Cara Agar Tidak Masuk Grup Telegram Otomatis

GAWAISO.com – Bagaimana cara agar tidak masuk grup Telegram otomatis? Kenapa kita bisa diundang masuk ke grup Telegram otomatis? Apakah gara-gara nomor kita diperjual-belikan? Temukan semua jawabannya di sini.


Kalian pernah merasa jengkel tiba-tiba diundang masuk ke grup Telegram secara otomatis? Sama. Bukan hanya kalian. Tapi banyak orang di luar sana yang juga merasakan jengkel ketika cek notifikasi Telegram, isinya hanya diskusi dari grup yang entah kapan bergabungnya.

Nah, di sini kami punya sedikit tutorial agar akun Telegram kalian tidak bisa diundang masuk ke dalam grup secara otomatis. Simak caranya di bawah.

Baca juga: Cara Menghapus Akun Telegram

Cara Agar Tidak Masuk Grup Telegram Otomatis

  1. Buka aplikasi Telegram, lalu masuk ke pengaturan.
  2. Setelah itu klik menu privacy and security > groups.
telegram-settings
  1. Di bagian ‘who can add me to group chats?‘, silakan pilih my contact.
  2. Jika tidak ingin ditambahkan ke grup Telegram oleh siapapun (termasuk kontak), silakan klik add users pada bagian ‘never allow‘.
cara agar tidak masuk grup telegram otomatis
  1. Pilih semua kontak yang kalian punya, lalu tekan tombol centang biru di kanan bawah.

Selesai. Sekarang nomor Telegram kalian tidak akan bisa dimasukkan ke dalam grup secara otomatis oleh siapapun.

Kenapa Nomor Kita Bisa Dimasukkan Otomatis ke Grup Telegram?

Secara default, Telegram mengizinkan penggunanya untuk menambahkan orang lain ke dalam grup tanpa persetujuan terlebih dahulu (baca FAQ Telegram). Makanya kalian akan sering join ke dalam grup Telegram secara otomatis.

Hal ini sering dimanfaatkan oleh sebagian pengguna yang punya kepentingan seperti jualan produk, jasa, dll.

Pertanyaannya adalah, bagaimana cara orang-orang itu mendapatkan nomor kita? Apakah nomor HP kita diperjual-belikan?

Jawabannya: bisa jadi.

Tapi yang lebih sering adalah karena nomor kalian kena scrape oleh bot yang disetting untuk memasukkan pengguna Telegram ke dalam grup.

Baca juga: Cara Membuat Channel Telegram

Siapa yang menyettingnya? Kita sebut saja ‘pengguna nakal’. Nah, cara pengguna nakal ini mendapatkan nomor kailan, biasanya dari grup-grup publik yang sudah kalian ikuti dengan sadar.

Nomor semua anggota di grup tersebut dikumpulkan, lalu diinput ke bot dan dimasukkan ke grup mereka tanpa persetujuan kita terlebih dahulu.

Singkatnya seperti itu.

Jadi intinya, jika kalian tidak ingin diundang atau ditambahkan otomatis ke grup Telegram oleh orang tidak dikenal, silakan praktikkan tutorial di atas.


FAQ Cara Agar Tidak Masuk Grup Telegram Otomatis

Bagaimana cara agar tidak masuk grup Telegram otomatis?

Caranya masuk ke pengaturan Telegram, lalu klik menu privacy and security. Setelah itu masuk ke menu groups dan pada bagian ‘who can add me to group chats?‘ pilih my contact.

Kenapa nomor kita bisa masuk ke grup Telegram tanpa persetujuan?

Secara default, Telegram memang mengizinkan penggunanya untuk menambahkan orang lain ke dalam grup mereka tanpa persetujuan terlebih dahulu.


Akhir Kata

Demikian. Itulah tadi cara agar tidak masuk grup Telegram otomatis. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian bisa mencegah orang tidak dikenal menambahkan nomor kalian ke grup Telegram tanpa izin.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.