Cara Menghapus Akun Shopee: Toko, Produk, dan Akun Kena Hack!

Cara Menghapus Akun Shopee – Bagaimana sih cara hapus akun Shopee? Apakah menghapus toko Shopee sama saja dengan menghapus akun personal? Atau beda? Temukan semua jawabannya di sini. Silakan gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian tuju. Tks.


Semenjak kemunculannya, Shopee terus menerus mengakuisisi user e-commerce sebelah dengan berbagai promo besar-besaran yang cenderung tidak masuk akal.

Namun, strategi tersebut ternyata membuahkan hasil yang cemerlang. Sekarang, di Indonesia, Shopee menjadi e-commerce nomor wahid yang mengalahkan pesaing-pesaingnya.

Baca: Cara Daftar Shopee dan Buka Toko Sendiri [Panduan Lengkap]

Terlepas dari segala promo dan statusnya sebagai e-commerce nomor wahid, ternyata banyak orang yang ingin berhenti memakai Shopee. Alasannya macam-macam. Ada yang memang karena ingin mengontrol pengeluaran sampai karena akunnya kena hack.

Nah, sebagaimana akun medsos, email, dan akun di platform-platform digital lainnya, akun Shopee juga bisa dihapus atau dinonaktifkan.

Hanya saja untuk delete akun Shopee tidak bisa dilakukan secara sepihak. Artinya, perlu persetujuan dari pihak Shopee sampai akun kalian benar-benar hilang dari Shopee.

Lalu, bagaimanakan mengajukan penghapusan akun ke Shopee? Simak uraian berikut.

Syarat dan Ketentuan Delete Akun Shopee

Delete atau hapus akun Shopee itu mudah, kok. Tidak ribet. Hanya saja sebelum mulai ke tutorial, alangkah baiknya kalian tahu konsekuensi atau apa saja yang harus kalian lakukan sebelum akun kalian dihapus.

  1. Akun Shopee yang sudah dihapus tidak dapat dipulihkan atau dikembalikan.
  2. Semua koin Shopee yang ada di akun kalian akan otomatis hangus.
  3. Kalian tidak dapat melihat riwayat transaksi yang terjadi di akun.
  4. Jika kalian membuka toko, pastikan tidak ada pesanan yang belum terselesaikan sebelum menghapus akun Shopee.
  5. Pihak Shopee berhak menyimpan data transaksi dari akun kalian untuk keperluan audit dan pengembangan.
  6. Shopee berhak menolak pengajuan penghapusan akun kalian.

Nah, jika setelah membaca S&K di atas kalian bulat memutuskan untuk hapus akun Shopee, monggo dilanjut bacanya.

Cara Menghapus Akun Shopee

Kami akan langsung menuju ke inti artikel. Untuk informasi tambahan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan penghapusan akun Shopee, akan kami tambahkan di bawah.

Time needed: 10 minutes.

Cara Hapus Akun Shopee

  1. Buka aplikasi Shopee

    Pertama, tentu kalian harus membuka aplikasi Shopee-nya. Jangan lupa login pula ke akun yang ingin kalian hapus.

  2. Masuk ke menu Pengaturan Akun

    Di bagian paling bawah, masuk ke menu Saya, lalu pilih menu Pengaturan Akun.
    pengaturan akun shopee

  3. Pilih menu Ajukan Penghapusan Akun Shopee

    Berikutnya scroll terus ke bawah. Di section bantuan kalian akan menemukan menu Ajukan Penghapusan Akun Shopee. Pilih menu tersebut.
    cara menghapus akun shopee

  4. Tunggu persetujuan Shopee

    Akan muncul popup peringatan dengan tulisan “Mohon perhatikan bahwa setelah akun Anda dihapus Anda tidak dapat memulihkannya kembali.” Jika setuju, silakan tap tombol Ok, lalu tunggu persetujuan dari pihak Shopee.

Setelah kalian mengikuti langkah delete akun Shopee di atas, tinggal tunggu saja pihak Shopee menghubungi kalian via email atau akun Shopee. Kalau disetujui, akun Shopee kalian akan hilang sepenuhnya.

Catatan: Penghapusan akun Shopee hanya bisa dilakukan lewat aplikasi Shopee alias lewat HP. Tidak ada menu untuk menghapus akun Shopee di PC atau website Shopee.

Cara Menghapus Toko Shopee

Jika kalian mencari tutorial cara menghapus toko di Shopee, maka kami ingin bilang bahwa tidak ada cara untuk melakukannya. Kalau kalian terlanjur membuat toko di Shopee dan tidak ingin lagi menggunakan toko tersebut, satu-satunya solusi adalah dengan menghapus produk atau menutup toko.

Baca: Fitur Toko Libur Shopee: Tutup Toko ala Shopee

Berikut adalah langkah-langkah menghapus produk di Shopee di HP:

  1. Buka aplikasi Shopee.
  2. Masuk ke menu Saya > Toko Saya.
  3. Masuk ke menu Asisten Penjual > Produk Saya.
  4. Hapus semua produknya dengan menekan tombol hapus di setiap produk.
  5. Selesai.

