Cara Membuat Barcode WhatsApp Sendiri: Scan Barcode Langsung ke Chat

cara membuat barcode whatsapp featured

Cara Membuat Barcode WhatsApp – Bagaimana sih caranya membuat barcode WhatsApp sendiri? Barcode yang sering ditampilkan di poster-poster event; yang ketika kita scan langsung menuju chat ke panitia; yang semacam itu? Gampang. Ikuti tutorial di bawah ini.



Barcode WhatsApp yang kami maksud di artikel ini, bukan barcode yang biasa kalian temui ketika akan login ke WhatsApp web. Ini beda.

Barcode yang akan kami jelaskan, adalah barcode custom yang biasanya digunakan oleh para pembuat event atau seminar, untuk memudahkan proses pendaftaran.

Jadi, orang yang merasa tertarik pada event tersebut hanya perlu melakukan scanning barcode yang ada di poster, lalu secara otomatis akan terhubung dengan WA panitia.

Contohnya seperti ini …

ngambil gambar random dari google

Ketika kalian scan barcode di poster itu, secara otomatis kalian akan terhubung dengan panitia pendaftaran.

Selain untuk pendaftaran, fungsi barcode WhatsApp ini bisa bermacam-macam. Terserah kalian mau dipakai buat apa. Entah itu diskon toko online, atau disematkan di kartu nama kalian juga bisa.

Nah, sekarang langsung ke caranya saja yuk!

Persiapan: membuat link WA

Hal pertama yang harus kalian persiapkan adalah link WhatsApp yang ketika diklik, langsung menuju chat. Cara membuatnya sangat sederhana dan mudah.

Begini …

  1. Copy https://wa.me/nomormu.
  2. ganti ‘nomormu’ dengan nomor yang akan kalian gunakan untuk link WA, dan ganti awalannya dengan kode negara. Misal 081123456789 jadi 6281123456789. Jadi link akhirnya adalah https://wa.me/6281123456789.
  3. Selesai.

Hasilnya, ketika orang lain mengklik atau membuka link tersebut, secara otomatis mereka akan diarahkan untuk membuka aplikasi WhatsApp dalam tampilan chat ke nomor di atas.

Namun cara membuat link di atas masih sangat default. Artinya tidak ada pesan atau form isian otomatis yang ikut tampil ketika link itu dibuka.

Nah, kami punya trik untuk mengakalinya. Jadi, ketika calon pendaftar membuka link, mereka langsung dihadapkan dengan form isian nama, alamat, no HP, dll. seperti ini …

cara buat link whatsapp - chat langsung dengan kata-kata custom

Caranya bisa kalian baca di sini: cara membuat link WhatsApp dengan kata-kata sendiri.

Membuat Barcode WhatsApp: Mengubah Link jadi Barcode

Setelah kalian mempunyai link WhatsApp, saatnya ke tutorial utama, yaitu membuat barcode WhatsApp yang nyambung langsung ke nomor kalian.

Time needed: 5 minutes.

Cara membuat barcode WhatsApp

  1. Install aplikasi barcode generator

    Tahap pertama adalah download dan install barcode generator di playstore. Kalian bisa klik di sini.

  2. Buka aplikasi barcode generator

    Setelah selesai download dan install, buka aplikasi tersebut.

  3. Add QR code

    Untuk menambahkan barcode baru, di kanan bawah tap tanda plus (+) > add code > QR Code > URL.
    cara membuat barcode whatsapp - url qr code

  4. Input link WhatsApp

    Copy-paste link WA yang sudah kalian buat ke kolom yang sudah disediakan. Isi juga code description dan labels sebagai nama, kalau-kalau nanti kalian buat barcode dari banyak link.

  5. Ekspor barcode

    Tap tanda centang di kanan atas. Secara otomatis aplikasi tersebut akan menampilkan barcode untuk link WhatsApp yang sudah kalian buat sebelumnya. Di kanan atas tap ikon SD card untuk menyimpan barcode tersebut dalam bentuk gambar. Kemudian tap export.
    cara membuat barcode whatsapp - export barcode

  6. Selesai

    Kini link WhatsApp yang kalian buat tadi sudah berubah menjadi barcode yang siap ditempelkan kapan saja pada sebuah poster, kartu nama, undangan, dll.

Cara Scan Barcode WhatsApp

Selanjutnya adalah tahap checking. Kalian perlu mengecek apakah barcode tersebut ketika discan akan membuka URL yang sesuai, atau malah nyasar?

Untuk melakukan pengecekan kalian bisa gunakan dua cara:

  • Pinjam HP orang lain;
  • Pakai aplikasi.

Untuk cara yang pertama kami kira sudah jelas ya. Kalian tinggal pinjam HP teman atau orang tua kalian, terus scan barcode WA tersebut dengan aplikasi barcode scanner.

Cara kedua bisa pakai aplikasi QR & Barcode Scanner (dev. Gamma Play). Caranya …

  1. Download dan install QR & Barcode Scanner di playstore. Atau klik di sini.
  2. Buka aplikasinya. Izinkan semua akses yang dibutuhkan.
  3. Di kiri atas, tap tanda strip tiga > scan image.
  4. Pilih gambar QR code yang sudah kalian buat sebelumnya.
  5. Secara otomatis aplikasi akan melakukan scanning dan membuka hasilnya.
  6. Selesai.

Yang Sering Ditanyakan tentang Membuat Barcode WhatsApp

Apakah barcode WhatsApp akan aktif selamanya?

Selama orang punya barcodenya, maka itu akan aktif.

Apa keuntungan menggunakan barcode WhatsApp?

Dalam beberapa kasus seperti pendaftaran event, menggunakan barcode untuk pendaftaran bisa lebih menghemat waktu, lebih praktis, dan lebih terlihat profesional.


Trik WhatsApp Lainnya

Demikian. Seperti itulah cara membuat barcode WhatsApp yang bisa memudahkan kalian untuk ‘menjaring orang’. Selain karena praktis, kalian juga akan terlihat lebih profesional ketika menyematkan barcode di poster atau kartu nama.

Oh ya, kami greget dari tadi. Sebetulnya itu bukan barcode, melainkan QR code. Tapi berdasarkan data google, banyak orang nyari tutorial ini dengan keyword barcode bukan QR code, jadi ya terpaksa kami ngikut. He he.

Give a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.