Cara Membuat QR Code dengan Logo: Gambar di Tengah Barcode

Cara Membuat QR Code dengan Logo – Bagaimana cara membuat QR code dengan logo di tengahnya? Apakah membuat QR code yang ada logonya bisa dibuat secara manual? Apakah aplikasi QR scanner lebih sulit memindari QR code yang ada logonya dibandingkan yang tidak? Temukan semua jawabannya di sini. Sila gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian tuju. Tks.


Sebelumnya saya pernah menulis artikel cara membuat barcode atau QR code untuk link WA. Tapi QR code yang digenerate dari aplikasi yang disebutkan di artikel tersebut adalah QR code biasa tanpa gambar.

Sedikit cerita, saat ini saya sedang merintis bisnis jasa pembuatan undangan pernikahan digital berupa website, video, dan gambar. Dari semua klien yang order jasanya, ternyata sebagian besar meminta agar lokasi acara (link google maps), ditampilkan dalam bentuk QR code.

Di awal-awal, saya kasih mereka dengan QR code biasa tanpa logo. Dan semuanya berjalan sebagaimana mestinya. Tidak ada error apapun.

Namun, sebagaimana pemilik bisnis yang lain, saya ingin brand yang saya rintis naik level walau sedikit. Kemudian saya mencari cara, kira-kira apa yang bisa diubah dalam produk yang diberikan ke client, tapi tidak membutuhkan effort lebih dalam membuatnya.

Singkat cerita, saya teringat dengan QR code Line yang di tengah-tengahnya ada logo. Lantas saya pun langsung mencari cara … gimana sih agar QR code yang kita buat ada logo di tengah-tengahnya?

Kemudian sebagai dokumentasi, jadilah artikel singkat ini. Nah, jika kalian juga sedang mencari caranya, sila baca artikel ini sampai tuntas. Caranya mudah, kok.

Cara Membuat QR Code dengan Logo di Tengahnya

Sebelum mulai, tutorial di bawah ini tidak terbatas untuk mengubah link Google Maps menjadi QR code saja, ya. Melainkan link apapun, bisa kalian ubah menjadi QR code dengan logo di tengahnya.

  1. Siapkan logo brand, perusahaan, komunitas, event, atau gambar apapun yang ingin kalian simpan di tengah-tengah QR code.
  2. Siapkan juga link tujuan; bisa link google maps, website, link WA, ataupun link lainnya. Bebas.
  3. Buka situs qrcode-monkey.com
  4. Di halaman utama, silakan kalian isi data seperti yang diminta; URL.
Cara Membuat QR Code dengan Logo: Gambar di Tengah Barcode
  1. Pada bagian set colors, kalian bisa menentukan warna QR codenya. Jadi tidak melulu harus hitam-putih, ya. Silakan sesuaikan dengan keinginan masing-masing saja.
cara mengubah warna qr code
  1. Nah, pada bagian add logo image, upload logo yang sudah kalian persiapkan sebelumnya.
cara agar qr code ada logonya
  1. Di bagian customize design, kalian bisa mengubah style dari QR code yang nantinya akan digenerate. Silakan dicoba saja sampai ketemu style yang pas dengan keinginan kalian.
cara mengubah style qr code
  1. Terakhir, lihat previewnya di samping kanan dengan mengklik tombol create QR code.
  2. Jika tampilan logo dan QR codenya sudah berpadu sempurna, kalian bisa langsung download dengan mengklik tombol download PNG.
download qr code
  1. Selesai. Sekarang QR code tersebut bisa bebas kalian tempelkan di poster, feed IG, menu restoran, dll.

Untuk memudahkan kalian mengikuti langkah-langkah di atas, saya sudah buatkan video di bawah:

Gawaiso Channel

Tips Membuat QR Code

Selama saya membuat QR code, satu-satunya kendala yang sering saya temui adalah sulitnya aplikasi scanner memindai QR code yang polanya terlalu rumit.

FYI, kerumitan pola QR code itu ditentukan dari jumlah karakter yang terkandung di dalamnya. https://berjodoh.id/promoundanganpernikahandigitalonline akan lebih rumit polanya bila dibandingkan dengan https://berjodoh.id.

Maka dari itu, saya sarankan kalian menggunakan web apps pemendek URL seperti bit.ly agar pola QR codenya bisa lebih sederhana.


Bagaimana cara membuat QR code dengan logo di tengahnya?

Caranya bisa menggunakan web apps bernama qrcode-monkey.com: siapkan URLnya dan juga logonya. Tinggal upload ke situs tersebut, lalu generate QR codenya.

Apakah bisa membuat QR code dengan logo secara manual?

Bisa, sih, sebetulnya. Tapi seringkali yang dibuat secara manual mengalami error ketika QR code tersebut di-scan. Jadi saya sarankan web apps qrcode-monkey.com sebagai pilihan utama.

Apakah QR code yang ada logonya lebih sulit dipindai dibandingkan dengan yang biasa?

Tidak. Sama saja. Yang mempengaruhi sulit atau mudahnya sebuah QR code dipindai adalah kerumitan dari polanya. Jadi saya sarankan, sebelum membuat QR code, pendekkan dulu URL-nya dengan web apps pemendek URL seperti bit.ly.


Akhir Kata

Demikian. Itulah tadi cara untuk membuat QR code dengan logo di tengahnya, menggunakan web app qrcode-monkey.com. Cara di atas tentu sudah saya coba terlebih dahulu sebelum menulis artikel ini. Bahkan, hampir setiap hari saya membuat QR code untuk keperluan undangan digital.

Terakhir, jangan lupa subscribe channel Gawaiso di youtube, ya! Linknya di sini. Terima kasih.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.