video call dengan memanfaatkan fitur Messenger Room dari Facebook. Kalian cukup klik ikon attachment, terus pilih Room.


Akhir Kata

Semua tips dan trik menggunakan WhatsApp dari A-Z bisa kalian baca di sini: cara memaksimalkan WhatsApp.

Demikian. Itulah tadi beberapa cara yang bisa kalian lakukan agar bisa melakukan video call WhatsApp di PC atau laptop.

Ya … meskipun cara-cara di atas adalah hacktips alias cara yang ‘dipaksakan’ karena secara resmi fitur video call WhatsApp di PC belum tersedia, kami kira patut untuk dicoba dan dirasakan manfaatnya.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.