Cara Memperpanjang Masa Aktif Telkomsel dengan Mudah dan LEGAL

Cara Memperpanjang Masa Aktif Telkomsel – Bagaimana cara agar masa aktif kartu Telkomsel bertambah? Apakah dengan membeli kuota akan ada tambahan masa aktif? Apakah kartu Telkomsel yang terlanjur hangus bisa dikembalikan? Temukan semua jawabannya di sini. Berikut daftar isinya:


Telkomsel adalah provider yang paling sering disebut-sebut sebagai yang terbaik di Indonesia. Alasannya karena jaringannya sampai ke pelosok-pelosok dan kecepatan internetnya yang lebih baik dibandingkan dengan provider lainnya.

Ya … meskipun harga paket internetnya lebih mahal, sih. Tapi seperti yang dikatakan salah satu brand mie: harga nambah dikit, kualitas nambah banyak. Usernya tidak terlalu mempermasalahkan.

Terlepas dari stempel yang menempel pada Telkomsel, ianya tetaplah provider yang mempunyai masa aktif. Artinya, layanan Telkomsel hanya bisa dipakai ketika kartunya masih dalam masa aktif alias belum hangus.

Apa yang akan terjadi jika kartu Telkomsel hangus? Sederhananya kalian akan kehilangan semua tentang kartu tersebut. Mulai dari Telkomsel poin sampai ke nomor.

Belum lagi kalau nomor tersebut tertaut ke WhatsApp, Facebook, atau sosmed lainnya. Masalahnya akan semakin ribet karena pasti di antara kalian ada yang memakai nomor tersebut sebagai media verifikasi OTP atau two factor authentication.

Buktinya banyak, kok, yang mengalami masalah login FB karena tidak menerima kode generator via SMS dikarenakan nomornya hangus.

Maka dari itu, sering-seringlah cek masa aktif kartu kalian agar terhindar dari masalah yang lebih besar. Setelah itu, perpanjanglah masa aktif Telkomsel dengan cara-cara di bawah. Namun sebelum itu, kami akan sediakan informasi mengenai cara cek masa aktifnya terlebih dahulu.

Cara Cek Masa Aktif Kartu Telkomsel

Ada dua cara mudah untuk cek masa aktif kartu Telkomsel kalian; via IMB atau USSD dan via aplikasi MyTelkomsel. Simak uraiannya di bawah:

Cara 1: Cek Masa Aktif via USSD

Berikut adalah cara cek masa aktif Telkomsel dengan USSD:

  • Buka aplikasi Dial, lalu panggil *888#
  • Akan muncul informasi mengenai sisa pulsa dan masa aktifnya.

Cara 2: Cek Masa Aktif via MyTelkomsel

Berikut adalah cara cek masa aktif Telkomsel dengan MyTelkomsel:

  1. Download dan install aplikasi MyTelkomsel di Play Store. Gratis.
  2. Silakan login menggunakan nomor Telkomsel. Ikuti saja instruksinya.
  3. Setelah berhasil login, di layar utama akan muncul beberapa informasi seperti nomor, sisa pulsa, dan masa aktif kartu.

Cara Memperpanjang Masa Aktif Telkomsel

Kami sudah merangkum setidaknya tiga cara yang bisa kalian gunakan untuk memperpanjang masa aktif Telkomsel. Silakan simak uraiannya di bawah:

Cara 1: Mengisi Pulsa

Cara termudah untuk memperpanjang masa aktif kartu Telkomsel adalah dengan membeli pulsa. Pasti. Kalian cukup datang ke konter dan isi pulsa di sana. Bagi yang belum tahu, di bawah ini adalah tabel konversi berapa masa aktif yang didapatkan untuk pengisian pulsa.

Nominal pulsaMasa aktif tambahan
Rp.5.000,-7 hari
Rp.10.000,-15 hari
Rp.15.000,-20 hari
Rp.20.000,-30 hari
Rp.25.000,-30 hari
Rp.50.000,-45 hari
Rp.100.000,-60 hari
Rp.150.000,-120 hari
Rp.200.000,-150 hari
Rp.300.000,-180 hari
Rp.500.000,-240 hari
Rp.1.000.000,-330 hari

Selain konter, kalian juga bisa mengisi pulsa di Indomaret, Alfamart, atau di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. Selengkapnya bisa baca ini:

  • Cara beli pulsa di Indomaret
  • Cara beli pulsa di Alfamart
  • Cara beli pulsa di Shopee
  • Cara beli pulsa di Tokopedia

Cara 2: Membeli Masa Aktif

Ada yang cukup menarik dari Telkomsel. Kalian bisa membeli masa aktif seperti membeli paket internet. Konversinya sama dengan pembelian pulsa di atas. Maksudnya, kalau kalian membeli paket masa aktif 7 hari, misalnya, akan menyedot pulsa kalian sebanyak Rp.5000,-

Memang terdengar sedikit aneh. Beberapa dari kalian pasti berpikir kalau mending beli pulsa saja daripada membeli masa aktif. Toh masa aktif tambahannya sama; nambah pulsa lagi.

Ya … tidak salah berpikir demikian. Cara ini memang dikhususkan bagi mereka yang masa aktifnya sudah jatuh tempo tapi masih memiliki pulsa dalam kartunya. Jadi daripada lama harus ke konter atau proses transfer ke marketplace, mending langsung konversikan saja pulsa sisa ke masa aktif. Lebih gampang.

Berikut adalah cara membeli masa aktif Telkomsel:

  1. Buka aplikasi Dial, lalu ketik *999#
  2. Ketika muncul pilihan paket, pilih Lainnya.
  3. Akan muncul banyak menu. Pilih Layanan lain.
  4. Biasanya di sinilah paket masa aktif berada. Pilih Paket Masa Aktif.
  5. Silakan pilih paketnya. Jika ada konfirmasi, pilih YA.

Setelah kalian mengikut langkah-langkah di atas, silakan tunggu prosesnya. Jika pembelian paket masa aktif berhasil, akan ada SMS pemberitahuan. Monggo dicek masa aktifnya.


FAQ – Pertanyaan

Bagaimana cara cek masa aktif Telkomsel?

Bisa dengan kode *888# atau dengan aplikasi MyTelkomsel

Bagaimana cara memperpanjang masa aktif Telkomsel?

Ada dua cara. Pertama tentu dengan membeli pulsa; kedua dengan membeli paket masa aktif dengan kode *999#

Berapa masa aktif yang didapatkan jika mengisi pulsa Telkomsel Rp.5000?

7 hari. Mengenai berapa masa aktif yang didapatkan ketika mengisi pulsa, silakan baca tabel di artikel ini: cara memperpanjang masa aktif terlkomsel via pulsa.


Akhir Kata

Demikian. Seperti itulah cara cek masa aktif Telkomsel beserta cara memperpanjangnya. Cukup mudah bukan? Saran kami, sekali lagi, sering-seringlah cek masa aktif kartu kalian agar tidak hangus.

Sepemantauan kami (dan pengalaman kami), sekarang ini banyak sekali yang lupa memperpanjang masa aktif kartu mentang-mentang WFH dan punya WiFi di rumah. Terlena dengan hal tersebut, alhasil kalian tidak kunjung membeli pulsa karena ‘tidak butuh’ paket data.

Belajar dari hal tersebut, isilah pulsa walau cuma lima ribu perak.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.