Cara Transfer Uang dengan FLIP: Gratis Transfer Uang Antar Bank

Cara Transfer Uang dengan FLIP – Apa itu FLIP? Bagaimana cara kerjanya? Apakah transfer uang antar bank bisa gratis hanya bisa dilakukan dengan FLIP? Apa saja bank yang didukung oleh aplikasi FLIP? Temukan semua jawabannya di artikel ini. Sila gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian tuju. Tks.


Disclaimer: artikel yang saya tulis di sini adalah murni pengalaman saya sendiri. Adapun informasi terkait perusahan FLIP yang saya tuliskan di sini, merupakan hasil baca-baca dari artikel yang bisa diakses publik.

Seperti yang sudah lazim diketahui, melakukan transfer dari satu perusahaan bank ke perusahaan yang lain (misal dari BNI ke BRI, BCA ke Mandiri, dst.) dikenakan biaya sebesar Rp.6.500,- per transaksi.

Baca juga: cara membuat VCN BNI

Mungkin jika dibandingkan dengan nominal transfer yang dilakukan, angka 6500 terlihat kecil. Saya pun merasa demikian dan tidak pernah ambil pusing dengan hal tersebut.

Tapi semuanya berubah ketika saya mulai menjalani bisnis dropship yang kebetulan supliernya hanya menyediakan pembayaran lewat bank-bank tertentu, yang sialnya, tidak ada satupun bank yang saya pakai.

Alhasil setiap ada penjualan, dari keuntungan yang harusnya sekian, malah berkurang 6500. Dari yang tadinya merasa nominal segitu itu kecil, kok ya jadi memberatkan.

Singkat cerita, saya mendapatkan rekomendasi dari teman untuk mulai memakai FLIP. Katanya, aplikasi tersebut bisa bypass biaya transfer antar bank sehingga gratis.

Saat pertama kali mendengarnya, alih-alih tertarik untuk langsung coba, saya justru bertanya-tanya bagaimana cara kerja aplikasi ini.

Cara Kerja Transfer Uang dengan FLIP

Setelah saya cari tahu, ternyata caranya cukup sederhana. FLIP punya banyak rekening bank. Tebakan saya di setiap rekening tersebut sudah ada saldonya masing-masing atau malah meminta pihak bank untuk menghilangkan biaya transfer, khusus untuk rekening mereka.

Jadi kita hanya perlu transfer ke rekening FLIP yang satu bank dengan yang kita miliki (karena transfer ke bank yang sama bebas biaya), lalu FLIP akan melakukan transfer dengan rekening FLIP yang lain, yang sama dengan rekening tujuan.

Skemanya bisa dilihat di gambar ini

cara transfer uang lewat flip
gambar diambil dari flip.id

Cara Transfer Uang dengan FLIP

Sebelum ke pertanyaan-pertanyaan tentang bagaimana FLIP selaku perusahaan mendapatkan keuntungan atau bank apa saja yang sudah didukung oleh sistem FLIP, saya akan berbagi dulu cara melakukan transfer antar bank lewat aplikasi FLIP. Begini …

  1. Download aplkasi FLIP dari Play Store atau App Store.
  2. Daftar akun FLIP seperti kalian daftar akun sosmed yang lain; input nama lengkap, email, password, dan nomor HP. Gampang, kok.
  3. Setelah akun kalian terdaftar, jika ada notifikasi untuk melakukan verifikasi email, silakan verifikasi seperti biasa.
  4. Di halaman utama FLIP, kalian akan menemukan tombol kirim uang gratis. Klik.
  5. Tambahkan rekening tujuan. Klik tombol tambahkan rekening baru.
  6. Pilih bank tujuan dan input nomor rekeningnya. Klik tombol cek nama untuk mengkonfirmasi benar tidaknya pemilik rekening yang dituju.
  7. Jika sudah terkonfirmasi, klik tombol lanjut.
  8. Input nominal transfer di kotak isian yang sudah disediakan. Klik lanjut.
  9. Sistem FLIP kemudian akan merekap data transaksi kalian. Silakan cek ulang nominal dan bank tujuan transfer. Pastikan sudah benar. Jika sudah, klik tombol lanjut ke metode pembayaran.
  10. Di tahap ini, pilih rekening FLIP yang sama dengan rekening bank yang kalian punya.
  11. Sistem akan membuatkan semacam invoice beserta nominal (dengan 3 digit unik di belakangnya), yang harus segera kalian transfer karena invoice tersebut hanya berlaku 24 jam.
  12. Silakan transfer ke rekening FLIP yang tertera. Jangan lupa juga nominal transfernya harus sama persis.
  13. Jika sudah transfer klik tombol saya sudah transfer. Lalu tunggu notifikasi dari FLIP bahwa uang kalian sudah sampai di rekening tujuan.
  14. Selesai.

Catatan: FLIP punya jam operasional. Biasanya transaksi kalian akan diproses hari itu juga jika kalian melakukan transfer antara jam 07:00 – 20:00. Di luar jam itu transaksi kalian akan diproses besok harinya.

Verifikasi Identitas FLIP

FLIP adalah aplikasi yang bersinggungan dengan uang. Jadi segala sesuatunya bisa menjadi sangat sensitif dan membutuhkan tingkat validasi tinggi agar tidak disalahgunakan.

Maka dari itu, FLIP sendiri membatasi transaksi setiap akun baru sampai maksimal Rp.500.000. Setelah limit tersebut tercapai, kalian harus melakukan verifikasi identitas dengan mengirimkan foto KTP, selfie, dan selfie bersama KTP.

Saya rasa ini hal yang wajar demi kenyamanan dan keamanan bertransaksi.


FAQ Cara Transfer Uang dengan FLIP

Apa itu FLIP?

FLIP adalah sebuah startup yang menjembatani antara satu perusahaan bank dengan perusahaan bank lain, sehingga biaya transfer Rp.6.500 yang biasanya berlaku jika bertransaksi antar bank bisa dihilangkan.

Apakah FLIP gratis?

Sejauh pengalaman saya memakai FLIP … gratis.

Kalau gratis, darimana FLIP mendapatkan keuntungan?

Ada penjelasan lebih lengkap di sini. Terima kasih ke Ihsan Santoso atas penjelasannya.

Kapan jam operasional FLIP?

FLIP beroprasi dari jam 07:00 – 20:00 dari hari Senin – Minggu.

Bank apa saja yang sudah didukung oleh FLIP?

Saat ini bank yang disupport Flip adalah BRI, BCA, BNI, Mandiri, Mandiri Syariah, BNI Syariah, CIMB Niaga, CIMB Niaga Syariah, Muamalat, dan BTPN, BTPN Wow, Jenius, Permata, Permata Syariah, Digibank, DBS, BRI Syariah, Gopay dan juga OVO.

Berapa limit transaksi FLIP?

Untuk akun baru, batas transaksinya itu Rp.500.000. Jika ingin menambah limit, kalian harus melakukan verifikasi data dengan mengirimkan foto selfie, KTP, dan foto selfie bersama KTP. Nanti di aplikasi akan ada petunjuknya, kok.


Akhir Kata

Demikian. Itulah tadi cara transfer uang dengan FLIP yang bisa memangkas biaya transfer sebanyak Rp.6.500 per transaksi. Saya sendiri sering menggunakan FLIP untuk transaksi antar bank. Benar-benar bermanfaat sekali untuk penggunaan personal.

Terakhir, saya buat channel youtube untuk tutorial yang sudah saya buat di sini. Silakan disubscribe, ya! Nama channelnya Gawaiso Channel. Terima kasih.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.