Kalian bisa menghapus produk di Toko Shopee kalian lebih cepat jika menggunakan Shopee Seller Center di Laptop atau PC. Caranya begini:

  1. Buka website Shopee dan login ke akun kalian.
  2. Di sebelah kiri atas klik menu Jual. Kalian akan dibawa ke Shopee Seller Center.
  3. Masuk ke menu Produk Saya.
  4. Centang semua produk yang ingin kalian hapus. Biar lebih cepat, centang kotak di samping Nama Produk agar semua produk kalian tercentang.
  5. Klik tombol Hapus untuk menghapus semua produk kalian. Selesai.

Hapus Akun Shopee yang Dihack

Di antara kalian, pasti ada yang masuk ke artikel ini karena akun Shopeenya dihack, dan berharap ada satu cara yang bisa dilakukan agar akun tersebut terhapus.

Jawabannya: ada!

Kami memang belum pernah mengalami akun Shopee kena hack Tapi berdasarkan pengalaman orang lain, bisa disimpulkan bahwa:

  • Jika akun kalian dihack dan tidak bisa login karena sudah diganti email, password, dan kode OTP, segera hubungi CS Shopee di nomor 1500702.
  • Isikan dulu pulsa minimal 25 ribu, karena ngobrol dengan CS mungkin akan sedikit lama.
  • Minta CS menonaktifkan akun sementara (jika kalian ingin akun tersebut kembali).
  • Koordinasi dan validasi dengan kartu identitas, nomor rekening, foto selfie, dll. sesuai arahan dari CS.

Selengkapnya bisa dilihat di video ini.

Informasi Tambahan

Berikut adalah beberapa informasi tambahan yang kami harap berguna juga untuk kalian. Silakan dibaca kalau punya waktu luang. Kalau tidak pun ya tidak apa-apa. Mudah-mudahan artikel di atas sudah cukup menyelesaikan masalah kalian.

Alasan-alasan Orang Menghapus Akun Shopee

Ada berbagai macam alasan yang dilontarkan orang-orang yang ingin menghapus akun Shopee mereka. Berikut adalah di antaranya:

  • Ingin mengontrol keuangan dengan cara mengendalikan keinginan. Sebab aplikasi e-commerce, terkhusus Shopee, sekali saja dibuka akan menimbulkan keinginan untuk membeli barang-barang yang belum tentu dibutuhkan. Seringkali hanya terjebak potongan harga besar-besaran.
  • Nama akun tidak sesuai brand/produk yang dijual sehingga menurunkan authority atau kepercayaan pembeli terhadap toko kalian. Padahal, kalian tidak perlu menghapus akun, kok, cukup mengganti nama toko saja. Baca: cara mengganti nama toko di Shopee.
  • Akun Shopee dihack orang tidak bertanggung jawab!
  • Shopee sering error.
  • Shopee berat dan membuat HP lag.

Izin Hapus Akun Shopee

Terlepas dari fitur-fitur yang ditawarkan oleh Shopee, pasti banyak juga orang yang tidak puas dengan pelayanan yang disediakan.

Menurut kami itu adalah hal yang wajar. Secanggih-canggihnya sebuah sistem, kalau itu masih buatan manusia pasti tetap ada bolongnya.

Jika terfokus pada bolong tersebut, tentu Shopee akan terlihat sebagai platform yang tidak baik dan tidak pro pelanggan. Tapi, jika fokus terhadap fitur-fitur unggulannya maka kalian tidak akan pernah merasakan hal tersebut.

Coba, Shopee adalah e-commerce pertama yang menyediakan fitur pembayaran di tempat alias COD (baca: cara mengaktifkan fitur COD di Shopee), ada fitur tawar harga, bisa beli pulsa, paket data, bayar tagihan telkom; PLN; PDAM, bisa main game tanam Shopee dan dapat jackpot koin Shopee, dll.

Tapi jika kalian merasa fitur-fitur tersebut tidak cukup baik dibandingkan dengan e-commerce sebelah, maka kalian diizinkan untuk menghapus akun dengan syarat dan ketentuan yang sudah kami tuliskan di atas.


Yang Sering Ditanyakan tentang Hapus Akun Shopee

Apakah menghapus akun Shopee bisa dilakukan di PC komputer?

Tidak bisa. Kalian hanya bisa delete akun Shopee hanya dari aplikasi alias lewat HP.

Bagaimana cara delete akun Shopee?

Buka aplikasi Shopee, masuk ke menu Saya > Pengaturan Akun > Ajukan Penghapusan Akun.

Bagaimana cara menghapus toko di Shopee?

Tidak bisa. Setelah membuat toko, toko kalian akan tetap ada. Tapi kalian bisa mengakalinya dengan meliburkan toko atau menghapus semua produk.

Delete akun Shopee yang dihack

Jika akun Shopee kalian dihack, seera hubungi call center di nomor 1500702

Apa yang terjadi jika akun Shopee dihapus?

Jelas akun kalian akan hilang beserta riwayat transaksi dan juga koin Shopee ikut hangus.


Demikian. Itulah cara hapus akun Shopee, mengakali tidak bisa hapus toko, dan langkah-langkah yang harus kalian lakukan jika akun Shopee kena hack. Semoga bermanfaat!

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.