Cara Restore Windows 10: System Restore ke Tanggal Sebelumnya

Cara Restore Windows 10 – Bagaimana cara restore system Windows 10 dengan file image? Apakah bisa Windows 10 direstore ke tanggal sebelumnya? Kenapa tidak ada restore point di Windows 10? Temukan jawabannya di sini. Sila gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian tuju. Tks.


Sistem restore adalah salah satu fitur Windows yang sengaja dibuat oleh Microsoft, sebagai langkah preventif bagi usernya yang mengalami kerusakan sistem. Entah rusak karena malware atau karena ada salah install.

Meskipun disebut-sebut sebagai OS tercanggih, Windows 10 juga buatan manusia yang pasti mempunyai celah dan bagian sensitif yang seharusnya tidak boleh disentuh, tetapi malah diotak-atik karena ingin menonaktifkan beberapa fiturnya.

Dalam hal ini, yang paling sering ditemui adalah mengedit registry untuk mematikan fitur auto update dan Windows Defender. Meskipun ya … banyak orang yang melakukannya karena alasan yang jelas.

Kami sendiri, di artikel-artikel yang memang tertulis langkah untuk mengedit registry, selalu menuliskan kalimat agar perangkatnya dibackup terlebih dahulu. Hal ini tidak lain dan tidak bukan sebagai pencegahan, kalau-kalau terjadi masalah bisa dikembalikan seperti semula.

Nah, berbicara masalah backup dan restore, kami menemukan sesuatu yang menarik. Menurut data dari Google, lebih banyak orang yang mencari cara restore Windows 10 daripada cara backupnya. Padahal, system Windows 10 tidak akan bisa direstore jika sebelumnya tidak dibackup.

Jadi, jika kalian membaca artikel ini dengan niat mengembalikan Windows 10 ke tanggal sebelumnya tapi ternyata belum membuat restore point atau membackup Windows 10 ke dalam file image, maka kami sarankan membaca artikel ini terlebih dahulu: cara backup Windows 10 ke dalam file image dan membuat restore point.

Cara Restore Windows 10

Karena cara backup Windows 10 ada dua, maka cara restorenya pun juga dua. Di artikel ini Gawaiso akan menguraikan cara melakukan restore Windows berdasarkan cara backupnya. Silakan disimak.

Cara 1: Restore Windows 10 dengan File Image

Kalau sebelumnya kalian membackup Windows 10 dengan fitur system image tool, sehingga ‘tercipta’ file image backup, maka cara inilah yang digunakan untuk merestorenya. Tapi sebelumnya, kalian harus membuat USB bootable Windows 10 menggunakan file backup tersebut.

Baca: cara membuat bootable flashdisk Windows 10

Berikut adalah cara restore Windows 10 dengan file image:

  1. Pastikan BIOS/UEFI PC atau laptop kalian menempatkan port USB sebagai perangkat pertama yang dibaca ketika booting. Kalau belum, silakan baca: cara mengatur urutan booting di BIOS/UEFI.
  2. Colok flash disk yang sudah dijadikan bootable USB ke PC atau laptop kalian.
  3. Ketika muncul Windows Setup, klik tombol Next.
  4. Di jendela selanjutnya, klik Repair your computer di kiri bawah.
  5. Klik menu Troubleshoot.
  6. Klik System Image Recovery lalu pilih Windows 10.
  7. Pada jendela Re-image your computer, pastikan opsi Use the latest available system image [recommended] terpilih. Klik tombol Next.
  8. (Opsional) Silakan centang opsi Format and repartition disk jika kailan melakukan backup ke hard disk yang baru. Tapi jika masih di hard disk yang sama, abaikan saja dan langsung klik tombol Next.
  9. Tunggu proses restore selesai. Kalau sudah, klik tombol Finish.

Simak video di bawah untuk lebih jelas mengenai langkah-langkahnya.

Setelah kalian mengikuti langkah-langkah di atas, PC atau laptop kalian akan kembali ke saat terakhir kalian melakukan backup. Silakan cek apakah ada file penting yang hilang atau tetap berada di tempatnya.

Lama waktu restorasi sistem tergantung seberapa besar dan banyak file yang dibackup. Tapi biasanya lama, sih. Jadi kami sarankan agar laptop kalian selalu terhubung ke colokan listrik agar proses restore Windows 10 tidak terganggu.

Cara 2: Restore Windows 10 ke Tanggal Sebelumnya

Cara ini bisa dilakukan jika kalian sudah membuat restore point sebelumnya. Dengan kata lain, kailan tidak bisa mengembalikan Windows 10 ke tanggal sebelumnya jika belum membuat check point terlebih dahulu.

Dan untuk kalian garis bawahi, cara ini bisa dilakukan jika Windows 10 kalian masih bisa melakukan booting (bisa masuk ke sistem). Jika Windows kalian tidak bisa booting sama sekali, silakan skip cara ini dan cek cara berikutnya.

