Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark

Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark – Bagaimana cara download video TikTok? Apakah ada cara mendownload video TikTok tanpa watermark? Bagaimana cara download video TikTok yang tidak ada opsi download di aplikasinya? Temukan semua jawabannya di sini. Sila gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian tuju. Tks.


Beberapa waktu ke belakang, saya mengoptimasi akun Instagram dengan niche DIY & Craft. Nah, sebagian besar postingan yang saya sajikan di feed akun tersebut, saya ambil dari TikTok China (Douyin).

FYI, interface Douyin dan TikTok tidak jauh berbeda. Bahkan cara download video dari kedua platform tersebut adalah sama belaka. Hal ini tentu wajar karena memang keduanya berdiri di atas perusahaan yang sama.

Kemudian, jika ada yang bertanya kenapa saya mengambil konten dari TikTok? Alasannya karena konten di TikTok sudah bisa dipastikan berupa video dan durasinya tidak lebih dari 1 menit.

Ajaibnya, dalam waktu 1 menit itu banyak sekali orang yang berhasil membagikan satu tutorial menarik sampai tuntas.

Maka dari itu, jika kalian perhatikan caption di feed akun-akun dengan niche DIY & Craft, biasanya mereka akan mencantumkan sumber postingan dari Douyin.

Kembali ke topik utama, bagaimana cara mendownload video dari TikTok atau Douyin? Simak terus artikel ini, ya!

Jangan ketinggalan: Cara membuat live wallpaper dari video TikTok

Cara Download Video TikTok & Douyin

Ada dua cara yang bisa kalian gunakan untuk mendownload konten-konten dari TikTok ataupun Douyin. Cara yang pertama membiarkan watermark dari content creator-nya tetap tampil di video; dan cara yang kedua adalah dengan menghilangkan watermarknya.

Catatan: sebelum mulai, saya kira kita semua harus sama-sama sepakat kalau sereceh apapun sebuah konten, jika dibuat oleh orang lain, maka sudah kewajiban kita untuk mencantukman creditnya (dan juga watermarknya). Artikel ini berlaku sebagai study case, apabila ada keperluan mendesak yang mengharuskan siapapun untuk mendownload video dari TikTok tanpa watermark.

1. Cara Download Video TikTok Langsung di Aplikasinya [Watermark]

Untuk mendownload video TikTok, sebetulnya kalian bisa memanfaatkan fitur download yang disediakan oleh TikTok itu sendiri. Hanya saja memang, tidak setiap konten yang ada bisa didownload.

Langsung saja ke caranya.

  1. Buka aplikasi TikTok dan pastikan kalian sudah login.
  2. Cari video yang ingin kalian download.
  3. Di sebelah kanan video, klik ikon share > save video.
cara download video tiktok dari aplikasi tiktok
  1. Tunggu proses download selesai.
  2. Cari video tersebut di file manager atau buka dengan galeri.

Dengan cara di atas, kalian sudah mendownload satu video TikTok dengan watermark yang masih tampil, untuk menghargai pembuatnya.

2. Cara Download Video TikTok tanpa Watermark

Sebelum mengikut cara ini, sila baca catatan di atas ya! Karena cara kedua ini memungkinkan kalian untuk mendownload video TikTok tanpa watermark dari pembuatnya.

Bahkan, dengan cara ini kalian bisa mendownload video TikTok yang tidak bisa didownload via aplikasi TikTok itu sendiri, seperti yang sudah kami jelaskan di cara 1.

Langsung saja ke caranya.

  1. Buka aplikasi TikTok, lalu cari video yang ingin kalian download.
  2. Di sebelah kanan video, klik ikon share > copy link.
  3. Buka browser kalian, lalu kunjungi situs ssstik.io.
  4. Di halaman utama situs tersebut, paste-kan link yang sebelumnya sudah kalian copy lalu klik tombol download.
download video tiktok di ssstikio 1
  1. Akan muncul beberapa tombol lagi (biasanya 3 tombol), pilih tombol without watermark.
  2. Tunggu proses download selesai.
  3. Setelah selesai, cek ke galeri atau file manager kalian.

Situs dan Aplikasi Download Video TikTok

Di bagian ini, saya akan list aplikasi dan situs apa saja yang bisa kalian gunakan untuk mendownload video TikTok tanpa watermark, jika kebetulan ssstik.io sedang down alias tidak bisa dipakai.

Aplikasi untuk Download Video TikTok tanpa Watermark

  1. Video Downloader for TikTok – Tmate

Aplikasi pertama ada Tmate yang bisa kalian download secara gratis di Play Store. Klik di sini untuk mendownload aplikasinya.

Cara menggunakan aplikasi Tmate terbilang mudah. Kalian cukup klik tombol share di video yang ingin kalian download, terus klik copy link.

Setelah itu buka aplikasi Tmate dan paste-kan link di kolom yang sudah disediakan. Klik tombol check URL, lalu download.

Ketika artikel ini terbit, Tmate sudah didownload lebih dari 1 juta kali dengan rating 4,8/5 dari 104 ribu pengulas.

  1. Downloader for TikTok

Aplikasi berikutnya ada Downloader for TikTok yang dikembangkan oleh application.development.studio. Namanya mungkin terlalu general. Tapi tahukah kalian kalau aplikasi Downloader for TikTok ini sudah didownload lebih dari 10 juta kali?

