Cara Save Voice Note WhatsApp: Simpan Pesan Suara jadi MP3

Cara Save Voice Note WhatsApp – Bisakah voice note WhatsApp disimpan ke galeri? Bisakah voice note WhatsApp yang formatnya .opus disimpan dengan format .mp3? Apakah bisa mengubah format file audio secara manual dengan mengganti namanya saja? Temukan jawabannya di bawah! Berikut adalah daftar isinya:


WhatsApp adalah aplikasi pesan instan populer yang paling banyak diinstall dan didownload di seluruh dunia. Banyak yang memanfaatkan aplikasi ini untuk kegiatan personal, komunitas, ataupun pekerjaan.

Seperti yang kita ketahui, yang namanya aplikasi pesan instan pasti memiliki fungsi utama untuk berkomunikasi. Di WhatsApp sendiri, selain pesan teks tentunya, ada juga fitur video call dan voice note yang bisa kita maksimalkan dalam kegiatan komunikasi tersebut.

Kami sendiri, dalam menggunakan WhatsApp sepertinya lebih sering pake voice note ketimbang pakai teks. Menghemat lebih banyak waktu. Cukup buka fiturnya, ngomong, lalu kirim. Selesai.

Dalam dunia kerja tentu fitur voice note ini sangat membantu. Apalagi ketika atasan memberikan instruksi dadakan yang harus segera ditanggapi.

Nah, pertanyaannya adalah, bisakah voice note tersebut disimpan dalam bentuk mp3?

Ikuti terus tutorial di bawah ini.

Cara Save Voice Note WhatsApp

Ada 3 cara yang bisa kalian lakukan untuk save voice note WA menjadi format .mp3 dan diputar di music player bawaan. Pertama, dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga; kedua, secara manual, dan ketika cara online.

Berikut langkah-langkahnya:

Cara 1 – Save VN WA Offline

Berikut ini adalah cara save voice note WhatsApp menjadi .mp3

Time needed: 3 minutes.

Cara menyimpan voice note (VN) WhatsApp

  1. Install MX Player

    Langkah pertama adalah menginstall aplikasi yang bisa memutar file VN dari WhatsApp; salah satunya MX Player.

    FYI, file VN-nya berformat .opus sehingga tidak bisa diputar dengan music player biasa. Aplikasi ini juga akan memudahkan kalian memilih VN yang akan disave, karena secara default WhatsApp menyimpan file VN dengan nama random.

  2. Install Opus to MP3 Converter

    Langkah kedua adalah menginstall aplikasi lainnya yang berfungsi untuk mengkonversi file .opus menjadi .mp3 agar bisa diputar dengan music player biasa. Tinggal search saja di Play store Opus to MP3 converter.

  3. Dengarkan voice note

    Selanjutnya tentu kalian harus mendownload dan mendengarkan dulu voice note yang orang lain kirimkan ke kalian di aplikasi WhatsApp. Ketika kalian mendengarkan VN tersebut, WhatsApp secara otomatis akan menyimpan filenya di internal memori.

  4. Buka folder WhatsApp

    Buka folder tempat penyimpanan file VN-nya; file manager > internal memori > WhatsApp > media > voice notes.

  5. Cari voice note

    Selanjutnya cari voice note yang ingin kalian simpan sebagai mp3. Caranya, buka file .opus > MX Player. Sebaiknya rename file VN agar tidak tertukar dengan yang lain. Tidak juga tidak apa-apa asalkan ingat.
    membuka file opus dengan mx player

  6. Konversi .opus ke .mp3

    Buka aplikasi Opus to MP3 Converter, lalu izinkan semua permintaan akses yang diminta aplikasi tersebut. Di layar utama tap select files > pilih file .opus > tap tombol convert.
    cara save voice note whatsapp - konversi opus ke mp3 2

Selesai. Kini file .opus kalian sudah berformat .mp3 dan bisa didengarkan dengan aplikasi music player biasa.

