Aplikasi VPN Terbaik: Cepat, Aman, dan Anti Blokir

Aplikasi VPN Terbaik – Apa aplikasi VPN yang bisa membuka blokir hampir semua situs? Apa saja fitur VPN? Bagaimana cara VPN bekerja? Apa saja manfaat VPN? Apakah VPN gratis? Temukan semua jawabannya di sini. Silakan gunakan daftar isi di bawah untuk langsung menuju topik yang kalian inginkan. Tks.


VPN atau Virtual Private Network, adalah sebuah teknologi yang menyediakan jalur koneksi aman (secure) dan pribadi (private) untuk mengakses suatu website atau server dengan menyembunyikan pertukaran data yang terjadi di jalur tersebut.

Singkatnya, dengan VPN kalian bisa mengkoneksikan perangkat seperti smartphone, PC, atau laptop ke sebuah server–selanjutnya disebut VPN server- di suatu tempat yang punya akses bebas pada semua website.

Maka tidak mengherankan kalau kalian memakai VPN, website-website yang lazimnya diblokir oleh Menkominfo, bisa tetap diakses dengan mudah.

Kalian juga bisa menggunakan VPN untuk bermain game yang belum rilis secara resmi, sementara beta testingnya sedang berjalan di suatu negara.

Aplikasi VPN Terbaik

Kami akan langsung menuju topik utama; aplikasi VPN terbaik. Untuk informasi lebih lanjut tentang VPN, silakan scroll saja ke bawah. Kami tuliskan akhir bahasan.

1. Touch VPN

VPN yang pertama adalah Touch VPN. Kalau kalian pengguna Google Chrome di PC atau laptop, pasti sering menemukan plugin/ekstensi ini ketika mencari VPN di Chrome Webstore.

Nah, kabar baiknya, ternyata Touch VPN punya versi aplikasi yang bisa diinstall di smartphone kalian. Silakan cari di playstore. Gratis.

Kelebihan dari Touch VPN adalah, pilihan servernya yang cukup banyak dengan kecepatan di atas rata-rata VPN gratisan.

2. Turbo VPN

Aplikasi VPN terbaik yang kedua adalah VPN. Di playstore, Turbo VPN-lah yang paling banyak didownload dan direview.

Aplikasi ini setidaknya sudah didownload sebanyak 100 juta kali, dengan rating 4,5/5 dari 4 juta pe-review. WOW!

Ini membuktikan kalau Turbo VPN telah memanjakan banyak user dengan pelayanan dan teknologinya yang sangat baik.

3. Super VPN

Ketiga ada Super VPN. Aplikasi yang dikembangkan oleh SuperSoftTech ini sudah didownload sebanyak 100 juta kali oleh pengguna Android dan memiliki rating 4,7/5 dari 1 juta pe-review.

Di playsore, Super VPN menjadi saingan Turbo VPN, sebagai aplikasi VPN yang paling banyak didownload. Ini artinya, Super VPN sangat direkomendasikan oleh banyak usernya, karena kemudahan dalam penggunaan dan kecepatan transfer data yang cenderung cepat.

4. Free VPN

Aplikasi VPN terbaik berikutnya adalah Free VPN yang dikembangkan oleh ALL Connected.

Sama seperti aplikasi-aplikasi VPN yang ada, Free VPN juga menyediakan banyak server dari berbagai negara yang bisa kalian akses secara gratis.

Selain itu, Free VPN mempunyai fitur faster server yang bisa memilih secara otomatis, server di negara mana yang paling cepat transfer datanya berdasarkan lokasi asli kalian.

5. Hotspot Shield

Berikutnya ada Hotspot Shield. Nama lengkap aplikasi ini adalah Hotspot Shield Free VPN Proxy & Secure VPN.

Dikembangkan oleh AnchorFree GmbH, Hotspot Shield sudah didownload sebanyak 100 juta kali dengan rating 4/5 dari 1,8 juta pe-review.

Aplikasi ini menyediakan banyak server VPN di berbagai negara secara gratis dengan penggunaan yang sangat mudah. Soal kecepatan jangan ditanya, ya. Coba saja sendiri.

