Cara Menarik Saldo ShopeePay: Transfer Uang di Shopee ke Rekening Bank

Cara Menarik Saldo ShopeePay – Bagaimana cara mengambil uang di ShopeePay? Apakah dana ShopeePay bisa ditarik lewat Alfamart atau Indomaret? Berapa lama proses uang yang dicairkan masuk ke rekening? Apakah ada biaya admin untuk setiap penarikan saldo? Temukan semua jawabannya di sini. Silakan gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian tuju. Tks.


Berbelanja online kini menjadi pilihan utama ketika hendak membeli sesuatu. Pasalnya, dengan bantuan marketplace, kalian bisa membanding-bandingkan harga dan kualitas suatu barang dari berbagai toko sekaligus.

Salah satu marketplace yang terkenal adalah Shopee. Seperti yang sudah kami informasikan sebelumnya, Shopee punya metode pembayaran digital bernama ShopeePay, yang meskipun pada awalnya dikhususkan untuk digunakan di Shopee, kini kalian bisa menikmati layanan tersebut di berbagai merchant.

Nah, kalian yang berjualan produk di Shopee tentu familiar dengan ShopeePay dan segala fiturnya. Baik itu pencairan dana, transfer dana, dll.

Tapi bagi kalian yang berstatus sebagai konsumen dan baru melakukan aktivasi ShopeePay kemarin sore, pasti akan sedikit bingung jika pada satu waktu ternyata pesanan kalian dibatalkan penjual, dan uang yang sudah kalian transfer sebelumnya secara otomatis masuk ke dompet ShopeePay.

Baca: Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

Kalian kemudian bertanya-tanya, gimana ini cara narik uang di ShopeePay? Caranya begini …

Cara Menarik Saldo ShopeePay

Secara sistem, Shopee hanya menyediakan pilihan rekening bank sebagai tempat pencairan saldo ShopeePay. Namun dengan sedikit trik, kalian juga bisa mengambil uang tersebut via kasir Alfamart. Silakan simak uraian di bawah ini. Akan kami jabarkan satu persatu dimulai dari cara termudah.

1. Transfer Uang di ShopeePay ke Rekening Bank

Berikut ini adalah cara transfer uang yang ada di ShopeePay ke rekening bank:

  1. Buka aplikasi Shopee.
  2. Klik menus Saya > ShopeePay.
  3. Di sana akan ada menu Transfer. Klik. Syarat agar bisa transfer dari ShopeePay ke rekening bank adalah verifikasi. Jika kalian belum melakukan verifikasi, bisa ikuti petunjuk di sini: cara verifikasi ShopeePay.
  4. Pilih menu Penarikan ke Rekening Bank.
  5. Tentukan ke rekening bank mana saldo tersebut akan dikirimkan dan input berapa nominalnya. Klik tombol lanjutkan.
  6. Klik tombol konfirmasi dan masukkan PIN ShopeePay kalian (bisa juga pakai sidik jari).
  7. Tunggu prosesnya. Selesai.

Penting! Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kalian menarik saldo ShopeePay ke rekening bank:

  • Penarikan selain ke bank BCA, Mandiri, BNI, dan BRI akan dikenakan biaya admin sebesar Rp.3000,- terlepas dari berapapun nominal yang ditarik.
  • Penarikan ke bank BCA, Mandiri, BNI, dan BRI akan dikenakan biaya admin Rp.3000,- jika nominal yang ditarik kurang dari Rp.50.000,-
  • Tidak akan dikenakan biaya admin jika lebih dari Rp.50.000,-
  • Lama proses penarikan dari ShopeePay ke rekening membutuhkan waktu yang berbeda tiap bank. BCA, BNI, Mandiri biasanya maksimal 1 hari kalender; bank BRI 1-2 hari kalender; dan bank lainnya 1-4 hari kalender.

2. Mengambil Uang ShopeePay di Alfamart

Berikutnya adalah mencairkan uang dari ShopeePay menjadi uang fisik lewat bantuan Alfamart. Hanya saya untuk melakukan hal ini kalian perlu aplikasi Dana sebagai perantaranya. Dengan kata lain, secara default sistem ShopeePay tidak memiliki opsi untuk mencairkan uang lewat Alfamart. Tapi dengan bantuan Dana, hal tersebut bisa dilakukan.

