Game Moba Android Terbaik: Seru, Populer, dan Banyak Turnamennya!

Game MOBA Android Terbaik – Apa nama game MOBA yang paling banyak dimainkan di Android? Adakah game MOBA selain Mobile Legends dan AOV? Apa nama game MOBA pertama di dunia? Apakah ada game MOBA offline? Temukan semua jawabannya di sini.


Game MOBA kini menjadi favorit banyak orang. Apalagi setelah kemunculan Mobile Legends di Android, yang merupakan game MOBA terpopuler saat ini.

Cirinya bisa dilihat dari banyaknya orang yang live streaming ML di Facebook atau di aplikasi live streaming lain seperti Nimo TV dan Omlet Arcade.

MOBA sendiri adalah singkatan dari Multiplayer Online Battle Arena atau arena pertarungan daring multipemain jika dalam bahasa Indonesia.

Jadi sampai sini, sebetulnya pertanyaan tentang ‘adakah game MOBA offline?’ sudah bisa terjawab. Tidak ada game MOBA yang offline, karena sudah menyalahi arti dari MOBA itu sendiri.

Namun, jika yang kalian maksud dengan MOBA offline itu adalah game yang sistemnya mirip MOBA (ada skill, map, creeps, dll.), jawabannya mungkin bisa berbeda.

Terlepas daripada itu, serunya game dengan genre ini memunculkan turnamen, komunitas, dan esport baru setiap harinya.

Bahkan Moonton dengan Mobile Legends-nya rutin mengadakan turnamen tingkat negara (MPL dan MDL) dan tingkat dunia (M) dengan hadiah yang fantastis.

Nah, selain Mobile Legends, inilah game MOBA Android terbaik yang bisa kalian coba mainkan.

Game MOBA Android Terbaik

Kami sudah merangkum setidaknya 10 game MOBA yang paling banyak dimainkan di Android, silakan simak daftarnya di bawah:

1. Mobile Legends: Bang Bang (MLBB)

game moba terbaik mobile legends bangbang
Mobile Legends: Bang Bang
Mobile Legends: Bang Bang
Developer: Moonton
Price: Free+

Game MOBA pertama, tentu ada Mobile Legends: Bang Bang yang dikembangkan oleh Moonton, pengembang game asal Tiongkok.

Ketika artikel ini ditulis, Moonton sedang mengadakan kejuaraan dunia M2 di Singapura yang mempertemukan 12 tim esport dunia, untuk memperebutkan title juara dan hadiah sebesar USD 300.000 (sekitar 4,5 miliar).

Sejak kemunculannya tahun 2016, Mobile Legends semakin diminati karena komunitasnya sangat aktif. Apalagi di Asia Tenggara khususnya di Indonesia.

Salah satu influencer yang mempopulerkan game ini adalah Jess no Limit, yang merupakan mantan pro-player EVOS Esport dengan subscribers sebanyak 20,3 juta di Youtube.

Di Play Store Mobile Legends sudah didownload lebih dari 100 juta kali dengan rating 4.1/5 dari 24,9 juta pengulas. Sedangkan di App Store mendapatkan rating 4.6/5 dari 340 ribu pengulas. WOW!

2. League of Legends: Wild Rift

game moba android league of legends wild rift
League of Legends: Wild Rift
League of Legends: Wild Rift
Developer: Riot Games, Inc
Price: To be announced

Game MOBA kedua, ada League of Legends: Wild Rift yang dikembangkan oleh Riot Game, dan merupakan versi mobile dari League of Legends di PC.

Jauh sebelum smartphone ada, League of Legends termasuk game MOBA PC generasi pertama yang masih eksis hingga sekarang. Bahkan Mobile Legends-pun sebetulnya terinspirasi dari game ini.

League of Legends sebetulnya adalah game MOBA terbaru yang dirilis tahun 2020 kemarin. Tentu setelah penantian panjang dan pro-kontra dari penggemar LoL di PC.

Kendati demikian, karena memang sudah punya komuntas aktif sejak dulu, League of Legends: Wild Rift menciptakan animo tersendiri bahkan sejak game ini masuk ke fase Close Beta.

Belum ada data pasti di Play Store, tentang seberapa banyak game ini didownload sekarang. Yang jelas, orang yang mendaftar pra-register game ini mencapai 100 juta lebih.

