Cara Membuat VCN BNI: Request Kartu Debit Online BNI

Cara Membuat VCN BNI – Bagaimana cara membuat VCN BNI? Apakah bisa request VCN BNI via SMS? Bagaimana cara membuat VCN BNI di aplikasi BNI Mobile Banking? Berapa biaya admin membuat VCN? Berapa limit VCN BNI? Temukan semua jawabannya di sini. Sila gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian tuju. Tks.


Kemajuan zaman membuat sekat antar negara seakan menghilang. Apalagi dalam hal berbelanja online. Kini, orang Indonesia bisa dengan mudah membeli produk dari marketplace luar negeri tanpa harus berpikir bagaimana cara bayarnya.

Sebab, hampir setiap toko online ataupun marketplace di luar negeri sudah menggunakan metode bayar via kartu kredit maupun Paypal.

Contohnya penyedia VPS Vultr, provider VPS yang kami pakai, sudah menyediakan pembayaran via kartu kredit dan juga Paypal–selain juga Bitcoin dan Alipay. Tidak lupa juga Amazon, eBay, Etsy, dll. Pokoknya banyak.

Namun demikian, terlepas dari kemudahan bertransaksi yang ditawarkan, anggapan negatif terhadap kartu kredit di Indonesia masih sangat populer. Hal ini menyebabkan banyak sekali orang yang enggan membuatnya.

Nah, jika kalian termasuk orang yang beranggapan negatif terhadap kartu kredit, tapi ingin berbelanja online di marketplace luar negeri … tenang. Kalian bisa memanfaatkan Paypal, kartu debit Jenius, ataupun VCN BNI yang akan kami bahas sekarang.

Cara Request BNI Debit Online (VCN)

1. Cara Membuat VCN BNI via SMS

Pertama, kami akan jelaskan secara singkat, padat, dan jelas cara request VCN atau kartu debit online BNI via SMS. Namun perlu diingat, untuk menggunakan cara ini kalian harus mendaftarkan dulu nomor HP agar bisa menggunakan fitur SMS Banking ke customer service di kantor cabang BNI terdekat.

Jika sudah terdaftar, berikut adalah caranya membaut VCN BNI via SMS Banking:

  1. Ketik REQ (spasi) VCN (spasi) nominal saldo, kirim ke 3346
  2. Setelah terkirim, BNI akan meminta dua digit PIN SMS Banking secara acak. PIN tersebut biasanya kalian dapatkan pas mendaftarkan nomor HP ke customer service. Jadi harap diingat dan dicatat baik-baik.
  3. Jika PIN berhasil diverifikasi, kalian akan menerima SMS balasan berupa informasi mengenai VCN yang kalian minta.

Sebagai alternatif, untuk mempermudah kalian dalam memfungsikan semua fitur SMS Banking, BNI sudah membuat aplikasi yang bisa kalian download secara gratis di Play Store.

Dengan aplikasi tersebut, kalian bisa request VCN dengan lebih mudah dan ringkas ketimbang harus mengetik SMS dan menunggu balasan sistem. Berikut adalah screenshotnya:

membuat vcn bni via sms banking

Catatan: Nominal saldo yang bisa kalian minta untuk VCN tidak boleh lebih dari saldo real yang ada di rekening.

2. Cara Membuat VCN BNI via Mobile Banking

Selain SMS Banking, BNI juga punya layanan Mobile Banking yang bisa kalian gunakan untuk request VCN dengan lebih mudah dan ringkas.

Namun tetap, kalian harus mendaftarkan dulu nomor HP sekaligus perangkatnya ke customer service di kantor cabang BNI terdekat, meskipun sebelumnya sudah pernah daftar SMS Banking.

Jika sudah, berikut adalah cara membuat VCN dengan BNI Mobile Banking:

  1. Download dan install aplikasi BNI Mobile Banking di Play Store untuk Android dan di App Store untuk iOS.
  2. Sila login ke Mobile Banking-nya. Bisa pakai username dan MPIN atau pakai fingerprint.
  3. Untuk membuat VCN, di halaman utama aplikasi tersebut kalian akan melihat menu BNI Debit Online. Klik.
menu utama BNI mobile banking
  1. Klik menu Kartu BNI Debit Online Saya, lalu klik tombol Buat Kartu.
buat kartu vcn bni baru
  1. Akan muncul syarat dan ketentuan terkait layanan VCN, scroll ke bawah lalu centang di kotak yang disediakan. Klik tombol Saya Setuju.
  2. Silakan tentukan Tujuan Transaksi, Masa Berlaku, dan Limit atau saldo VCN.
input nominal saldo vcn
  1. Setelah itu kalian akan diminta untuk mengisi password transaksi. Silakan isi lalu klik tombol Lanjut.
input password transaksi mobile banking
  1. Selesai. Informasi terkait VCN BNI yang kalian minta akan dimunculkan di layar.

