Cara Memperjelas Foto yang Buram: Fix Foto Blur jadi Tajam

Cara Memperjelas Foto yang Buram – Bagaimana cara memperjelas foto blur? Apakah foto jadul yang buram bisa diedit jadi lebih jelas? Apakah ada aplikasi gratis untuk melakukannya? Atau … adakah tools online yang mampu? Temukan semua jawabannya di sini. Silakan gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian tuju. Tks.


Kenangan yang diabadikan dengan kamera sungguh membuat otak melompat ke masa lalu. Seakan-akan perasaan yang dahulu dirasakan muncul kembali hanya karena melihat album foto atau video.

Kalian pasti sering dibuat berlama-lama oleh foto-foto jadul. Tertawa sendiri kemudian sedih tiba-tiba. Bersemangat menunjukkan betapa ‘jelek’-nya diri kalian dahulu, lalu membandingkannya dengan keadaan sekarang.

Bernostalgia memang asyik sekaligus–kadang- menyakitkan. Terutama ketika orang yang ada di foto tersebut sudah tidak ada lagi. Tapi hidup harus berjalan, meskipun kenangan tetap abadi dalam sebuah potret buram.

Kemudian kalian penasaran, file-file foto yang masih tersimpan, yang dijepret dengan kamera 1,3 MP atau kamera VGA, yang buramnya minta ampun, apakah bisa diedit dan diperjelas?

Jika kalian pernah penasaran dengan hal itu, maka kami ucapkan selamat karena kini kalian berada di tempat yang tepat. Ada sebuah cara untuk memperjelas foto yang buram. Tidak hanya untuk foto jadul, tetapi foto baru yang blur pun bisa dipertajam dengan aplikasi ini.

Langsung saja ke aplikasinya.

Cara Memperjelas Foto yang Buram

Ada banyak aplikasi yang bisa kalian coba di sini. Nanti akan kami tuliskan listnya di bawah. Tapi secara khusus, kami akan lebih banyak membahas tentang satu aplikasi bernama Remini.

Sebagai studi kasus, kami akan persiapkan beberapa foto blur dan foto yang dipotret dari kamera jadul sebagai objek percobaan. Jadi kalian bisa menilai sendiri kecanggihan aplikasi ini.

1. Remini – Photo Enhancer

Aplikasi terbaik yang bisa memperjelas foto buram, menurut kami, adalah Remini. Entah teknologi apa yang digunakan developernya, tapi hasil fotonya sangat memuaskan. Ditambah lagi aplikasi ini bisa kalian dapatkan secara gratis di Play Store atau App Store.

Cara memperjelas foto yang buram dengan aplikasi Remini

  1. Download Remini

    Langkah pertama tentu kalian harus mendownload aplikasi Remini. Silakan buka Play Store atau App Store di HP kalian, terus cari Remini di kotak pencarian. Ada pasti. Di tutorial ini kami pakai Android, tapi pengguna iOS bisa terus baca, kok, soalnya caranya sangat sama persis.

  2. Izinkan akses

    Setelah aplikasi Remini terinstall, buka aplikasi tersebut. Jika muncul popup, klik izinkan akses agar Remini bisa mengakses file manager atau memori HP kalian.

  3. Daftar akun

    Selanjutnya kalian harus daftar akun dulu sebelum bisa menggunakan layanan dari aplikasi ini. Daftarnya gratis. Nantinya kalian akan mendapatkan kuota 5 kali edit foto per hari. Kecuali jika kalian berlangganan sebesar Rp.71.000,- maka kalian akan mendapatkan kuota lebih banyak.

  4. Fitur Remini

    Setelah administrasi selesai, di layar utama akan ada beberapa menu atau layanan atau fitur dari aplikasi Remini. Karena di postingan ini tujuannya adalah untuk memperjelas foto buram, maka kami akan jelaskan fitur Enhance saja. Fitur-fitur lainnya silakan dicoba sendiri, ya!

  5. Enhance foto buram

    Klik menu Enhance (kalau Enhance+ berbayar), lalu pilih foto buram yang ingin kalian perjelas. Karena gratisan, kalian diharuskan untuk menonton iklan terlebih dahulu sampai tamat. Jika sudah, kalian akan langsung mendapatkan hasilnya.

  6. Bandingkan foto

    Silakan review dan bandingkan foto sebelum di-enhance dan sesudah di-enhance. Kalian pasti akan terkejut dengan hasilnya. Nih, lihat …

memperjelas foto objek 4
objek 1 before remini
objek 1 after remini
objek 1 after remini
memperjelas foto objek 2
objek 2 before remini
objek 2 after remini
objek 2 after remini

Monggo di-klik kanan > open image in new tab atau tap agak lama > open image in new tab fotonya agar bisa kelihatan lebih jelas perbedaan antara yang belum diedit Remini dengan yang sudah. Kami sih puas sekali dengan hasilnya.

