Cara Presentasi di Zoom Meeting HP dan Laptop

Cara Presentasi di Zoom Meeting – Bagaimana cara presentasi power point di Zoom Meeting? Apakah wajib menggunakan Microsoft Power Point? Apakah bisa pakai aplikasi presentasi lain seperti Google Slide? Bagaimana pula cara presentasi Zoom Meeting di HP? Temukan semua jawabannya di sini. Sila gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian tuju. Tks.


Wabah yang tak kunjung berakhir membuat sekolah tetap dilaksanakan dari rumah. Karyawan perkantoran pun, sebagainnya, masih melakukan work from home dikarenakan klaster perkantoran menjadi salah satu yang terbanyak menularkan wabah ini.

Sejak kebijakan ini berlaku, untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar dan bekerja dari rumah, ada satu aplikasi yang betah menjadi perantara. Zoom Meeting.

Aplikasi tersebut menjadi pilihan pertama di antara semua aplikasi meeting yang tersedia di belantara internet, karena dipercaya fitur-fiturnya lebih baik bila dibandingkan dengan yang lain.

Meskipun pernah ada isu tidak sedap yang melanda Zoom Meeting, nyatanya isu tersebut tenggelam dan semuanya kembali menggunakan aplikasi ini.

Salah satu fitur yang sering digunakan dalam Zoom Meeting adalah share screen yang memungkinkan kalian untuk melakukan presentasi ke semua audience yang hadir dalam pertemuan tersebut.

Nah, di artikel ini kami akan bahas tentang bagaimana sih cara melakukan presentasi di Zoom Meeting laptop dan HP, serta aplikasi presentasi apa saja yang didukung oleh Zoom Meeting.

Cara Presentasi di Zoom yang Benar!

Di atas sudah kami singgung sedikit, kalau kalian bisa melakukan presentasi di Zoom menggunakan fitur share screen. Ini berarti, pada dasarnya presentasi di Zoom merupakan fungsi tambahan dari fitur share screen yang juga bisa kalian manfaatkan untuk nobar film, misalnya, atau kegiatan bersama lainnya.

Jadi, satu pertanyaan sudah terjawab. Kalian bisa memakai aplikasi apapun (tidak hanya Microsoft Power Point) untuk mulai melakukan presentasi.

List lengkap aplikasi presentasi bisa kalian baca di sini: aplikasi presentasi terbaik

1. Presentasi di Zoom Menggunakan Laptop

Pertama, kami akan jelaskan cara melakukan presentasi di Zoom Meeting bagi pengguna laptop atau PC.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka presentasi kalian. Di sini kami menggunakan aplikasi Microsoft Power Point (file PPT).
  2. Setelah itu di aplikasi Zoom, klik tombol share screen, lalu pilih aplikasi presentasi yang ingin kalian tampilkan. Klik tombol share.
klik share screen zoom meeting 2
  1. Jika berhasil, akan ada informasi di atas layar bahwa ‘You are screen sharing’.
  2. Agar tampilannya full screen, kembali lagi ke aplikasi Power Point, lalu klik tombol slideshow.
cara presentasi di zoom meeting laptop
ikon slideshow ada di kanan bawah sebelah kiri tanda minus (-)

Catatan: Jika kalian menggunakan aplikasi lain selain Power Point, caranya sama persis. Hanya saja di langkah nomor 2, pilih aplikasi yang kalian gunakan untuk menampilkan file presentasinya.

2. Presentasi di Zoom Menggunakan HP

Kedua, adalah cara presentasi jika kalian menggunakan Zoom di HP. Sila simak langkah-langkahnya di bawah.

  1. Install aplikasi yang bisa membuka file .pptx di HP. Di Play Store banyak.
  2. Buka file presentasinya. Lalu pindah ke aplikasi Zoom (jangan di-close aplikasi pembuka file .pptx-nya).
  3. Di aplikasi Zoom, klik tombol share, lalu pilih screen.
cara presentasi di zoom hp
  1. Jika ada permintaan akses ‘display over other apps’, sila izinkan aksesnya.
allow display over other apps
  1. Kembali lagi ke aplikasi pembuka file .pptx dan lakukan presentasi di sana.

Catatan: Aplikasi Zoom di HP tidak bisa share screen satu aplikasi saja seperti di versi PC. Itu artinya, setiap kegiatan kalian di HP akan ikut ditayangkan ke audience. Itulah sebabnya kalian harus melakukan presentasi di aplikasi pembuka file .pptx tadi.

Tips Presentasi Lancar

Ini adalah tips tambahan dari kami agar proses presentasi kalian berjalan lancar dan khidmat.

  1. Kalian harus menunjukkan ketertarikan terhadap topik yang hendak kalian presentasikan. Hal ini akan membuat audience terbawa dengan vibe yang kalian pancarkan.
  2. Mulailah dengan sebuah kutipan yang relevan dengan topik. Karena kesan pertama sangat menentukan, pilihkan kutipan yang membuat audience penasaran dengan topik yang kalian bawakan.
  3. Sampaikan dengan singkat dan lugas. Jangan terlalu deksriptif dalam menjelaskan presentasi. Simpan penjelasan lengkap di sesi tanya-jawab.
  4. Rileks dan jangan lupa tersenyum ke audience.
  5. Selingi dengan candaan yang bisa menghilangkan rasa bosan audience dan biarkan mereka me-refresh fokusnya.

FAQ – Pertanyaan

Bagaimana cara presentasi di Zoom Meeting laptop?

Caranya gampang. Pertama, tentu kalian harus membuka dulu file presentasinya. Terserah mau pakai aplikasi apa saja. Tapi yang paling populer dan banyak digunakan tentu aplikasi Microsoft Power Point. Setelah itu di aplikasi Zoom, klik tombol share screen > lalu pilih presentasi yang ingin kalian tampilkan ke audience. Selesai.

Bagaimana cara presentasi di Zoom Meeting HP?

Jika kalian menggunakan Zoom Meeting di HP, untuk mulai melakukan presentasi kalian harus download dan install dulu aplikasi yang bisa membuka file .ppt atau .pptx. Setelah itu buka file presentasinya menggunakan aplikasi tersebut. Kemudian di aplikasi Zoom, sila klik tombol share, lalu pilih screen. Terakhir, buka lagi aplikasi penampil file .pptx tadi dan lakukan presentasi di sana.

Apakah presentasi di Zoom harus menggunakan Power Point?

Tidak sebetulnya. Kalian bisa melakukan presentasi dengan aplikasi lain seperti Google Slide, Libre Office, dll. Bahkan kalian juga bisa melakukan presentasi dengan file PDF, lho!


Akhir Kata

Demikian. Itulah tadi cara melakukan presentasi di Zoom Meeting, baik versi PC/laptop maupun versi HP. Cara-cara di atas tentu sudah kami coba terlebih dahulu sebelum kami tulis tutorialnya di sini.

Namun, jika kalian rasa langkah-langkah di atas belum cukup bisa dimengerti, monggo komentar saja di bawah. Nanti akan kami atau pengunjung lain jawab bila memungkinkan.

Terima kasih.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.