Cara Mengaktifkan ShopeePay: Aktivasi dan Verifikasi

Cara Mengaktifkan ShopeePay – Apa itu ShopeePay? Bagaimana cara daftar ShopeePay? Bagaimana pula cara mengaktifkan metode pembayaran ShopeePay? Apa saja yang diperlukan untuk verifikasi data ketika aktivasi ShopeePay? Temukan semua jawabannya di sini. Silakan gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian tuju. Tks.


Shopee sebagai marketplace, kini menyediakan metode pembayaran uang digital yang memudahkan para usernya dalam mentransfer dana dengan instan. Namanya adalah ShopeePay.

Jadi, ShopeePay adalah sistem pembayaran digital yang digagas oleh Shopee, yang memiliki fungsi utama sebagai metode pembayaran dan tempat menyimpan pengembalian dana. Entah itu karena pesanan dibatalkan atau hal lain.

Baca: Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

Sama seperti Gopay di Gojek atau Ovo di Grab, ShopeePay bisa kalian gunakan untuk berbelanja produk ataupun bayar tagihan; PLN, PDAM, Telkom, dll.

Pada awalnya, ShopeePay hanya bisa digunakan untuk berbelanja di Shopee saja. Tapi seiring berjalannya waktu, kini ada beberapa aplikasi dan merchant yang memakai ShopeePay sebagai salah satu metode pembayarannya.

Sebut saja MyTelkomsel yang mengizinkan kita membeli pulsa atau paket data menggunakan ShopeePay sebagai metode pembayaran, disamping menggunakan pulsa dan credit.

Selain itu ada Alfamart, Indomaret, dan kedai-kedai yang bekerja sama dengan Shopee.

Nah, pertanyaannya adalah bagaimana cara mengaktifkan ShopeePay? Simak uraian berikut ini.

Cara Mengaktifkan ShopeePay

Time needed: 5 minutes.

Berikut ini adalah step-by-step cara mengaktifkan ShopeePay:

  1. Login

    Hal pertama, tentu kalian harus memiliki akun Shopee. Setelah itu login.

  2. Masuk ShopeePay

    Di layar utama, kalian akan menemukan menu ShopeePay. Klik.

  3. Syarat dan Ketentuan

    Di halaman berikutnya, kalian akan disuguhkan syarat dan ketentuan dalam penggunaan layanan ShopeePay. Klik saya setuju, aktifkan sekarang.

  4. Input Nomor HP

    Jika kalian belum menautkan nomor HP kalian ke Shopee, maka tahap selanjutnya adalah input nomor HP kalian yang aktif. Kenapa? Karena nantinya nomor rekening ShopeePay kalian akan menggunakan nomor HP (dengan tambahan kode didepannya).

  5. Cek SMS

    Shopee biasanya akan mengirimkan digit nomor sebagai verifikasi.

  6. Buat PIN ShopeePay

    Setelah nomor terverifikasi, selanjutnya kalian harus membuat PIN sebagai password ketika transaksi.

  7. Scan Sidik Jari

    Kalian bisa juga menambahkan scan sidik jari sebagai pengaman tambahan ketika transaksi.

  8. Verifikasi KTP/KITAS

    Setelah ShopeePay kalian aktif, kalian bisa melakukan verifikasi KTP atau kartu identitas lainnya agar kalian bisa top up saldo lebih banyak.

Catatan: urutan aktivasi ShopeePay di atas bisa saja berubah seiring waktu. Tapi secara garis besar intinya sama: permintaan aktivasi > kirim SMS OTP > validasi nomor HP > buat PIN.

Cara Verifikasi ShopeePay

Nah, bagaimana cara verifikasi ShopeePay? Begini …

  1. Buka aplikasi Shopee
  2. Di halaman utama, pilih menu ShopeePay. Atau bisa dengan melalui menu Saya > ShopeePay.
  3. Klik settings di sebelah kanan atas.
  4. Klik menu Verifikasi KTP/KITAS.
  5. Silakan ikuti instruksi yang diperintahkan seperti foto KTP, selfie dengan memegang KTP, isi identitas, menyetujui syarat dan ketentuan, dll.
  6. Selesai. Silakan tunggu sampai proses verifikasi selesai. Biasanya Shopee akan mengirimkan notifikasi via aplikasi.

Keuntungan ShopeePay yang Terverifikasi

Seperti yang sudah kami bilang di atas, jika kalian melakukan verifikasi KTP atau KITAS, kalian akan mendapatkan keuntungan berupa lebih besarnya limit ShopeePay untuk menampung uang.

Jika belum melakukan verifikasi, kalian hanya bisa top up ShopeePay maksimal Rp.2.000.000,- tetapi jika sudah melakukan verifikasi kalian bisa top up sampai dengan Rp.10.000.000,-.

Tips Sukses Verifikasi

Kadang ada beberapa user yang gagal dalam melaukan verifikasi. Alasannya macam-macam. Tapi lebih seringnya karena foto atau scan kartu identitas tidak terlihat jelas atau buram. Untuk itu kami berikan beberapa tips yang bisa coba kalian lakukan agar berhasil.

  • Foto KTP/KITAS kalian di tempat yang cerah tetapi tidak tersinari cahaya secara langsung, karena bisa mengakibatkan pantulan.
  • Lakukan selfie bersama KTP/KITAS dengan background tembok polos satu warna.
  • Ketika foto selfie, pastikan wajah kalian terlihat seluruhnya.
  • Isi data diri sesuai dengan KTP/KITAS yang diupload, meskipun domisili kalian berbeda dengan yang tercantum di sana.
  • Pastikan foto-foto yang kalian upload tidak blur.
  • Jika ukuran file foto kalian terlalu besar, kalian bisa baca ini: cara kompres foto.