Berikut adalah cara mengembalikan Windows 10 ke tanggal sebelumnya:

  1. Klik Start lalu ketik Restore Point. Klik tool Create a restore point.
  2. Pada jendela System Properties, klik tombol System Restore.
  3. Klik tombol Next jika ada jendela baru muncul.
  4. Pilih check point yang sudah kalian buat sebelumnya. Biasanya akan ada keterangan waktu dan tanggal di sana. Jika kalian pernah membuat restore point lebih dari satu, semuanya akan muncul.
  5. Klik tombol Scan for affected programs untuk melihat software apa yang akan hilang, karena kalian menginstall software tersebut setelah membuat restore point.
  6. Klik tombol Next.
  7. Ikuti instruksi selanjutnya. Jika sudah selesai, klik tombol Finish.

Simak video di bawah untuk lebih jelasnya.

Setelah kalian mengikuti langkah-langkah di atas, Windows 10 kalian akan otomatis melakukan restart dan kembali ke tanggal ketika kalian membuat restore point.

Catatan: system restore Windows 10 tidak berpengaruh terhadap file yang tersimpan di drive. Hanya saja, karena sifatnya mengembalikan kondisi perangkat ke suatu waktu, maka program atau software yang terinstall setelah restore point dibuat akan hilang.

Cara 3: Restore Windows 10 yang Tidak Bisa Booting

Ada kalanya masalah di laptop atau PC kalian membuat Windows 10 tidak bisa booting sama sekali. Stuck di logo Windows dan tidak masuk ke desktop. Kalau sudah seperti ini, sebetulnya kalian bisa menggunakan cara 1.

Tapi … bagaimana jika kalian tidak punya file backupnya? Apakah masih bisa menggunakan restore point jika masuk ke desktop saja tidak bisa?

Jawabannya: bisa.

Windows 10 ternyata punya fitur bernama Advanced startup yang dipersiapkan ketika skenario seperti di atas terjadi. Dengan fitur tersebut kalian tetap bisa mengembalikan Windows 10 ke tanggal sebelumnya dengan system restore, walaupun si Windows tidak bisa boot sama sekali.

Berikut adalah cara restore Windows 10 yang tidak bisa booting:

  1. Hidupkan laptop atau PC kalian.
  2. Ketika muncul logo Windows, tekan lagi dan tahan tombol power agar proses booting terganggu (dan perangkat kalian kembali mati).
  3. Ulangi langkah No.1 dan 2 sebanyak tiga kali atau sampai perangkat kalian booting ke tampilan recovery atau repair.
  4. Jika sudah muncul, klik tombol Advanced options.
  5. Kemudian masuk ke menu Troubleshoot > Advanced options > System Restore.
  6. Jendela System Restore akan muncul. Klik Next.
  7. Pilih check point yang ingin kalian pakai. Jangan lupa klik juga tombol Scan for affected programs untuk tahu software apa saja yang akan terpengaruh (hilang) ketika proses restorasi selesai. Klik tombol Next.
  8. Ikuti instruksi selanjutnya sampai selesai.

Jika belum begitu paham, sila simak video di bawah:

Setelah kalian mengikuti langkah-langkah di atas, laptop atau PC kalian akan melakukan restart dan kembali ke tanggal yang kalian pilih.

Sebagai alternatif, jika langkah No. 1 dan 2 di atas tidak bekerja di perangkat kalian, sila gunakan USB bootable Windows 10. Ketika jendela instalasi muncul, klik Repair your computer di sebelah kiri bawah, lalu ikuti langkah-langkah di atas.


FAQ – Pertanyaan

Bagaimana cara restore sistem Windows ke tanggal sebelumnya?

Untuk mengembalikan Windows ke tanggal sebelumnya, baik itu Windows 7, 8, maupun 10, bisa menggunakan restore point. Caranya klik Start, lalu ketik Restore Point. Setelah jendela baru muncul, klik tombol System Restore. Ikuti instruksi selanjutnya sampai selesai. Mudah, kok.

Apakah restore Windows bisa memakai file .iso?

Bisa. Tapi sebelumnya kalian harus melakukan backup dengan membuat file image (.iso) terlebih dahulu. Kemudian untuk cara restore Windows-nya, kalian harus membuat USB bootable dan lakukan booting dari perangkat tersebut.

Bagaimana cara restore Windows yang tidak bisa booting?

Windows, terutama Windows 10, punya fitur yang membuat sistem ‘terpaksa’ masuk ke mode advanced startup, yang berguna untuk troubleshoot atau memperbaiki masalah. Cara untuk masuk ke advanced startup adalah dengan menghidupkan PC atau laptop kalian. Lalu ketika logo Windows muncul, tekan dan tahan tombol power untuk memaksa perangkat mati kembali. Lakukan sebanyak 3 kali. Otomatis kalian akan dibawa ke menu advanced startup.


Akhir Kata

Demikian. Itulah tadi cara restore Windows 10 ke tanggal sebelumnya, baik itu dengan file image (.iso) ataupun dengan restore point yang merupakan fitur perlindungan bawaan Windows. Cara tersebut sudah pernah kami coba dan work; sukses mengembalikan sistem yang bermasalah menjadi seperti semula.

Akhir kata, selalu do with your own risks!

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.