Cara Membuat Akun Paypal Tanpa Kartu Kredit: Daftar Paypal A-Z

Cara Membuat Akun Paypal Tanpa Kartu Kredit – Bagaimana cara daftar Paypal? Apakah daftar Paypal harus menggunakan kartu kredit? Apakah bisa menggunakan kartu debit? Temukan semua jawabannya di sini. Berikut adalah daftar isi artikelnya:


Paypal adalah teknologi fintech pertama yang mengubah perilaku berbelanja di seluruh dunia. Bagaimana tidak, sejak kehadirannya di eBay pada tahun 2002 (Paypal pertama kali dikembangkan pada tahun 1998), melakukan belanja online menjadi lebih ringkas dan sangat gampang untuk dilakukan.

Kemudian, Paypal bertransformasi menjadi media pembayaran yang paling banyak digunakan di berbagai ecommerce, marketplace, dan transaksi online apapun di seluruh dunia, terutama yang menangani pengiriman worldwide. Hingga saat ini.

Termasuk di dalamnya yaitu transaksi produk-produk digital seperti aplikasi, domain, tools, dan service yang bisa dilakukan secara remote seperti hosting atau jasa desain di fiverr.com

Pokoknya banyak lah.

Kalau di-lokal-kan, Paypal itu adalah Gopay, OVO, atau Dana. Tetapi di level yang lebih tinggi karena penggunannya ada di seluruh dunia.

Cara Membuat Akun Paypal tanpa Kartu Kredit

Masifnya penggunaan internet saat ini membuat banyak orang bisa berselancar bebas ke mana-mana. Entah itu hanya sekadar mencari informasi maupun mencari produk untuk dibeli.

Ada kasus, teman kami ingin beli sepatu Adidas Original yang baru keluar di salah satu toko online di luar negeri. Salah satu media pembayaran yang paling mungkin dipilih oleh teman kami waktu itu adalah Paypal.

Tapi sayangnya dia belum punya akun. Dia kemudian tanya, gimana sih cara membuat akun Paypal? Kami jelasin aja tuh singkatnya bagaimana. Dari A-Z; sampai dia bisa bertransaksi online menggunakan akun tersebut.

Langkah-langkahnya bisa kalian baca di bawah ini:

1. Daftar Akun Paypal Gratis!

cara daftar paypal tanpa kartu kredit

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah membuka situs Paypal. Kalian bisa melakukannya lewat aplikasi di HP ataupun via PC/laptop. Kami sarankan sih pakai PC. Menunya lebih lengkap dan tidak terlalu ribet navigasinya.

Di halaman utama akan ada beberapa informasi terkait Paypal; cara kerja, merchant populer yang mendukung Paypal sebagai media pembayaran, dll.

Mau dibaca monggo, mau tidak pun tidak apa-apa. Yang jelas di tahap ini kalian klik tombol Daftar Sekarang atau Sign up.

2. Pilih Jenis Akun Pribadi atau Bisnis?

membuat akun paypal tanpa kartu kredit rekening pribadi

Setelah kalian meng-klik tombol Daftar, kalian akan dibawa ke sebuah pilihan jenis rekening; pribadi dan bisnis. Apa bedanya?

Rekening Paypal pribadi biasanya diperuntukkan bagi pengguna individual yang melakukan transaksi jual-beli secara personal.

Sementara Rekening Paypal bisnis diperuntukkan bagi perusahaan yang melakukan transaksi jual-beli atas nama unit usaha. Biasanya tipe rekening ini bisa dikaitkan dengan toko online yang dimiliki usaha tersebut.

Silakan disesuaikan saja. Tapi kami sarankan pilih saja dulu rekening pribadi, toh nanti bisa diupgrade jadi akun bisnis.

Klik tombol berikutnya.

3. Siapa Kalian?

jenis rekening paypal

Di halaman berikutnya kalian akan ditanya tentang identitas. Apakah kalian seorang pembeli, penjual individu, atau keduanya.

Kami sarankan pilih Kedua hal di atas agar akun kalian punya fitur kirim dan terima.

Ya … meskipun, mungkin, sekarang kalian butuh akun Paypal untuk beli barang, manatau besok lusa kalian buka jasa freelance di Fiverr.com dan memilih Paypal sebagai cara kalian dibayar.

Klik tombol berikutnya.

4. Konfirmasi Kontak

input nomor hp
nomornya ngasal buat contoh aja

Untuk mendaftar Paypal kalian harus mengkonfirmasi kontak yang kalian gunakan.