Catatan: Kalian bisa mendaftarkan nomor yang sama untuk Mobile Banking dan SMS Banking BNI.

3. Cara Membuat VCN BNI via Kode Dial

Kalian juga bisa membuat VCN via kode dial di HP masing-masing. Berikut adalah detailnya:

  1. Ketik *141*1# (Telkomsel) atau *141*2# (Indosat dan XL); selain kedua kartu di atas, sila ditanyakan ke customer service.
  2. Setelah keluar menu, sila ikuti alurnya: e-Commerce > e-Payment > BNI Debit Online (VCN) > Input saldo VCN > Input 2 PIN SMS Banking sesuai yang diminta > Notif SMS VCN akan dikirim ke HP kalian.
  3. Selesai.

Cara Kerja BNI Debit Online

Sebagai informasi tambahan, kami akan tuliskan secara sederhana terkait cara kerja dari layanan ini. Tentu dengan bahasa orang awam, karena kami juga kurang begitu paham teknisnya. Tapi intinya …

Dengan membuat VCN, kalian seakan-akan membuat kartu kredit yang bersifat sementara. Namun bedanya, kartu kredit tersebut memiliki saldo atau limit transaksi yang diambil dari rekening utama (tidak seperti lazimnya kartu kredit yang tidak punya saldo; hanya tagihan).

Dengan kartu kredit sementara tersebut, kalian bisa berbelanja online di marketplace manapun yang kalian inginkan, selama di marketplace tersebut menerima pembayaran via kartu kredit.

Apa bedanya dengan kartu debit biasa? Bedanya dengan kartu debit biasa, VCN atau kartu debit online ini punya kode keamanan berupa tiga digit angka yang harus diinput ketika hendak melakukan transaksi.

Kemudian setelah masa berlaku VCN tersebut berakhir, saldo yang tersisa akan dikembalikan ke rekening utama kalian.


FAQ – Pertanyaan

Bagaimana cara membuat VCN atau BNI Debit Online?

Ada 3 cara yang bisa kalian coba. Pertama via SMS Banking dengan mengetik REQ (spasi) VCN (spasi) nominal, lalu kirim ke 3346. Kedua via kode dial *141*1# (Telkomsel) atau *141*2# (XL dan Indosat) lalu ikuti alur ini: e-Commerce > e-Payment > BNI Debit Online (VCN) > Input saldo VCN > Input 2 PIN SMS Banking sesuai yang diminta > Notif SMS VCN akan dikirim ke HP kalian. Ketiga via Mobile Banking yang lebih ringkas dan mudah.

Apakah request BNI Debit Online dikenakan biaya admin?

Ya. Kalau tidak salah biaya adminnya Rp.1500,-

Berapa limit saldo VCN?

Maksimum request VCN adalah Rp.1.000.000,-

Berapa lama masa berlaku VCN?

Biasanya 4 hari.

Jika saldo VCN tidak habis, apakah akan hangus?

Tidak. Saldo tersisa akan dikembalikan ke rekening utama.


Akhir Kata

Demikian. Itulah tadi cara membuat VCN BNI atau request BNI Debit Online via SMS, syntax, dan juga Mobile Banking BNI. Cara-cara di atas tentu sudah kami coba sendiri. Selain karena memang nasabah BNI, kami juga sering berbelanja online menggunakan VCN.

Akhir kata, VCN adalah layanan yang sangat bagus bagi kalian yang enggan membuat kartu kredit tapi ingin berbelanja online di marketplace luar negeri. Ya … meskipun ada limit, menurut kami sudah cukup besar jika digunakan untuk berbelanja hal-hal remeh seperti bayar hosting, misalnya.

Jika kalian ingin limit yang lebih besar, kami sarankan pakai saja kartu debit Jenius. Lebih bagus dan memang diperuntukkan untuk keperluan ini.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.