Cara penggunaan aplikasi ini tidak jauh berbeda dari aplikasi sebelumnya. Kalian cukup klik tombol share di video TikTok yang ingin kalian download, terus klik copy link.

Kemudian buka aplikasi Downloader for TikTok dan paste-kan linknya di sana. Klik tombol download. Selesai.

  1. Video Downloader for TikTok – No Watermark

Berikutnya ada aplikasi Video Downloader for TikTok – No Watermark yang dikembangkan oleh Alpa Bhanusali. Ketika artikel ini terbit, aplikasi tersebut sudah didownload lebih dari 10 juta kali dengan rating 4,2/5 dari 198 ribu pengulas.

Video Downloader for TikTok – No Watermark ini punya fitur download otomatis, lho! Jika kedua aplikasi di atas mengharuskan kalian untuk membuka aplikasi setelah mengklik copy link, aplikasi ini tidak.

Jika opsi switch on to auto save dalam aplikasi dihidupkan, setiap kalian klik tombol share > copy link, video TikTok otomatis akan terdownload via aplikasi tersebut. Jadi menghemat beberapa proses. Menarik.

Situs untuk Download Video TikTok Online

Berikutnya adalah list situs yang bisa mendownload video TikTok secara online alias tanpa aplikasi. Apa saja? Ini dia …

  1. Snaptik.app

Situs pertama ada snaptik.app yang merupakan saingan dari ssstik.io. Cara penggunaan situs ini sama sebetulnya. Kalian cukup klik tombol share di video TikTok yang ingin didownload, terus klik copy link.

Buka situs snaptik.app lalu pastekan linknya di kolom yang sudah disediakan. Klik tombol download. Selesai.

  1. Tikmate.online

Situs alternatif kedua untuk mendownload video TikTok tanpa watermark, ada tikmate.online. Cara penggunaannya tidak jauh berbeda dari ssstik.io dan snaptik.app; cukup copy link video TikTok, lalu pastekan di kolom yang sudah disediakan.

Klik tombol download dan tunggu video TikToknya tersimpan ke memori HP kalian. Selesai.

  1. en.savefrom.net/download-from-tiktok

Kalau yang sering download video Youtube atau download video Facebook, pasti tidak asing dengan situs en.savefrom.net.

Ya, situs tersebut memang menjadi salah satu pionir dalam hal download mendownload video dari berbagai platform. Dan kini, TikTok masuk menjadi salah satu dari sekian banyak platform yang didukung situs tersebut.

Cara penggunaannya cukup mudah, bahkan cenderung sama dengan dua situs sebelumnya. Cukup klik tombol share > copy link > buka en.savefrom.net > paste link di kolom yang sudah disediakan. Selesai.

Menariknya, situs ini juga mengembangkan sebuah ekstensi untuk Google Chrome, untuk memudahkan kalian mendownload video TikTok langsung dari PC. Silakan dicoba.


FAQ Cara Download Video TikTok tanpa Watermark

Bagaimana cara mendownload video TikTok?

TikTok sudah menyediakan fitur download di aplikasi mereka. Untuk mendownload konten yang ada di TikTok, kalian cukup klik ikon share yang ada di samping kanan video, lalu klik save video. Untuk menghargai pembuatnya, video yang kalian download tersebut akan ada watermark TikTok dan username pembuatnya.

Bagaimana cara download video TikTok tanpa watermark?

Kalian bisa memanfaatkan ssstik.io (web apps) yang bisa kalian buka di browser. Caranya, kalian cari video yang ingin kalian download, kemudian klik ikon share > copy link. Di halaman ssstik.io, paste-kan linknya. Silakan download video dari tombol yang disediakan.

Apakah bisa download konten TikTok yang tidak ada opsi save video-nya?

Bisa. Dengan memanfaatkan ssstik.io tadi, kalian bisa mendownload video TikTok manapun, bahkan yang tidak ada opsi ‘save video’ dalam aplikasinya.

Apakah ada aplikasi di Play Store atau App Store yang bisa mendownload video TikTok?

Ada. Banyak. Beberapa aplikasi tersebut adalah: Tikmate, SaveTik, Tmate, dll. Silakan ketik saja di kolom pencarian Play Store atau App Store ‘tiktok downloader’ nanti akan muncul list aplikasinya. Usakahan install yang ratingnya tinggi, ya!

Selain ssstik.io apakah ada situs alternatif lain?

Ada. Salah satu yang paling terkenal selain ssstik.io adalah snaptik.app. Kemudian ada en.savefrom.net yang sudah lama merajai kategori video downloader.


Akhir Kata

Baca semua tips dan trik untuk memaksimalkan TikTok di sini: mengenal TikTok dari A-Z.

Demikian. Itulah tadi dua cara download video tanpa watermark, yang bisa kalian coba praktikkan sendiri.

Cara tersebut di atas tentu sudah saya coba terlebih dahulu. Bahkan sampai saat ini saya masih mempraktikkan cara di atas untuk keperluan konten repost di salah satu akun yang saya kelola.

Tentu dengan tetap mencantumkan watermark dari pembuatnya sebagai bentuk penghargaan. Karena sereceh-recehnya sebuah konten, tetap ada pemilik dan butuh effort untuk membuatnya.

Terakhir, jangan lupa subscribe channel gawaiso di sini, ya. Terima kasih.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.