Cara Membuat Wifi Sendiri di Rumah: Gratis, Mudah, Cepat

Cara Membuat Wifi Sendiri – Bagaimana cara membuat wifi hotspot sendiri? Apa saja alat yang diperlukan jika ingin membuat wifi dengan sistem voucher? Apakah bisa membuat wifi hotspot menggunakan HP Android? Ataukah harus pakai modem? Terus … apakah benar bisa membuat wifi memakai magnet, sendok, bahkan silet? Temukan semua jawabannya di sini. Sila gunakan daftar isi di bawah untuk memudahkan navigasi. Tks.


Kalian pasti pernah nebeng wifi di jaringan publik. Ada yang gratis seperti di cafe-cafe; ada pula yang berbayar seperti di wifi corner wifi.id.

Kedua wifi publik di atas sebetulnya dibuat/dibangun dengan cara yang hampir sama. Garis besarnya sebetulnya cukup sederhana. Kalian hanya cukup punya koneksi internet dan alat yang bisa membagikan koneksi tersebut via jaringan wireless.

Kalau di HP, hal tentang membagikan koneksi ini namanya adalah tethering. Setiap HP Android maupun iPhone pasti mempunyai fitur tethering. Maka sampai sini, bisa disimpulkan bahwa bentuk paling sederhana dari wifi hotstpot adalah tethering dari HP.

Di sini, kami akan bahas hal di atas. Dari yang paling sederhana seperti tethering HP sampai ke yang menurut kami cukup rumit seperti membuat wifi dengan sistem voucher. Sila disimak.

Cara Membuat Wifi Sendiri di Rumah

Pertama kami akan share cara membuat wifi sendiri di rumah dengan sasaran pemakai adalah orang rumah, bukan orang lain atau publik. Membuat topologinya cukup sederhana. Devicenya pun tidak banyak-banyak. Yang paling penting kalian punya koneksi internet.

Baca: daftar penyedia Internet tercepat di Indonesia

1. Membuat Wifi Sendiri dengan Modem

Jika kalian pasang internet di rumah menggunakan salah satu ISP di link di atas, biasanya kalian sudah dikasih pinjam modem yang bisa membagi koneksi internet secara wireless. Cirinya adalah ada antena di modem tersebut. Contoh seperti ini:

Nah, jika demikian …

  1. Kalian cukup login ke modem tersebut via browser. Biasanya harus menggunakan alamat IP.
  2. Jika alamat IP-nya belum diubah oleh teknisi, kalian bisa cek di bawah modem tersebut beserta username dan passwordnya. Default alamat IP hampir di setiap merek modem: 192.168.1.1, usernamenya admin, passwordnya admin.
  3. Namun jika pahitnya IP modem tersebut sudah diubah, kalian harus menghubungi teknisi yang bersangkutan atau langsung ke customer service penyedia internet yang kalian pakai untuk menanyakan perihal ini.

Cara lain yang bisa kalian lakukan adalah dengan membeli device tambahan bernama wireless router. Cek di sini rekomendasinya.

Kemudian …

  1. Colok wireless routernya ke modem menggunakan kabel UTP RJ-45. Kalian bisa beli kabel tersebut di toko komputer terdekat. Biasanya mereka suka menyediakan.
  2. Setelah itu login ke wireless router menggunakan alamat IP, username, dan password yang tertulis di alat tersebut (karena beli baru, pasti alamatnya masih sesuai pabrikan).
  3. Cari menu wifi atau wireless. Setiap merk modem punya interface berbeda, jadi silakan disesuaikan masing-masing.
  4. Silakan atur SSID (nama wifi) beserta password loginnya. Selesai.

Catatan: Sekali lagi, setiap merek wifi akan berbeda interfacenya. Di contoh di atas, kami menggunakan wireless router Tenda AC6 Wireless Router. Tapi nampaknya tipe tersebut sudah tidak produksi lagi. Padahal kami belinya sekitar 2 tahun lalu. Sila cek penggantinya di sini.

2. Membuat Wifi Sendiri dengan HP

Seperti yang sudah kami singgung di atas, istilah untuk ‘membagikan koneksi internet HP’ adalah tethering. Jadi di sini kami akan jelaskan cara tethering HP secara singkat saja.

  1. Pertama, kalian masuk ke pengaturan.
  2. Cari menu portable hotspot. Biasanya ada di dalam menu Network & Internet atau Connection Sharing.
  3. Silakan atur nama wifinya beserta password. Selesai.

Catatan: HP yang membagikan koneksi internet akan cepat panas dan baterai dengan mudah terkuras habis. Harap diperhatikan.

Cara Membuat Wifi dengan Sistem Voucher

Berikutnya adalah membuat wifi hotspot dengan menggunakan sistem voucher yang dijual ke publik. Cara ini diperuntukkan bagi kalian yang sedang mencoba berbisnis hotspot dengan cara menjual koneksi internet yang kalian miliki lewat voucher yang punya masa berlaku.

Alat yang kalian butuhkan: koneksi internet, router mikrotik, wireless AP, dan kertas untuk voucher.