Cara 2 – Save VN WA Online

Kalian juga bisa menyimpan VN WhatsApp via web apps. Ada banyak situs yang bisa kalian pakai untuk mengkonversi .opus menjadi .mp3 secara online. Di antaranya:

  • aconvert.com
  • convertio.co
  • onlineconvertfree.com
  • dll.

Setelah mencoba satu-persatu, kami rasa semua situs yang menyediakan layanan konversi file .opus ke .mp3 mempunyai alur kerja yang sama. Kalian cukup buka salah satu situs tersebut, upload file .opus-nya, kemudian tunggu proses konversi selesai, setelah itu download, deh, file .mp3nya.

Cara 3 – Manual dengan Rename

Ternyata, setelah dieksplor lagi, ada cara save VN WhatsApp ke dalam format .mp3 yang lebih singkat. Hanya saja, cara singkat ini akan berubah menjadi cara yang sangat ribet jika jumlah voice note di file manager kalian sangat banyak.

Kenapa? Karena kalian harus mencari satu persatu VN yang tepat.

Bagaimana caranya? Begini …

  1. Buka file manager > WhatsApp > media > WhatsApp voice notes.
  2. Ubah format file .opus menjadi .mp3 secara manual dengan melaukan rename.
  3. Putar file tersebut dengan music player biasa.

Selesai. Kini voice note WhatsAppnya sudah tersimpan dalam bentuk .mp3. Tidak perlu aplikasi tambahan seperti MX Player. Hanya saja, kalian harus ubah satu persatu file menjadi .mp3, kemudian diputar masing-masingnya untuk menemukan voice note yang kalian maksud.

Tutorial Video

Berikut ini adalah tutorial dalam bentuk video untuk memudahkan kalian dalam mengikuti langkah-langkah yang ada di artikel ini.

subscribe di sini.

FAQ – Pertanyaan tentang Save Voice Note WhatsApp

Apakah bisa menyimpan voice note WA?

Bisa dong.

Bagaimana cara menyimpan voice note WA?

Sedikitnya ada 3 cara yang bisa kalian lakukan untuk menyimpan voice note WA menjadi MP3. Pertama, menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama OPUS to MP3 Converter. Kedua, dengan mengubah file .opus menjadi .mp3 secara manual (tinggal rename saja). Ketiga, dengan tools online yang bisa kalian cek di sini.

Aplikasi apa yang bisa membuka file .opus?

Salah satu aplikasi yang bisa membuka file .opus adalah MX Player. Kalian bisa download dari Play Store atau App Store secara gratis.

Di mana letak file voice note WhatsApp?

Biasanya ada di internal memori > WhatsApp > media > WhatsApp voice notes.

Bagaimana cara menyimpan voice note di WhatsApp web dan WhatsApp laptop?

Salah satu triknya adalah dengan merekam voice note tersebut menggunakan software yang bisa merekam internal audio seperti Audacity.


Semua trik WhatsApp bisa kalian baca di sini.

Apa Manfaat Menyimpan VN?

Banyak, lho, manfaat yang bisa kalian rasakan dari menyimpan VN WA dalam bentuk .mp3. Di antaranya:

  • Lebih aman. Dalam dunia kerja, kadang-kadang ada instruksi dari atasan yang disampaikan via VN. Nah, dengan menyimpan voice note tersebut, kalian tidak perlu khawatir WA tiba-tiba error dan VN-nya hilang.
  • Bisa diputar di semua aplikasi pemutar audio, karena .mp3 merupakan format audio umum yang banyak digunakan.
  • Bisa diputar di semua media seperti laptop, PC, bahkan di HP jadulpun bisa.

Demikian. Seperti itulah cara save voice note WhatsApp menjadi mp3. Cara di atas tentu sudah kami coba terlebih dahulu dan WORK 100%. Namun, apabila kalian menemukan masalah setelah mengikuti langkah-langkah di atas, monggo dikomen saja.

Oh ya, kunjungi dan subcribe juga ke channel youtube gawaiso untuk tutorial berbasis video. Terima kasih.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.