Cara Membuat TikTok Shop: Toko untuk Jualan di TikTok

GAWAISO.COM – JAKARTA. Bagaimana cara membuat TikTok shop? Apa saja syarat untuk mulai berjualan di TikTok shop? Apakah daftar TikTok shop dikenakan biaya? Temukan semua jawabannya di sini.


Jika kalian punya produk atau jasa, salah satu channel marketing yang harus mulai kalian manfaatkan adalah TikTok shop. Dengan membuat toko di TikTok shop, kalian membuka satu kesempatan besar untuk ‘meledak’ dalam sekali waktu.

Apa itu TikTok shop? Singkatnya, TikTok shop adalah fitur di TikTok yang memungkinkan kalian untuk mengupload produk dan menjualnya langsung via TikTok. Contohnya seperti ini

Mirip seperti Instagram shop, hanya saja membuat toko di TikTok shop tidak serumit di Instagram yang harus terhubung dulu ke business suite, upload katalog, dll.

Nah, bagaimana cara membuat toko di TikTok shop? Ikuti panduannya di bawah ini.

1. Akses TikTok Shop Seller Center

tiktok seller center

Langkah pertama untuk mulai membuat toko dan berjualan di TikTok shop adalah mengakses halaman TikTok Shop Seller Center di sini.

Kemudian, silakan login atau daftar menggunakan akun TikTok yang kalian miliki. Apa saja syaratnya? Di awal, kalian hanya harus pastikan dulu umurnya sudah 18 tahun ke atas. Setelah itu, silakan baca lanjutannya di bawah.

2. Verifikasi Email

verifikasi email tiktok shop

Setelah login atau daftar akun TikTok shop, kalian akan diminta untuk memverifikasi email aktif yang nantinya akan digunakan di toko TikTok shop.

Silakan isi email di kolom yang disediakan, lalu klik tombol send. Kemudian cek email yang dikirimkan oleh TikTok yang berisi kode verifikasi.

Copy-paste kode tersebut ke kolom yang disediakan, lalu klik tombol next.

3. Isi Informasi Awal Toko Shopee

informasi toko tiktok

Setelah kalian memverifikasi email, akan ada popup welcome yang meminta kalian untuk mengisi informasi toko seperti alamat toko dan kontak toko.

Di bagian bawah kalian juga bisa mencentang pilihan set as return address untuk menjadikan alamat yang kalian isikan sebelumnya, menjadi alamat pengembalian barang yang ‘ditolak’ pembeli.

Centang pilihan ‘I have read, understood and agree to the terms and conditions of the MERCHANT TERMS OF SERVICE FOR TIKTOK SHOP and TikTok Shop Privacy Policy‘, lalu klik tombol start your business.

4. Cara Upload Produk ke TikTok Shop

Untuk mulai berjualan di TikTok shop, kalian harus upload atau menambahkan produk ke TikTok shop. Caranya cukup mudah. Pertama klik menu add new product di sidebar sebelah kiri kemudian ikuti langkah-langkah di bawah.

Isi Nama Produk dan Kategori

input nama produk dan kategori di tiktokshop

Input nama produk dan kategorinya di kolom yang disediakan. Kemudian pilih brand atau tambahkan brand baru ke database TikTok shop.

Catatan: untuk menambah brand baru, kalian harus upload dokumen kepemilikan atau hak penjualan jika kalian sebagai reseller. Jika tidak punya, pilih saja no brand.

Upload Foto Produk dan Deskripsi

upload foto dan deskripsi produk di tiktokshop

Kemudian upload foto produknya. Ukuran yang direkomendasikan oleh TikTok shop adalah rasio 1:1 alias persegi. Biasanya sih resolusi terbaiknya ada di 1080×1080 px.

Maksimal foto produk yang bisa kalian upload adalah 9 buah. Jadi silakan dimanfaatkan sebaik mungkin. Kalian juga bisa mengupload video produk jika punya.

Isi Informasi Fisik Produk dan Garansi

informasi fisik produk tokoshopee

Berikutnya silakan isi informasi fisik tentang produknya seperti berat dan dimensi (opsional). Hal ini untuk menentukan biaya ongkos kirim untuk masing-masing kurir yang didukung oleh TikTok shop.

Kemudian isikan juga informasi tentang garansi dan juga cara klaim garansinya jika ada. Kedua pilihan ini opsional. Jadi kalian bisa mengosongkannya saja.

Aktifkan Pembayaran COD di TikTok Shop

COD TikTok shop

TikTok Shop sudah mendukung sistem pembayaran COD seperti marketplace-marketplace besar lainnya. Silakan dimanfaatkan.

Secara psikologis, produk yang bisa dibeli dengan sistem COD biasanya lebih menarik untuk dibeli.

Tambahkan Variasi Produk

variasi produk tiktok shop

Jika produk kalian punya variasi seperti warna, ukuran, rasa, dll. silakan tuliskan di bagian variations.

Jangan lupa juga tentukan harga dan stok yang tersedia untuk tiap variasi yang ada pada produk tersebut.

Setelah itu klik tombol submit.

Upload Dokumen Identitas Usaha atau Pribadi

upload dokumen tiktokshop

Agar produk kalian bisa tampil di akun TikTok shop, kalian harus mengupload foto kartu identitas (individu) atau dokumen kepemilikan bisnis (korporasi). Jangan lupa juga beri nama toko TikTok shop kalian.

Setelah itu klik tombol submit di bawah.

Catatan: kartu identitas yang kalian upload akan diverifikasi terlebih dahulu oleh TikTok. Prosesnya tidak lama.

5. Cara Menghubungkan Rekening ke TikTok Shop

Setelah kartu identitas kalian terverifikasi, yang artinya produk kalian sudah tampil di TikTok shop, selanjutnya kalian harus menghubungkan rekening bank ke toko TikTok sebagai pembayaran.


FAQ Cara Membuat TikTok Shop

Bagaimana cara membuat TikTok shop?

Pertama kalian akses seller center TikTok shop, kemudian login menggunakan akun TikTok kailan. Kemudian silakan verifikasi email dan lakukan upload produk seperti pada marketplace lain.

Apa saja syarat membuat toko di TikTok?

Punya akun TikTok dan umur 18 tahun ke atas.

Apa saja kurir yang didukung oleh TikTok shop?

Saat ini hanya J&T Express.

Apakah TikTok shop ada fitur COD?

Ada. Di TikTok shop bisa menambahkan metode pembayaran COD.

Apakah bisa menjual produk digital di TikTok shop?

Saat ini belum bisa.

Apakah TikTok shop mendukung resi otomatis?

Ya.


Akhir Kata

Demikian. Itulah tadi cara membuat TikTok shop, alias toko di TikTok yang memungkinkan kita untuk berjualan produk seperti di marketplace.

Fitur atau layanan ini masih baru. Dan selayaknya hal-hal baru lain, biasanya masih enak digunakan dan punya banyak bonus untuk pengguna baru. Jadi monggo dimanfaatkan.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.