3. Arena of Valor (AOV)

game moba analog arena of valor
Arena of Valor: 5v5 Arena Game
Arena of Valor: 5v5 Arena Game

Game MOBA terbaik berikutnya ada AOV atau Arena of Valor yang dikembangkan oleh Tencent Games dan dirilis di Indonesia oleh Garena pada tahun 2017.

ML dan AOV adalah dua game MOBA yang saling bersaing satu sama lain. Meskipun dalam jumlah pengguna ML lebih banyak, tapi loyalitas pemain AOV tidak bisa diragukan lagi.

Bila dibandingkan MOBA yang lain, AOV cukup kompleks dalam sistem. Hal ini karena secara keseluruhan, AOV meniru League of Legends PC yang dikembangkan oleh Riot (sebelum akhirnya Riot merilis League of Legends: Wild Rift di mobile).

Salah satu hal yang membuat AOV menarik adalah grafisnya yang enak dilihat dan memiliki kesan dark. Selain itu kerjasama dengan berbagai vendor membuat game ini punya banyak hero yang terinspirasi dari karakter anime dan superhero. Contohnya Wonder Woman, Joker, dan Kirito.

Ketika artikel ini ditulis AOV sudah didownload sebanyak 10 juta kali dengan rating 3.9/5 dari 1 juta 100 ribu pengulas.

4. Vainglory

game moba pertama vainglory
Vainglory
Vainglory
Price: Free+

Vainglory adalah game MOBA pertama yang masuk ke mobile. Awalnya memang dirilis di iOS pada tahun 2014, namun pengembang game ini memutuskan untuk masuk ke Android di tahun 2015.

Pada awal kemunculannya game ini sangat ramai sekali. Bahkan pada tahun 2017, Vainglory sempat menduduki posisi ke-5 sebagai game MOBA terbaik yang jumlah downloadnya di atas rata-rata.

Namun pada perjalanannya, banyak orang yang meninggalkan game ini karena komunitasnya sangat elitis. Pemain-pemain baru yang belum tahu sistem gamenya seperti apa, seringkali dibully dan disuruh jangan main Vainglory.

Alhasil, terlepas dari sistem, grafis, dan uniknya hero-hero dalam game ini, pemain Vainglory menyusut dan berubah menjadi dead game.

Sempat dikatakan berhenti, kini Vainglory diambil alih oleh pengembang baru dan berusaha memperbaiki kesalahan komunitasnya dahulu.

Ketika artikel ini ditulis, Vainglory sudah didownload sebanyak 10 juta kali dengan rating 3.7/5 dari 830 ribu pengulas.

5. Marvel Super War

MARVEL Super War
MARVEL Super War
Developer: NetEase Games
Price: To be announced

Game MOBA Android berikutnya ada Marvel Super War yang dikembangkan oleh NetEase Games, salah satu pengembang game mobile terbesar.

Marvel Super War mengadaptasi karakter-karakter superhero Marvel seperti Iron Man, Captain America, Spider Man, Hulk, dll.

Dirilis pada saat film The Avengers sedang nge-hype, Marvel Super War mendapatkan sambutan yang positif.

Bahkan game MOBA satu ini masuk ke dalam daftar Editors’ Choice-nya Play Store yang menandakan bahwa game ini sangat seru dan disukai.

Ketika artikel ini ditulis, Marvel Super War sudah didownload sebanyak 10 juta kali dengan rating 4.1/5 dari 205 ribu pengulas.

6. Onmyoji Arena

Onmyoji Arena
Onmyoji Arena
Developer: NetEase Games
Price: Free+

Game MOBA terbaik berikutnya ada Onmyoji Arena yang juga dikembangkan oleh NetEase Games, dan telah masuk ke daftar Editors’ Choice-nya Play Store.

Tidak kalah dengan game MOBA yang lain, grafis pada game ini terbilang berada di level teratas. Kemudian, Onmyoji Arena mengambil latar pada Zaman Heian sehingga karakter dan mapnya menampilkan kebudayaan Jepang yang sangat kental.

Skill atau jutsu dari karakter-karakter di game ini juga unik. Bahkan beberapanya menginspirasi MOBA yang lain untuk membuat karakter dengan skill yang mirip.

