Cara Membuat Stiker WhatsApp: Ayo Bikin Stiker WA Sendiri!

Cara Membuat Stiker WhatsApp – Sudah lumayan lama WhatsApp mengeluarkan fitur ini, tapi masih banyak yang belum tahu cara membuat stiker WhatsApp sendiri. Padahal caranya gampang, lho! Kalian bisa bebas berekspresi dengan stiker yang terbuat dari foto kalian atau bahkan foto teman kalian (kalau niatnya buat jail. he he).

Pada awalnya, pihak WhatsApp bilang kalau untuk membuat stiker, setidaknya kalian harus punya kemampuan coding walau sedikit. Tapi sekarang kalian tidak perlu khawatir, karena ada baaanyak sekali aplikasi pihak ketiga yang memudahkan kalian dalam hal ini.

Nah, langsung saja ke langkah-langkahnya.

Cara Membuat Stiker WhatsApp Sendiri

  1. Download dan install aplikasi pembuat stiker WA di HP kalian. Di tutorial ini kami memakai aplikasi bernama Sticker.ly – Sticker Maker & WhatsApp Status Video (dev. SNOW, Inc.)
  2. Buka aplikasi tersebut. Di layar utama, tap tanda ‘+’ yang tepatnya berada di bawah tengah.
cara membuat stiker whatsapp sendiri - aplikasi stickerly
  1. Izinkan semua permissions dari kotak dialog yang muncul.
  2. Tap select a photo, lalu pilih foto atau gambar yang ingin kalian jadikan stiker WA.
  3. Setelah foto terbuka, di bagian bawah akan ada 3 menu.
    • Auto: fitur untuk menghapus background foto secara otomatis (hasil tergantung background foto kalian; kalau background foto kalian polos, biasanya bagus).
    • Manual: fitur untuk menghapus background secara manual.
    • Crop: untuk memotong foto atau gambar jika terlalu besar atau kalau kalian ingin stikernya berbentuk kotak (tanpa menghapus background).
edit foto atau gambar untuk stiker
  1. Pilih auto dulu, kalau foto atau gambar kalian hasilnya bagus, lanjutkan. Bila tidak sesuai keinginan, coba pilih yang manual. Kecuali kalau kalian ingin stikernya kotak, pilih crop saja.
  2. Tambah teks agar stiker kalian lebih menarik. Tap next.
cara buat stiker whatsapp sendiri - tambahkan tulisan ke foto
  1. Bikin paket stiker dulu (untuk mengelompokkan stiker kalian). Hidupkan allow search kalau kalian ingin stiker WA yang sedang dibuat ini bisa dipakai orang lain; matikan kalau hanya untuk pribadi.
pack stiker
  1. Kalian harus membuat minimal 3 stiker agar bisa diupload ke WhatsApp dan siap dipakai. Jadi ulangi langkah-langkah di atas.
  2. Tap tombol Add to WhatsApp dan tunggu proses uploadnya.
cara menambahkan stiker whatsapp - add to whatsapp
  1. Buka WhatsApp dan cek apakah stiker kalian sudah muncul? Kalau sudah berarti berhasil. Dan seharusnya memang berhasil. Coba saja kalian kirim stikernya.
cara menambahkan stiker whatsapp - cek di wa stiker
  1. Selesai.

Cara Memunculkan Stiker di WhatsApp Web

Bagaimana dengan WhatsApp web? Apakah stiker yang sudah kita buat sebelumnya akan muncul di WhatsApp web? Jawabannya: Iya!

Stiker yang sudah kalian buat akan secara otomatis muncul di WhatsApp web. Hanya saja, kalian tidak bisa menambahkan stiker baru langsung dari sana. Dengan kata lain, untuk menambahkan stiker baru diwajibkan via HP.

Cara Menambahkan Stiker WA Baru

Menambahkan stiker WA baru di sini maksudnya adalah menambahkan stiker yang sudah dibuat dan dishare oleh orang lain (allow search di langkah nomor 8 dihidupkan) ke WA kita.

Caranya cukup mudah. Begini …

  1. Buka aplikasi Sticker.ly.
  2. Masuk ke tab sticker.
  3. Pilih atau search berdasarkan keyword yang kalian pikirkan (misal: BTS).
  4. Tap sticker packnya, lalu tap tombol add.

Tips Agar Stiker WA Rapi

Seperti yang kalian lihat di atas, menghapus background menggunakan fitur bawaan aplikasi tersebut (dan aplikasi sejenis apapun) hasilnya pasti akan sedikit mengecewakan alias potongan tidak rapi; alias–kalau bahasa sundanya– rametek.

Pertanyaannya, bagaimana agar stiker WA kita rapi? Jawabannya: edit dulu foto atau gambar calon stiker dengan Photoshop. Caranya bisa kalian lihat di sini: cara menghapus background foto mudah dan cepat.

Trik WhatsApp Lainnya


Demikianlah seperti itu. Cara-cara di atas tentu sudah kami coba dan work 100% tanpa kendala apapun. Namun, jika kalian menemukan kendala atau sekadar ingin bertanya, monggo tuliskan saja di kolom komentar. Siapa tahu kami bisa jawab.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.