Catatan: penggunaan aplikasi Remini memerlukan koneksi internet karena harus memakai tools dari server mereka. Jadi siapkan saja koneksi internet yang stabil agar proses penajaman foto kalian lebih cepat.

2. Snapseed

Aplikasi kedua yang boleh kalian coba setelah Remini adalah Snapseed. Aplikasi ini dikembangkan oleh Google LLC. Sebetulnya Snapseed tidak dibuat secara khusus untuk memperjelas foto yang blur, melainkan aplikasi tersebut dibuat untuk editing foto secara umum.

Namun, ada beberapa tool di dalamnya yang bisa membantu kalian untuk mempertajam foto yang sedikit blur. Meskipun kami juga sangsi kalau tool tersebut adalah yang cari. Tidak ada salahnya dicoba dulu. Caranya …

  1. Download dan install Snapseed dari Play Store.
  2. Buka aplikasi Snapseed lalu izinkan akses ke file manager / memori.
  3. Klik tanda plus (+) atau add photo.
  4. Setelah foto terbuka, di bagian bawah akan ada 3 tab. Klik tab Tools.
  5. Klik pada tool Details, lalu geser ke kanan sampai foto kalian lebih tajam.
  6. Selesai.

3. Pixlr

Aplikasi berikutnya yang bisa kalian coba adalah Pixlr yang dikembangkan oleh 123RF, sebuah perusahaan stock foto.

Ketika artikel ini terbit, aplikasi tersebut sudah didownload sebanyak 50 juta kali dengan rating 4,3/5 dari 1,2 juta pe-review.

Seperti Snapseed, aplikasi ini tidak dibuat khusus untuk memperjelas foto yang blur, melainkan editor foto paket lengkap yang bisa membuat foto kalian lebih menarik daripada tidak diedit sama sekali. Nah, mempertajam foto dengan aplikasi ini cukup mudah, tapi sekali lagi kami tidak yakin kalau fitur inilah yang kalian cari.

Begini caranya …

  1. Download dan install Pixlr dari Play Store.
  2. Buka aplikasinya lalu izinkan akses ke memori kalian.
  3. Buka foto blur yang ingin kalian pertajam.
  4. Pada menu tools, pilih fitur adjustment. Kemudian atur tingkat highlight dan lightness sampai jelas kelihatan blurnya.
  5. Kemudian klik autofix. Jika beruntung (bergantung pada foto), foto buram kalian akan lebih jelas walaupun sedikit.
  6. Selesai.

FAQ – Pertanyaan

Bagaimana cara memperjelas foto yang buram?

Cara terbaik menurut kami adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi bernama Remini. Aplikasi tersebut bisa kalian download secara gratis di Play Store. Kalian akan mendapatkan credit 5 edit per hari (mode gratis) dan jika kalian berlangganan, limit harian akan bertambah banyak.

Cara menggunakan Remini cukup mudah, kalian tinggal download dan install aplikasinya, terus izinkan akses ke file manager. Terakhir, kalian buka fitur enhance yang ada di aplikasi Remini, lalu pilih foto blur atau buram yang ingin kalian perjelas. Tunggu prosesnya sampai selesai.

Apakah Remini bisa memperjelas foto jadul?

Bisa. Jika kalian punya file foto yang diambil dari kamera VGA jadul, bisa coba diperjelas dengan aplikasi ini.

Apakah fitur detail atau sharp image di aplikasi edit foto bisa digunakan untuk memperjelas foto buram?

Menurut kami tidak. Fitur atau tool tersebut hanya untuk mempertajam detail dari sebuah foto saja, bukan untuk menghilangkan blur.


Akhir Kata

Jujur saja, setelah mencoba berbagai macam aplikasi edit foto yang mengklaim bisa memperjelas foto buram, pilihan kami tetap jatuh ke Remini. Ini honest review. Kami tidak dibayar untuk menuliskan ini. Tapi pilihan tetap jatuh ke tangan kalian. Silakan dicoba saja satu-satu. Yang jelas, perihal memperjelas foto buram, kami pilih Remini.

Di artikel memang ditulis dua aplikasi alternatif. Tapi sebetulnya, kami bermaksud membuat pembanding saja agar kalian juga punya pilihan.

Sekian. Semoga bermanfaat! Jika ada yang ingin didiskusikan, monggo komentar saja di bawah. Kalau kami tahu jawabannya pasti kami jawab, kalau tidak, silakan berdiskusi satu sama lainnya. He he.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.