Cara Membuat Channel Telegram Terbaru untuk Kelas, Jualan, & Sharing

Cara Membuat Channel Telegram – Bagaimana cara membuat channel Telegram sendiri? Apakah membuat channel Telegram itu berbayar? Apakah channel Telegram bisa dimanfaatkan untuk jualan? Bagaimana tips agar channel Telegram banyak subscribernya? Temukan semua jawabannya di sini. Sila gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian cari. Tks.


Telegram adalah aplikasi pesan instan berbasis cloud yang menjadi saingan WhatsApp satu-satunya. Bahkan, menurut saya, Telegram mempunyai fitur lebih lengkap dibandingkan dengan WhatsApp.

Salah satu fitur yang menurut saya sangat bagus dan tidak ada di WhatsApp adalah channel. Apa itu? Channel adalah sebuah akun ataupun saluran satu arah yang berisi konten-konten berupa teks, foto, ataupun video.

Hampir mirip dengan channel di Youtube. Hanya saja channel Telegram berjalan satu arah, dalam artian subscriber dari suatu channel tidak bisa membalas ataupun menyukai konten yang ada di channel tersebut.

Ada banyak channel Telegram yang bisa kalian ikuti. Mulai dari channel dengan konten-konten bisnis, internet marketing, sejarah, info loker, dll. Pertanyaannya adalah … bagaimana cara membuat channel Telegram sendiri? Apakah membuat channel di Telegram itu berbayar?

Cara Membuat Channel Telegram

Berikut adalah cara membuat channel Telegram terbaru yang bisa kalian ikuti langkah-langkahnya di bawah:

  1. Buka aplikasi Telegram. Jika belum install, silakan install dulu di Play Store (android) atau App Store (iOS).
  2. Klik ikon pensil di kanan bawah, lalu pilih new channel.
cara membuat channel telegram new channel
  1. Setelah itu klik tombol create channel, beri nama channel-nya, ganti foto channel-nya, dan tambahkan deskripsi channel. Terakhir klik simbol ceklis di kanan atas.
cara bikin channel telegram sendiri
  1. Silakan pilih public channel jika kalian ingin channel yang sedang kalian buat ini ditemukan oleh pengguna lain via Telegram search; atau pilih private channel jika kalian hanya ingin pengguna Telegram yang punya link saja yang bisa join.
create public channel telegram
  1. Jika sudah memilih jenis channel, klik simbol ceklis di kanan atas.
  2. Di tahap selanjutnya, kalian bisa mengundang pengguna Telegram di daftar kontak untuk join ke channel baru kalian. Jika tidak ingin mengundan, skip saja dengan meng-klik tombol panah ke kanan.
  3. Selesai. Kini kalian sudah membuat channel Telegram sendiri.

Gimana, mudah bukan? Langkah-langkah di atas adalah cara membuat channel Telegram terbaru yang lebih simpel dan cepat. Selanjutnya, bagaimana memanfaatkan channel Telegram agar lebih optimal?

Tips Mengoptimalkan Channel Telegram

Untuk mengoptimalkan channel Telegram, kalian harus tentukan dulu channel tersebut ingin kalian isi dengan konten apa? Jualan? Personal Branding? Update fitur aplikasi? Apa? Kalau sudah ditentukan, tinggal kalian buat saja kontennya.

Sekali-kali, ambil saja konten dari Instagram, Pinterest, atau TikTok yang masih satu kategori agar isi channel-nya lebih menarik. Itung-itung upaya menambah subscriber dengan cepat.

Gunakan fitur-fitur yang disediakan untuk channel Telegram, di antaranya:

  • Poll, untuk mengadakan polling agar subscriber memilih sesuatu.
  • File, untuk berbagi file dokumen yang bisa kalian manfaatkan untuk menjaring subscriber dari platform lain (misal kalian post di FB, ‘download PDF internet marketing di channel saya!’).
  • Musik, untuk berbagi audio.
  • Lokasi, untuk berbagi lokasi yang bisa kalian manfaatkan ketika membuat event.

FAQ Cara Membuat Channel Telegram

Bagaimana cara membuat channel Telegram?

Caranya mudah. Kalian tinggal buka aplikasinya, terus klik ikon pensil di kanan bawah. Nah, di sana kalian akan melihat menu new channel. Silakan klik lalu ikuti langkah-langkah selanjutnya.

Apakah membuat channel Telegram harus bayar?

Tidak. Semuanya gratis alias tidak perlu bayar.

Apakah subscriber bisa mengomentari konten di channel?

Tidak bisa. Channel Telegram hanya berjalan satu arah. Hanya admin yang bisa melakukan ‘sesuatu’ di channel tersebut.

Bagaimana memanfaatkan channel Telegram untuk jualan?

Caranya kalian berbagi konten tentang bisnis, lalu sekali-kali postingan produk kalian di sana.


Akhir Kata

Demikian. Itulah tadi cara membuat channel Telegram terbaru yang bisa kalian lakukan langsung di HP atau dengan aplikasi Telegram client di PC atau laptop.

Cara tersebut di atas tentu sudah saya coba sendiri terlebih dahulu sebelum artikel ini dibuat. Hasilnya bisa kalian lihat sendiri di gambar-gambar yang saya tambahkan di atas. Namun, jika ada kendala dalam mengikuti langkah-langkah di atas, monggo komentar saja, ya!

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.