Jadi secara garis besar begini alurnya: uang ShopeePay (ditransfer ke) Dana (dicairkan di) Alfamart. Detailnya …

  1. Buka aplikasi Dana.
  2. Di layar utama, klik menu Isi Saldo / Top Up, lalu pilih metode pembayaran transfer bank.
  3. Catat nomor rekening virtual yang muncul.
  4. Buka aplikasi Shopee. Masuk ke menu Saya > ShopeePay.
  5. Klik menu Transfer > Rekening Bank.
  6. Input nomor rekening virtual Dana yang tadi kalian dapatkan. Lalu konfirmasi dengan PIN atau sidik jari. Sekarang uang sudah ada di aplikasi Dana.
  7. Buka aplikasi Dana kembali. Masuk ke menu Cashout.
  8. Pilih gerai atau agen tempat mencairkan uang tersebut: ada Pegadaian, Alfamart, Alfamidi, DanDan, dan Lawson. Pilih Alfamart.
  9. Pergi ke kasir Alfamart lalu bilang ingin tarik tunai saldo Dana. Informasikan ke mereka nomor HP dan token yang kalian dapatkan dari Dana.
  10. Beritahukan kasir berapa nominal yang ingin ditarik tunai. Selesai.

Penting! Beberapa hal yang harus kalian perhatikan dalam tarik tunai ShopeePay via Dana:

  • Hanya ShopeePay terverifikasi yang bisa mengirim saldo ke aplikasi Dana. Silakan baca cara verifikasi ShopeePay untuk info lebih lanjut.
  • Cara penarikan saldo Dana selain dari Alfamart kurang lebih sama.
  • Jumlah minimal tarik tunai adalah Rp.50.000,- dan maksimal Rp.1.000.000,-
  • 10 kali penarikan pertama tidak akan dibebankan biaya admin.
  • Biaya admin normal adalah Rp.4500,- per transaksi.
  • Lama pencairan Dana di gerai bersifat instan selama saldo ShopeePay sudah masuk ke aplikasi Dana.

FAQ – Pertanyaan

Bagaimana cara menarik saldo ShopeePay ke rekening bank?

Caranya kalian masuk ke aplikasi Shopee, lalu masuk ke menu Saya > ShopeePay > Transfer. Pilih atau input rekening bank tujuan, lalu konfirmasi dengan PIN atau sidik jari. Sebagai catatan, hanya akun ShopeePay terverifikasi KTP/KITAS saja yang bisa mengirim uang saldo ke rekening bank.

Berapa biaya admin penarikan saldo ShopeePay?

Penarikan saldo ShopeePay selain ke bank BCA, Mandiri, BNI, dan BRI akan dikenakan biaya admin sebesar Rp.3000,- per penarikan. Penarikan saldo ke bank BCA, Mandiri, BNI, dan BRI akan dikenakan biaya admin Rp.3000,- jika nominal yang ditarik kurang dari Rp.50.000,- dan GRATIS alias tanpa biaya admin jika nominalnya lebih dari Rp.50.000,-

Berapa lama uang dari ShopeePay masuk ke rekening bank?

Berbeda-beda tiap bank. Bank BCA, Mandiri, dan BNI maksimal 1 hari kalender. Bank BRI 1-2 hari kalender. Selain empat bank tersebut 1-4 hari kalender.

Apakah bisa menarik saldo ShopeePay di Alfamart?

Bisa dengan bantuan aplikasi Dana. Jadi kalian harus mentransfer dulu saldo ShopeePay ke aplikasi Dana, setelah itu di aplikasi Dana pilih menu Cashout dan pilih Alfamart sebagai agen tarik tunainya.


Akhir Kata

Demikian. Seperti itulah sekelumit cara untuk menarik saldo dari ShopeePay, baik itu ke rekening bank langsung atau melalui Alfamart. Menurut kami, jika kalian punya rekening bank, lebih baik pilih cara pertama saja. Cara kedua memerlukan proses yang cukup panjang sampai uang bisa sampai di tangan.

Tapi ya … kembali lagi ke diri masing-masing. Toh tidak semua orang punya rekening bank. He he. Sekian, semoga bermanfaat. Jika ada satu atau lain hal yang ingin ditanyakan monggo komentar saja.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.