Cara Membuat Fanspage Facebook: Membuat Halaman di FB

panduan-membuat-fanspage-facebook

Cara Membuat Fanspage Facebook – Bagaimana cara membuat fanspage Facebook untuk bisnis? Bagaimana pula jika untuk organisasi, komunitas, atau sekadar fanspage meme? Bagaimana cara menghubungkan fanspage Facebook dengan akun bisnis Instagram? Temukan semua jawabannya di artikel ini. Simak sampai selesai, ya!


[adinserter block=”5″]

Fanspage Facebook adalah sebuah halaman khusus yang mirip seperti blog atau website, yang di dalamnya berisi informasi-informasi terkait suatu hal, baik itu berupa teks, foto, ataupun video.

Informasi yang ada di fanspage Facebook diterbitkan oleh seorang admin yang membuat, memoderasi, dan mengendalikan secara penuh, bagaimana dan ke mana sebuah fanspage akan dibawa.

Jenis informasinya tergantung dari peruntukkan fanspage tersebut ketika pertama kali dibuat. Ada fanspage bisnis yang berisi informasi tentang wirausaha; fanspage anime yang berisi update rilis terbaru; fanspage olahraga yang berisi jadwal pertandingan, dll.

Nah, di artikel ini kami akan jelaskan step by step cara membuat fanspage Facebook untuk bisnis atau komunitas kalian.

Cara Membuat Fanspage Facebook

Catatan sebelum mulai: kami asumsikan kalian sudah mempunyai akun Facebook. Jadi kami akan langsung ke tutorial membuat fanspagenya. Tapi bila kalian belum punya akun Facebook–meskipun rasanya tidak mungkin, monggo baca: cara membuat akun Facebook. Terus, di sini kami akan menggunakan tampilan Facebook terbaru agar tutorial terus up to date.

Time needed: 5 minutes.

Berikut adalah cara membuat fanspage atau halaman Facebook

  1. Login Facebook

    Langkah pertama tentu kalian harus login ke akun Facebook. Masukan email atau username dan password kalian.

  2. Create page

    Di kanan atas, klik simbol plus (+) > page. Lalu beri nama, deskripsi, dan tentukan kategori fanspagenya. Lalu klik tombol create page. Oh ya, kategori fanspage Facebook itu banyak tapi tidak langsung ditampilkan. Nah, biar kalian tidak menebak-nebak, kalian bisa lihat full list kategorinya di sini.
    cara membuat fanspage facebook

  3. Tambahkan profil picture dan cover

    Setelah menekan tombol create page, akan muncul opsi untuk menambahkan foto profil dan foto cover. Sebagai tips, kalian bisa membuat kedua hal tersebut dengan mudah, cepat, dan hasilnya bagus dengan webapp Canva. Tutorialnya silakan baca: cara membuat foto fanspage dan cover foto dengan Canva.
    cara membuat fanspage facebook - profil pict and cover

  4. Posting pertama

    Pembuatan fanspage Facebook sudah selesai. Kini kalian tinggal mulai memposting informasi yang bermanfaat agar likersnya banyak.

[adinserter block=”1″]

Yang Harus Kalian Atur Pertama Kali

Setelah fanspagenya jadi, selain mulai posting informasi, kalian juga harus mengatur beberapa hal agar fanspage kalian terlihat lebih profesional dan tepercaya. Hal ini akan menambah nilai plus di mata para pembaca, sehingga mereka tidak perlu pikir panjang untuk menyukai fanspage kalian.

1. Mengubah username fanspage

cara mengganti username fanspage

Pertama, kalian harus mengubah username fanspage agar orang lain bisa dengan mudah menemukannya. Caranya …

[adinserter block=”2″]
  1. Di menu bagian kiri, klik edit page info.
  2. Di bagian general, kalian akan menemukan kotak isian username. Isikan username yang merepresentasikan fanspage kalian. Lebih mudah diingat lebih bagus. Kalau username yang kalian pilih belum dipakai orang lain, akan muncul ceklis hijau; kalau sudah dipakai, akan muncul error.
  3. Selesai.

2. Menambahkan kontak, website, dan lokasi

cara-membuat-fanspage-facebook-edit-kontak

Kedua, jika kalian membuat fanspage Facebook untuk bejualan online, alangkah baiknya jika kalian mencantumkan email, nomor kontak, dan website toko online kalian.

Jika kalian tidak ingin meng-input email dan nomor kontak, silakan dicentang pada bagian My page doesn’t have …

[adinserter block=”2″]

Terus lokasi. Nah ini penting. Jika kalian berjualan produk lokal, menambahkan lokasi toko bisa menjangkau orang-orang yang berada di daerah tersebut lebih cepat. Tapi kalau kalian tidak punya toko fisik dan hanya punya toko online, tidak diisi juga tidak apa-apa.