Apakah Bisa Membuat Voucher Wifi tanpa Mikrotik?

Sebelum mulai, jika ada pertanyaan ‘bisakah membuat wifi sistem voucher tanpa mikrotik?’ jawabannya bisa. Kalian hanya perlu mempersiapkan alat yang punya sistem portal untuk login hotspot dan membuat voucher.

Salah satu yang mungkin untuk melakukannya adalah UniFi; ada fitur guest portal yang bisa dikustomisasi dan difungsikan seperti wifi voucher pada mikrotik.

Hanya saja … alatnya agak sedikit mahal. Jadi pilihan terbaik tetap jatuh pada router mikrotik. Selain harganya terjangkau, pengoprasiannya juga cukup mudah karena memang sudah banyak digunakan.

Komunitas dan tutorial penggunaan router ini juga bertebaran. Jadi jika sewaktu-waktu kalian menemukan masalah, kalian bisa dengan mudah mencari solusinya di internet.

Beli router mikrotik di sini. Di link tersebut ada juga yang jual router mikrotik yang sudah disetting dan siap pakai untuk bisnis voucher wifi. Cuma harganya memang agak lebih tinggi, sih.

Terserah kalian, ya, mau beli langsung jadi atau ikuti tutorial singkat ini. He he.

Langkah 1: Install Paket NTP dan Userman di Mikrotik

Sebelum memulai langkah pertama ini, pastikan dahulu mikrotik kalian sudah terhubung ke internet. Karena untuk menginstall kedua paket tersebut perlu mendownload terlebih dahulu.

Kalian juga perlu untuk mengupdate mikrotik ke versi yang lebih baru. Berikut caranya:

  1. Login ke mikrotik menggunakan winbox.
  2. Klik menu quick set. Pada bagian system, klik tombol check for updates.
  3. Pastikan kalian memilih channel stable, lalu klik lagi tombol check for updates.
  4. Masuk ke menu system > routerboard. Lalu klik tombol upgrade.

Langkah 2: Download Paket Tambahan

Langkah kedua adalah mendownload extra package (berisi userman dan NTP) yang sesuai dengan arsitektur prosesor mikrotik yang kalian pakai. Cara mengetahui arsitektur prosesornya bisa ke menu system > resources. Di sana akan ada keterangan architecture name.

Setelah ketemu, sila download extra packagenya di sini. Pastikan mendownload extra packages yang sudah stable.

Langkah 3: install Userman dan NTP

Setelah kalian mendownload extra packages, silakan ekstrak file .zip yang kalian dapat. Di dalamnya akan ada banyak sekali paket yang bisa kalian install.

Karena di sini kalian hanya memerlukan userman dan NTP, maka sila upload keduanya ke mikrotik. Caranya …

  1. Klik menu files > upload.
  2. Cari lokasi kedua file tersebut. Kalian bisa langsung menguploadnya sekaligus dengan menyeleksinya, lalu klik tombol open.
  3. Setelah paket userman dan NTP terupload, restart mikrotik di menu system > reboot.

Setelah mikrotik hidup kembali, secara otomatis userman sudah terinstall. Cara ceknya bisa dengan membuka browser, lalu ketik IP mikrotik/userman; contoh 192.168.1.1/userman

Mohon maaf, nih, karena dari sini sampai seterusnya sangat teknis sekali jadi kami putuskan untuk membuat postingan terpisah. Monggo baca lanjutannya di sini: cara membuat voucher wifi


FAQ Cara Membuat WiFi Sendiri

Bagaimana cara membuat wifi sendiri?

Caranya gampang. Asal kalian punya koneksi internet dan device yang bisa mengirimkan koneksi via wireless. Nama devicenya adalah wireless router atau wireless access point. Kalian tinggal hubungkan device tersebut ke modem, lalu setting SSID dan password. Selesai.

Bagaimana cara membuat wifi di HP?

Istilah untuk membagikan koneksi di HP adalah tethering. Untuk melakukannya cukup mudah. Kalian hanya tinggal masuk ke pengaturan lalu cari menu portable hotspot. Setting SSID dan password. Selesai.

Bagaimana cara membuat wifi dengan sistem voucher?

Jika kalian ingin membuat sistem voucher, kalian perlu mikrotik sebagai pusat pengendali bandwith dan portal loginnya. Setelah itu kalian bisa baca tutorial ini: cara membuat voucher wifi.

Apakah bisa membuat wifi dengan, magnet, sendok, atau silet?

Tidak bisa. Karena kedua alat tersebut tidak dirancang sebagai antena pemancar maupun penguat sinyal.


Akhir Kata

Membuat hotspot wifi sendiri di rumah itu bukanlah pekerjaan yang sulit. Banyak tutorial di internet yang bisa memandu kalian sampai setiap perangkat bisa terhubung ke wifi yang kalian buat. Salah satunya adalah artikel ini.

Akhir kata, jika ada yang memang kurang bisa dimengerti, sila komentar saja di bawah. Terima kasih.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.