Ketika artikel ini dirilis, Onmyoji Arena sudah didownload sebanyak 5 juta kali dengan rating 4.2/5 dari 325 ribu pengulas.

7. Heroes Evolved

game moba android heroes evolved
Heroes Evolved
Heroes Evolved
Price: Free+

Game MOBA terbaik berikutnya ada Heroes Evolved yang dikembangkan oleh Netdragon Websoft Inc, dan telah didownload lebih dari 10 juta kali dengan rating 3.7/5 dari 538 ribu pengulas.

Salah satu pengulas game ini mengatakan seperti ini,

Jika kalian menyukai DOTA2, gameplay Heroes Evolved sangat mirip sekali; ward, fog, high-low ground, passive-active item and skill, TP, dll. Dan yang paling penting, game ini tentang team backup dan map awarness (pemain DOTA2 pasti familiar dengan ini). Jadi, saya pribadi merekomendasikan game ini.

Bayu Kurnia Raharja (pengulas Heroes Evolved)

Jadi jika kalian penggemar DOTA2 dan ingin mencoba bermain game MOBA di HP, tidak ada salahnya mencoba Heroes Evolved.

8. Extraordinary Ones

game moba anime extraordinary ones
Extraordinary Ones
Extraordinary Ones
Developer: NetEase Games
Price: Free+

Extraordinary Ones adalah game MOBA dengan tema anime yang paling seru di Play Store.

Karakter, skill, dan mapnya memang secara default didesain seperti dunia dalam anime. Bukan skin atau event musiman saja seperti game MOBA yang lain.

Setiap element dalam game ini sangat unik. Mulai dari tower, creeps, minion, bush, dan lord, mempunyai vibe anime yang kental, selain juga grafisnya berada di level yang berbeda.

Dirilis oleh NetEase Games pada tahun 2019, sampai artikel ini ditulis Extraordinary Ones sudah didownload sebanyak 1 juta kali dengan rating 3.7/5 dari 35 ribu pengulas.

9. Legend of Ace

game moba terbaru legend of ace
Legend of Ace
Legend of Ace
Developer: Still Gaming
Price: Free+

Game MOBA terbaik berikutnya ada Legend of Ace yang dikembangkan oleh Still Gaming, dan telah didownload sebanyak 1 juta kali dengan rating 4.1/5 dari 125 ribu pengulas.

Seperti game MOBA lainnya, Legend of Ace juga mengedepankan sistem 5V5 dalam map yang memiliki 3 lane.

Apa yang membuat Legend of Ace menarik? Salah satunya adalah efek dari skil yang dilepaskan oleh setiap hero sangat unik dan dan berbeda dari game MOBA lainnya.

Soal grafis, sih, jangan ditanya. Legend of Ace termasuk game MOBA dengan grafis tertinggi yang ada. Hal ini tentu membuat payer nyaman bermain berlama-lama di game ini.

10. Lokapala

Lokapala
Lokapala
Developer: OOLEAN GAMES
Price: To be announced

Terakhir ada Lokapala yang merupakan MOBA buatan anak bangsa, yang dikembangkan oleh Oolean Games.

Secara grafis, sih, sudah lumayan. Gameplay dan ksatrianya pun sudah beragam. Mulai dari MM, fighter, assassin, support, mage, dan tank.

Kami tidak bilang Lokapala adalah game MOBA terbaik, namun potensi untuk jadi lebih baik masih terbuka lebar. Apalagi ini adalah game buatan anak bangsa yang harus didukung sepenuhnya.

Ketika artikel ini ditulis, Lokapala sudah didownload sebanyak 1 juta kali dengan rating 4.1/5 dari 58 ribu pengulas.


Akhir Kata

Demikian. Itulah tadi 10 game MOBA Android terbaik yang bisa kalian mainkan di Android ataupun iOS. Semua MOBA tersebut hampir mempunyai sistem game yang sama yaitu 5V5 dan dengan kontrol analog. Tapi tentu ada ciri khas masing-masing yang membedakan antara semuanya.

Yang jelas, seru atau tidaknya sebuah game dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya adalah komunitasnya yang sehat dan tidak toxic.

Sekian dan terima kasih.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.