6. Unlimited Free VPN Monster

Di tempat keenam adalah Unlimited Free VPN Monster atau yang sering dikenal dengan Monster VPN.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Innovative Connecting dan telah didownload sebanyak 10 juta kali.

Tentu, Monster VPN juga menyediakan koneksi yang aman dan private dengan kecepatan transfer data yang stabil. Tapi yang lebih menarik adalah UI-nya. Dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi sejenis, Monster VPN berani tampil beda dengan karakter monster yang berperan sebagai tombol untuk menghubungkan jaringan.

7. 1.1.1.1: Faster & Safer Internet

Kalau kalian blogger, pasti sudah tidak asing dengan Cloudflare. Ya, Cloudflare yang itu; yang menyediakan sertifikat SSL gratis untuk website agar bisa diakses dalam protokol https.

Nah, ternyata Cloudflare punya aplikasi VPN yang bisa kalian download secara gratis di playstore.

Kami belum pernah coba, sih, tapi aplikasi ini punya rating 4,3/5 yang artinya 1.1.1.1 sangat patut untuk dicoba.

Catatan: untuk daftar VPN terbaik, kami batasi jadi 7 poin saja, karena kami rasa semua yang sudah tertulis di atas merupakan yang terbaik berdasarkan pengalaman kami dan juga berdasarkan rating yang aplikasi-aplikasi tersebut dapatkan.

Cara Kerja VPN

Bagaimana, sih, cara kerja VPN? Secara sederhana begini …

cara kerja vpn
cara kerja vpn

Gambar di atas menunjukkan bagaimana VPN bekerja. Dalam koneksi normal (tanpa VPN), hacker, pemerintah, dan orang-orang keminter bisa memindai pertukaran data yang terjadi antara kalian dengan internet; mereka bisa membaca situs apa saja yang akan kalian akses dan merekam semua aktivitas kalian di internet.

Namun ketika kalian memakai VPN, maka kalian membuat semacam jalur pribadi yang tidak diketahui oleh orang lain, sehingga hampir bisa dipastikan tidak ada yang bisa membaca aktivitas kailan di internet. Termasuk pemerintah.

Jadi alurnya, pas VPN diaktifkan, aplikasi VPN akan mengenkripsi data yang akan kalian kirimkan ke ISP, misal IndiHome. Setelah itu IndiHome akan menghubungkan kalian dengan VPN server di suatu tempat.

Nah, VPN server bertindak sebagai perangkat pihak ketiga anonim, yang menghubungkan kalian dengan situs atau layanan online yang pada awalnya diblokir. Begitu.


FAQ Aplikasi VPN Terbaik

Apa aplikasi VPN Terbaik?

Menurut kami, Touch VPN dan Turbo VPN adalah salah dua yang terbaik. Selain ringan dan mudah digunakan, pilihan server yang ada juga cukup banyak, sehingga kalian bisa berganti-ganti server ketika merasa koneksi sedang lambat.

Bagaimana cara kerja VPN?

Sederhananya VPN bekerja dengan membuatkan kalian jalur pribadi untuk mengakses internet. Di jalur pribadi tersebut, kalian akan aman dari pantauan orang lain sehingga data-data kalian cenderung aman.

Apa saja fungsi VPN?

Fungsi VPN yang paling utama adalah mengenkripsi data dan bypass, yakni melewati pemblokiran sehingga situs-situs yang sebelumnya tidak bisa diakses karena pembatasan, bisa diakses dengan bebas.

Apakah VPN aman?

Tergantung VPN apa yang kalian pakai. Kalau kalian memakai VPN yang dibuat oleh hacker ya … jatuhnya malah tidak aman. Karena mungkin saja mereka menyimpan kode berbahaya yang bisa mengakses data-data pribadi kalian. Tapi, insya Allah dari 7 daftar yang kami tulis di atas, semuanya aman.


Demikian. Itulah aplikasi VPN terbaik yang pernah kami coba dan mendapatkan review positif dari usernya. Silakan coba saja satu persatu, karena kadang-kadang–saking banyaknya yang akses- VPN yang hari ini sangat cepat bisa jadi besoknya melambat. He he.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.