Catatan: satu KTP/KITAS hanya bisa dipakai untuk verifikasi satu ShopeePay. Artinya, satu KTP untuk satu akun Shopee. Proses verifikasi membutuhkan waktu kurang lebih 1×24 jam.

Daftar KITAS Pengganti KTP untuk Verifikasi

Sudah lazim diketahui, banyak yang eKTPnya belum jadi (atau tidak jadi-jadi). Maka untuk verifikasi ShopeePay kalian harus menggunakan kartu identitas lain selain KTP. Berikut adalah daftarnya:

  • SuKet (surat keterangan pengganti KTP dari Disdukcapil)
  • SIM

Sedangkan untuk pelajar, kami belum tahu apakah KIA atau Kartu Identitas Anak bisa digunakan untuk verifikasi atau tidak. Jadi saran kami, karena masih pelajar, lebih baik bilang saja ke orang tua kalau ingin berbelanja online apalagi menggunakan ShopeePay.

Keuntungan Belanja dengan ShopeePay

Ada beberapa keuntungan yang bisa kalian dapatkan jika berbelanja dengan ShopeePay. Berikut adalah di antaranya:

  • Proses konfirmasi pembayaran instan
  • Sering mendapatkan voucher gratis ongkir
  • Ada banyak merchant atau toko yang menggunakan ShopePay dengan diskon sampai 30% cashback.

Alasan ShopeePay Kalian Dinonaktifkan

Well … ada beberapa kasus layanan ShopeePay dinonaktifkan. Alasan paling lazim adalah karena salah menginput PIN berkali-kali. Jadi sistem secara otomatis mendeteksi upaya penjebolan atau peretasan terhadap akun kalian.

Saran kami, jika kalian lupa PIN ShopeePay, silakan gunakan fitur lupa PIN yang ada di aplikasi. Caranya kami tuliskan di bawah.

Namun ada kasus ShopeePay dinonaktifkan karena adanya penipuan dengan iming-iming hadiah yang ditransfer ke ShopeePay.

Penipuan tersebut biasanya sering masuk ke telepon, SMS, dan email. Jadi harap berhati-hati agar tidak terjerat penipuan mengatasnamakan Shopee. Konfirmasi terlebih dahulu ke customer service Shopee sebelum mengklik link atau mengikuti instruksi apapun dari SMS tersebut.

Cara Mengaktifkan ShopeePay yang Dinonaktifkan

Penonaktifan ShopeePay mungkin memiliki banyak alasan. Bisa karena alasan-alasan yang sudah kami tuliskan di atas, maupun karena kesalahan sistem. Yang jelas ketika ShopeePay kalian dinonaktifkan, tidak ada fitur untuk mengaktifkannya kembali secara manual. Harus lewat call center atau support email. Berikut adalah caranya:

  1. Via Call Center Shopee 1500702

Cara yang pertama adalah melalui call center Shopee di 1500702. Silakan telpon nomor tersebut dan ikuti petunjuk-petunjuknya.

Biasanya di awal Shopee akan memakai mesin penjawab untuk melayani kalian. Hal tersebut untuk mengerucutkan masalah yang kalian alami, seperti pesan suara mesin di kartu SIM yang ngomong “tekan 1 untuk blablabla, tekan 2 untuk blablabla.” dst.

Baru setelah kategori masalah terkonfirmasi, akan ada CS manusia beneran yang melayani kalian. Biasanya mereka akan membantu proses pengaktifkannya.

  1. Mengirim Email ke [email protected]

Cara berikutnya adalah dengan mengirim email ke [email protected] Tuliskan dengan subjek Mengaktifkan ShopeePay yang Dinonaktifkan dan informasikan kendala yang kalian alami secara kronologi.

Kalau kalian memiliki bukti-bukti berupa screenshoot atau rekaman percakapan, maka sertakan pula file-filenya.


FAQ – Pertanyaan

Bagaimana cara mengaktifkan ShopeePay?

Caranya kalian masuk ke aplikasi Shopee. Masuk ke menu Saya > ShopeePay. Klik aktifkan. Biasanya nanti kalian akan diminta untuk memasukkan kode OTP yang dikirimkan ke SMS. Setelah diverifikasi, kalian akan diminta untuk membuat PIN sebagai password transaksi.

Apa syarat untuk verifikasi ShopeePay?

Upload foto KTP atau KITAS lainnya seperti SIM, foto selfie dengan pose memegang salah satu dari kartu tersebut.

Berapa limit top up ShopeePay?

Untuk ShopeePay yang belum terverifikasi batas maksimal top up adalah Rp.2.000.000, sementara yang sudah terverifikasi batas maksimal top up adalah Rp.10.000.000.

Apa keuntungan menggunakan ShopeePay?

Pertama, proses konfirmasi pembayaran akan dilakukan dengan instan. Kedua, potensi mendapatkan cashback lebih besar. Ketiga, ada banyak voucher gratis ongkir bagi yang menggunakan ShopeePay sebagai metode pembayaran.

Apakah ShopeePay bisa digunakan di Alfamart, Indomart, dan Kedai-kedai offline?

Bisa. Selama merchant tersebut mencantumkan QR code ShopeePay di sana, maka kalian bisa menggunakan metode pembayaran tersebut.


Akhir Kata

Demikian. Itulah sekelumit cara mengaktifkan ShopeePay dan cara verifikasinya agar limit atau maksimal top upnya lebih besar. Cara di atas tentu sudah kami coba dan praktikkan. Dan sebagai pengguna marketplace, kami juga memakai ShopeePay sebagai metode pembayaran. Selain karena mudah, ada banyak keuntungan yang bisa kami dapatkan.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.