Cara Masuk Safe Mode Windows 10 via Msconfig, CMD, dan Settings

Cara Masuk Safe Mode Windows 10 – Bagaimana cara masuk ke safe mode di Windows 10? Kenapa fungsi F8 saat booting tidak berjalan di Windows 10? Apa fungsi safe mode Windows? Temukan semua jawabannya di sini. Sila gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian tuju. Tks.


Semahal apapun perangkat PC atau laptop yang kalian gunakan, suatu waktu pasti akan mendapatkan masalah. Entah itu dari sisi hardware ataupun software.

Yang jelas ketika masalah itu muncul, bagi kalian pengguna sistem operasi Windows, bisa memanfaatkan safe mode untuk troubleshooting agar tidak merusak sistem utamanya.

Pertanyaanya, apa itu safe mode Windows?

Safe mode merupakan salah satu fitur dalam sistem operasi Windows, yang sering digunakan untuk melakukan troubleshoot atau cek sistem ketika terjadi masalah. Baik itu karena virus, malware, spyware, atau masalah yang timbul karena kalian menginstall software bajakan.

Baca: antivirus terbaik untuk scan malware

Dalam safe mode, Windows hanya akan me-load driver dan program penting saja sehingga software ataupun program-program bermasalah tidak akan berjalan di mode ini.

Dengan begitu proses troubleshooting bisa berjalan dengan cepat karena sumber masalah bisa dengan mudah ditemukan.

Nah, di Windows versi sebelumnya, untuk masuk ke safe mode bisa memakai tombol F8 pada saat proses booting. Tapi di Windows 10 fitur tersebut ‘dihilangkan’ sehingga untuk masuk ke safe mode harus menggunakan cara lain.

Cara Masuk Safe Mode di Windows 10

Gawaiso akan menuliskan sedikitnya 3 cara yang bisa kalian gunakan untuk masuk ke safe mode di Windows 10; melalui system configuration, via CMD (untuk mengaktifkan fitur F8), dan via Advanced Startup settings.

Cara 1: System Configuration

Cara pertama yang bisa kalian gunakan untuk masuk ke safe mode di Windows 10 adalah dengan menggunakan system configuration ‘msconfig’. Langkah-langkahnya cukup mudah, begini …

  1. Klik Start, lalu ketik msconfig atau system configuration. Enter.
  2. Setelah muncul jendela System Configuration, masuk ke tab Boot.
  3. Di bagian Boot options, ceklis Safe boot dan pilih opsi sesuai dengan kebutuhan.
    • Minimal: Windows menjalankan safe mode dengan me-load program dan driver yang penting saja dalam tampilan standar (ada UI-nya) tapi tidak bisa terkoneksi ke jaringan;
    • Alternate shell: Windows menjalankan safe mode tanpa tampilan UI. Artinya hanya ‘dunia hitam’ CMD saja yang muncul. Butuh pemahaman lebih tentang perintah-perintah CMD;
    • Active Directory Repair: Windows menjalankan safe mode dengan GUI standar, program-program penting, dan Active Directory;
    • Network: Windows menjalankan safe mode dengan GUI dengan tambahan driver dan/atau services jaringan yang dihidupkan.
  4. Klik tombol Apply, lalu OK.
  5. Silakan restart PC atau laptop kalian. Setelah PC menyala, Windows 10 akan langsung masuk ke safe mode.
  6. Untuk mematikan safe mode dan kembali ke Windows 10 default, silakan tekan Winkey + R, ketik msconfig, lalu hilangkan centang di Safe boot.

Cara 2: Command Prompt (CMD)

Cara kedua adalah dengan CMD atau command prompt. Cara ini sebetulnya tidak secara langsung membuat Windows 10 masuk ke dalam safe mode, melainkan berfungsi untuk mengaktifkan opsi safe mode saat booting Windows 10 menggunakan tombol F8 yang secara default dinonaktifkan.

Berikut adalah cara mengaktifkan opsi safe mode menggunakan F8 di Windows 10:

  1. Klik Start, lalu ketik CMD. Enter.
  2. Setelah ‘dunia hitam’ muncul, ketik bcdedit /set {default} botmenupolicy legacy. Enter.
  3. Silakan restart PC atau laptop kalian. Ketika PC mulai hidup kembali, tekan F8 untuk masuk ke safe mode.
  4. Untuk menonaktifkan opsi safe mode menggunakan F8, silakan buka kembali CMD lalu ketik bcdedit /set {default} botmenupolicy standard.

Cara 3: Advanced Startup Settings

Cara ketiga untuk masuk ke safe mode Windows 10 adalah dengan memanfaatkan menu Recovery – Advanced startup di settings. Cara ini terbilang mudah sekali dipraktikkan, jadi silakan dicoba saja. Begini …

  1. Klik Start > Settings > Update & Security > Recovery.
  2. Scoll ke bawah sampai ketemu bagian Advanced startup.
  3. Klik tombol Restart now.

Setelah tombol tersebut diklik, perangkat kalian akan melakukan restart. Setelah hidup kembali, kalian akan masuk ke recovery mode; akan muncul pilihan booting yakni Continue, Troubleshoot, dan Turn off your PC.

Karena kalian ingin masuk ke safe mode, silakan pilih Troubleshoot > Advanced Options. Kemudian silakan pilih Startup Settings dan restart kembali PC atau laptop kalian. Nah, di sini kalian akan disuguhkan boot options yang berbeda. Pilih Safe mode.


FAQ – Pertanyaan

Bagaimana cara masuk ke safe mode di Windows 10?

Caranya tekan Winkey + R, lalu ketik msconfig. Setelah muncul jendela System Configuration, centang kotak Safe boot, lalu pilih salah satu dari empat opsi yang tersedia. Klik Apply lalu OK. Silakan restart PC atau laptop kalian, secara otomatis Windows 10 akan masuk ke safe mode.

Bagaimana caranya keluar dari safe mode Windows 10?

Caranya hampir sama, yakni membuka System Configuration, lalu hilangkan centang di opsi Safe boot.

Apa itu safe mode Windows 10?

Safe boot Windows 10 adalah sebuah fitur yang membuat Windows, ketika dihidupkan, hanya me-load driver dan program-program penting saja. Hal ini membuat kalian lebih mudah mendeteksi masalah pada PC atau laptop kalian yang disebabkan karena software ‘jahat’.

Apakah setiap versi Windows ada fitur safe mode?

Ada. Dari Windows terdahulu sampai versi Windows 10 yang terbaru memiliki fitur safe mode.


Akhir Kata

Demikian. Itulah sedikitnya tiga cara yang bisa kalian gunakan untuk masuk ke safe mode di Windows 10. Jika kami ditanya cara mana yang direkomendasikan, kami akan menjawab cara yang pertama. Kenapa? Karena, menurut kami, lebih mudah untuk masuk dan keluar dari safe mode ketimbang cara yang lainnya.

Akhir kata, masalah yang muncul di PC atau laptop kalian, seringkali karena malware atau virus dari software bajakan yang kalian ‘paksa’ install dengan mematikan Windows Defender, yang jelas-jelas memproteksi perangkat kalian (meskipun sering menjengkelkan).

Jadi saran kami, aktifkan saja Windows defendernya atau paling tidak jangan matikan update Windows 10, karena biasanya update-an tersebut untuk memperkuat keamanan dan kestabilan sistem operasi.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.