3. Aktifkan similar page suggestions

fanspage-settings---similar-page-suggestions

Opsi ini bisa kalian temukan di page settings > general. Dengan mengaktifkan opsi tersebut, Facebook akan merekomendasikan fanspage kalian ke orang-orang yang sering membaca informasi dengan kategori serupa.

Misal kalian membuat fanspage tentang sepak bola, maka ada kemungkinan fanspage kalian ditampilkan ke orang-orang yang suka melihat informasi sepakbola di Facebook.

5. Atur automated responses

fanspage-automated-responses

Automated responses adalah fitur yang memungkinkan fanspage kalian membalas chat secara otomatis. Hal ini akan membuat nilai fanspage kalian baik di mata Facebook, karena selalu membalas chat dengan segera.

[adinserter block=”2″]

Misal ketika ada orang lain men-DM tentang produk yang kalian jual, “Min, produk A berapa harganya?”; fanspage kalian akan dengan segera menjawab, “Terima kasih sudah tertarik dengan produk kami, mohon tunggu sebentar kami akan cek terlebih dahulu.”

Cara mengaturnya tinggal masuk ke inbox > automated responses.

6. Tambahkan admin atau editor lain

fanspage-settings---menambahkan-admin-FP

Mengurus fanspage itu tidak mudah. Apalagi ketika likersnya sudah mencapai ratusan ribu. Kalian perlu orang tambahan untuk ikut mengurus. Rekrutlah editor yang memiliki akses untuk posting, membalas komentar, dan membalas pesan.

[adinserter block=”1″]

Caranya bisa masuk ke page settings > page roles.

7. Hubungkan dengan Instagram

cara-menghubungkan-fanspage-dan-instagram

Dengan menghubungkan fanspage kalian dengan Instagram, authority fanspagenya akan naik. Meskipun ini sekadar teori, tapi fanspage yang punya akun Instagram akan dikasih nilai plus oleh Facebook.

Selain itu, jika kalian juga punya toko online di Instagram, menghubungkannya dengan fanspage akan membuat postingan saling terkait. Misal ketika kalian posting di Instagram, postingan tersebut akan muncul di fanspage secara otomatis.

Kalian juga bisa membaca komentar dan membalas DM Instagram langsung dari fanspage, selain juga bisa memanfaatkan creator studio untuk melakukan posting terjadwal. Mantullllll!

8. Hubungkan dengan WhatsApp

cara-menghubungkan-fanspage-dan-whatsapp

Terakhir, hubungkan fanspage kalian dengan WhatsApp agar muncul tombol yang ketika diklik, akan langsung menuju chat ke nomor kalian. Fitur ini sangat bagus kalau kalian berjualan online di Facebook.


Yang Sering Ditanyakan tentang Cara Membuat Fanspage Facebook

Bagaimana cara membuat fanspage Facebook?

Caranya mudah. Kalian tinggal klik ikon plus (+) di ujung kanan Facebook, lalu klik create page. Isikan informasi seperti kategori FP, username FP, foto profil, foto cover, kontak, lokasi, dan jangan lupa juga isikan website.

Bagaimana cara mengubah username fanspage?

Untuk mengubah username, kalian tinggal masuk ke FP lalu di sebelah kiri ada menu edit page info. Di sana kalian akan menemukan menu untuk mengganti username.

Bagaimana cara menghubungkan fanspage dan akun Instagram?

Cara untuk menghubungkan fanspage dan Instagram, kalian cukup buka settingan FP, di sebelah kiri kalian akan menemukan menu Instagram. Hubungkan di sana. Tapi ingat, akun IG kalian harus sudah bertipe bisnis. Kalau belum, bisa baca ini: cara membuat akun Instagram bisnis.

Bagaimana cara menghubungkan fanspage dan WhatsApp?

Caranya hampir sama dengan menghubungkan FP ke IG. Masuk ke pengaturan FP, di menu sebelah kiri kalian akan menemukan menu WA. Berbeda dengna IG yang mengharuskan akunnya bertipe bisnis, WA tidak mewajibkan kalian menginstall WA bisnis dulu.

Bagaimana cara meningkatkan likers fanspage dengan cepat?

Kalian bisa dengan rutin memposting dan share postingan tersebut ke grup-grup yang satu kategori dengan FP kalian. Kalian juga bisa mempercepat pertumbuhan likers dengan mengiklankan fanspage kalian. Baca: cara beriklan di Facebook.

[adinserter block=”5″]

Tutorial Facebook Populer

Semua trik Facebook bisa kalian baca di sini.

Demikian. Seperti itulah cara membuat fanspage Facebook di tampilan yang baru. Cara tersebut sudah kami coba dan pakai sampai hari ini. Sebagai saran, uruslah fanspage kalian di Facebook Creator Studio. Di sana kalian bisa scheduling post, jadi pekerjaan kalian bisa lebih efisien.

Give a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.