Bukan email. Kontak yang pertama kali ditanya oleh Paypal adalah nomor HP. Jadi sila gunakan nomor HP kalian yang aktif untuk mendaftar ke Paypal.

Setelah kalian menginput nomor HP ke kotak yang disediakan, pihak Paypal akan mengirimkan kode konfirmasi ke SMS.

Selanjutnya input kode tersebut ke kotak yang disediakan, lalu klik tombol berikutnya.

5. Tautkan Email untuk Verifikasi Kedua

input identitas

Karena Paypal adalah sebuah rekening yang bisa menampung uang, maka jelas keamanan akunnya pun harus berganda. Salah satu metoda yang digunakan oleh Paypal adalah dengan menautkan email (selain juga nomor HP).

Di bagian ini sila isikan alamat email aktif yang kalian pakai beserta nama depan dan belakang. Buat juga password dengan memenuhi syarat huruf besar, huruf kecil, dan angka. Tambahkan juga simbol agar password lebih kuat.

Oh, ya, jika rekening Paypal yang akan kalian buat ini ingin dijadikan rekening utama, kami sarankan menggunakan email yang sudah mengaktifkan two factor authentication. Apa itu? Sila baca di sini: cara mengaktifkan two factor authentication di email.

6. Isi Identitas Legal Kenegaraan

input identitas 2

Berikutnya kalian harus mengisi identitas mulai dari TTL, kewarganegaraan, alamat, dan yang paling penting adalah nomor KTP.

Kenapa diminta nomor KTP? Lagi-lagi alasannya karena Paypal adalah rekening yang bisa dipakai untuk transaksi. Legalitas dari penggunanya tentu menjadi hal yang penting.

7. Hubungkan Kartu Kredit? Lewati Saja!

Di tahap ini Paypal akan meminta kalian untuk menghubungkan kartu kredit sebagai verifikasi tahap tiga. Tapi, seperti yang sudah lazim diketahui, tidak semua orang Indonesia punya kartu kredit.

Jangankan punya, persepsi terhadap kartu kredit-pun sudah negatif sejak awal. Kartu kredit dianggap sebagai ‘kartu setan’ yang bisa membuat siapapun pemiliknya menjadi konsumtif, dll.

Padahal ya … itu kembali lagi ke pengendalian diri masing-masing. He he.

Nah, jika kalian termasuk salah satu dari orang yang belum punya kartu kredit–terlepas dari apapun alasannya- kalian bisa melewati tahap ini.

Saran: Jika enggan membuat kartu kredit, kalian bisa memverifikasi rekening Paypal menggunakan kartu debit Jenius, VCN BNI, atau memakai jasa VCC. Caranya sila baca cara verifikasi Paypal.

8. Konfirmasikan Alamat Email

Terakhir, konfirmasikan alamat email yang kalian input di langkah nomor lima.

Biasanya Paypal akan mengirim email konfirmasi dari email [email protected] Sila klik tombol Konfirmasikan Alamat Email Anda yang ada di email tersebut.

Selesai. Kini kalian sudah bisa membuat akun Paypal tanpa kartu kredit.


FAQ Cara Membuat Akun Paypal

Apakah bisa daftar akun Paypal tanpa kartu kredit?

Bisa. Tinggal daftar saja seperti biasa. Ikuti langkah-langkahnya. Pas di bagian ‘tambahkan kartu’, sila pilih Saya akan melakukannya nanti.

Apakah bisa verifikasi rekening Paypal dengan kartu debit Jenius?

Bisa. Kalian bisa menggunakan kartu debit Jenius untuk memverifikasi akun Paypal.

Selain kartu kredit dan debit Jenius, apakah ada cara lain untuk verifikasi Paypal?

Ada. Dengan VCC atau VCN BNI.


Akhir Kata

Demikian. Itulah tadi cara membuat akun Paypal tanpa kartu kredit. Tapi untuk mulai bertransaksi, kalian tetap harus menghubungkan kartu terlebih dahulu.

Nah, jika kalian tidak mau membuat kartu kredit, tenang saja. Ada cara lain yang bisa kalian gunakan untuk memverifikasi akun Paypal yaitu dengan debit Jenius, VCN BNI, atau jasa VCC yang bertebaran di Internet.

Kenapa harus menghubungkan kartu? Agar kalian bisa bertransaksi (kirim-terima uang) tanpa limit. Yang lebih penting adalah agar kalian bisa mencairkan saldo Paypal dengan mudah.

Akhir kata, jika ada yang kurang jelas monggo komentar saja di bawah. Selamat mencoba!

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.