Cara Menghapus Akun Telegram Sementara & Permanen

Cara Menghapus Akun Telegram – Bagaimana cara menghapus akun Telegram permanen? Kalau sementara waktu saja? Apakah menghapus akun Telegram memerlukan kode verifikasi? Bagaimana cara menghapus akun Telegram yang dihack? Temukan semua jawabannya di sini. Sila gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian cari. Tks.


Telegram adalah aplikasi pesan instan populer yang menjadi saingan WhatsApp. Tidak hanya saingan, baru-baru ini bahkan membuat WhatsApp ketar-ketir karena kalah banyak dari fitur-fitur yang ditawarkan Telegram, misalnya anggota grup yang lebih banyak, penyimpanan cloud, channel Telegram, dsb.

Namun, terlepas dari kelebihannya, banyak yang memilih menghapus akun Telegram karena teman atau keluarga mereka kebanyakan tidak memakai Telegram, membuat storage penuh, dan alasan-alasan lainnya.

Jika kalian salah satunya, maka kalian tidak perlu khawatir. Telegram masihlah seperti platform-platform pesan instan lainnya yang memungkinkan penggunanya menghapus akun.

Bahkan, Telegram punya sistem yang cukup unik dalam hal penghapusan akun, yaitu penghapusan akun manual atau otomatis oleh sistem berdasarkan waktu yang kita tentukan. Seperti bom waktu. Menarik? Tentu saja. Caranya? Silakan baca di bawah.

Cara Menghapus Akun Telegram Otomatis

Pertama, saya akan tuliskan langkah-langkah menghapus akun Telegram secara otomatis, lansgsung dari aplikasi Telegramnya. Begini …

  1. Buka aplikasi Telegram lalu masuk ke menu settings.
cara menghapus akun telegram menu setting
  1. Setelah itu, masuk ke menu privacy and security.
cara delete akun telegram menu privacy and security
  1. Scroll ke bagian bawah sampai ketemu menu delete my account.
  2. Di sana akan ada keterangan seperti ini: if you do not come online at least once within this period, your account will be deleted along with all messages and contacts. Artinya, jika kamu tidak online satu kalipun dalam jangka waktu ini, akunmu akan dihapus bersama semua pesan dan kontak.
cara hapus akun telegram otomatis
  1. Setelah paham, tentukan waktu penghapusan akun otomatisnya di bagian if away for. Di sana akan ada pilihan dari 1 bulan sampai 1 tahun.

Setelah kalian menentukan waktu penghapusan akun otomatis, jangan pernah lakukan login ke akun tersebut sekalipun selama jangka waktu yang ditentukan. Kalau sekali saja kalian login, maka hitungan akan direset alias proses penghapusan akun akan dibatalkan.

Cara Menghapus Akun Telegram Manual

Selain penghapusan akun Telegram secara otomatis, kalian juga bisa menghapus akun Telegram secara manual dengan mengirimkan permintaan penghapusan akun ke pihak Telegram secara langsung.

Dengan cara ini kalian tidak perlu menunggu waktu 1 bulan, 3 bulan, bahkan sampai 1 tahun sampai akun Telegram kalian benar-benar terhapus. Begini caranya …

  1. Buka browser di HP atau di PC kalian. Bebas. Bisa Google Chrome, DuckDuckGo, Opera, dll.
  2. Akses halaman penghapusan akun Telegram di sini.
halaman deaktivasi telegram
  1. Silakan input nomor HP yang terdaftar ke kolom yang disediakan. Formatnya pakai kode negara, ya! Misal nomormu 08123456789, maka tuliskan +628123456789. Setelah itu klik tombol next.
  2. Setelah itu sistem akan mengirim kode verifikasi ke akun Telegram atau ke SMS. Silakan dicek.
  3. Input kode verifikasi ke kolom yang sudah disediakan, lalu klik tombol sign in.
login di halaman penghapusan telegram
  1. Kalian akan diminta alasan kenapa ingin menghapus akun. Silakan isi saja asal. Setelah itu klik tombol delete my account.
cara delete akun telegram manual
  1. Jika ada konfirmasi lagi, klik tombol yes, delete my account.
  2. Selesai.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, tunggu beberapa saat sampai akun Telegram kalian terhapus. Cek via HP teman atau keluarga kalian untuk memastikan akunnya hilang.

Cara Menghapus Akun Telegram yang Dihack

Jika akun Telegram kalian dihack dan kalian tidak punya akses untuk masuk ke akun tersebut, maka satu-satunya cara untuk menghapus atau bahkan mengembalikan akun tersebut adalah dengan menghubungi support Telegram. Begini …

  1. Akses halaman support Telegram di sini.
  2. Setelah itu jelaskan masalah kalian dikotak please describe your problem. Misal, ‘my account just got hacked! please deactivate my account!’
cara menghapus akun telegram yang dihack
  1. Input email dan juga nomor HP yang terdaftar, lalu submit.

Setelah kalian melakukan submit ke support, tunggu balasan dari Telegram melalui email.

Catatan Penghapusan Akun Telegram

Ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan ketika menghapus akun Telegram, di antaranya:

  • Pesan teks, foto, video, audio, dan file di akun yang dihapus akan ikut terhapus.
  • Semua kontak yang sudah ditambahkan ke Telegram ikut terhapus.
  • Jika kalian jadi admin channel atau grup, maka hak tersebut akan berpindah ke anggota yang aktif.
  • Username akun tersebut tidak akan bisa dipakai lagi.
  • Setelah proses penghapusan selesai, biasanya kalian tidak akan bisa membuat akun lagi selama beberapa waktu.

FAQ Cara Menghapus Akun Telegram

Bagaimana cara menghapus akun Telegram secara permanen?

Untuk menghapus akun Telegram secara permanen, kalian harus mengakses halaman https://my.telegram.org/auth?to=deactivate, lalu login menggunakan nomor yang terdaftar. Setelahnya ikuti instruksi yang diberikan oleh sistem.

Bagaimana cara menghapus akun Telegram sementara?

Caranya adalah dengan masuk ke pengaturan Telegram, lalu masuk ke menu privasi dan keamanan. Di menu tersebut akan ada bagian penghapusan akun berdasarkan jangka waktu tertentu. Misal kalian memilih 3 bulan. Maka, jika dalam jangka waktu tersebut kalian login kembali, akun kalian tidak jadi dihapus.

Apakah bisa menghapus akun Telegram yang dihack?

Jika akun kalian dihack dan tidak punya akses untuk login dan mengganti password secara manual, maka satu-satunya cara adalah dengan menghubungi support Telegram di halaman ini: https://telegram.org/support. Setelah itu jelaskan masalah kalian, input email dan nomor terdaftar, kemudian submit. Tunggu balasan dari Telegram via email.

Apa yang akan terjadi jika akun Telegram dihapus?

Pesan teks, foto, audio, video, kontak, dan file akan ikut terhapus. Jika kalian admin sebuah channel atau grup, hak tersebut akan dipindahkan ke anggota lain yang aktif.

Apakah bisa menghapus akun Telegram tanpa kode verifikasi?

Bisa. Tetapi kalian tidak bisa memakai cara manual. Paling dengan cara penghapusan otomatis dan juga via support Telegram.


Akhir Kata

Demikian. Itulah tadi cara menghapus akun Telegram sementara (otomatis) dan secara permanen (manual). Cara di atas tentu masih work sampai saat ini. Namun jika kalian menemukan kendala, silakan tulis di kolom komentar ya! Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.