Cara Membuat Podcast di Spotify: Upload Podcast ke Spotify Sekarang!

Cara Membuat Podcast di Spotify – Bagaimana cara upload podcast ke Spotify? Apakah membuat podcast di Spotify itu berbayar? Apa saja persyaratan agar podcast kita muncul di Spotify? Apakah kita bisa mendapatkan uang dari podcast? Temukan semua jawabannya di sini. Sila gunakan daftar isi dibawah untuk langsung ke topik yang kalian cari. Tks.


Podcast. Apa itu podcast? Menurut Wikipedia, podcast adalah rangkaian episode dari sebuah rekaman audio, yang bisa didownload secara bebas oleh khalayak umum, agar lebih mudah didengarkan kapan pun dan di mana pun.

Seiring perkembangan teknologi, kini podcast bisa didengarkan secara online tanpa harus mendownloadnya terlebih dahulu.

Nah, salah satu aplikasi untuk mendengarkan podcast yang paling populer di dunia saat ini adalah Spotify.

Ada banyak sekali podcast menarik yang bisa kalian dengarkan di sana. Mulai dari podcast bisnis, podcast sejarah, podcast ngobrol-ngobrol, podcast lucu-lucuan, dll.

Kalian sendiri pun bisa, lho, mengupload podcast ke Spotify. Gratis! alias tanpa biaya sepeserpun. Mau tau caranya? Simak langkah-langkahnya di bawah.

Ketentuan Upload Podcast ke Spotify

Sebelum mulai membuat podcast, kalian harus tahu dulu ketentuan file audio yang bisa diupload ke Spotify.

Berikut adalah syarat atau kententuan yang harus kalian penuhi:

  • Kualitas file audio yang diupload harus mempunyai bitrate antara 96 sampai 320 kbps, dengan format .mp3.
  • Ukuran file audio maksimal adalah 200 MB.
  • Jika file audionya punya bitrate 320 kbps, maka durasi maksimal audionya adalah 83 menit. Sementara jika kualitas audionya 128 kbps, durasi maksimalnya adalah 200 menit.
  • Cover podcast harus mempunyai rasio 1:1 atau persegi, dengan format gambar JPG atau PNG.
  • Judul podcast dan semua hal yang bisa dibaca pendengar, maksimal 20 karakter.
  • RSS podcast wajib memiliki nama, gambar, dan setidaknya 1 episode.

Peralatan Membuat Podcast

Oke. Setelah tahu ketentuan upload podcast ke Spotify, kini saatnya kita mengumpulkan peralatan untuk membuat podcast agar suaranya bagus dan jernih. Apa saja itu?

1. Mikrofon

Peralatan untuk membuat podcast yang pertama, tentu adalah mikrofon. Sebab mikrofon merupakan satu-satunya alat input device yang bisa merekam suara kalian ke dalam PC atau laptop.

Ada banyak sekali mikrofon yang bisa kalian pilih. Kalau baru memulai dan belum ada budget, mikrofon HP mungkin sudah cukup. Tapi jika ada budget lebih, usahakan beli mikrofon kondenser.

Baca: mikrofon podcast terbaik

2. Aplikasi Edit Audio

Agar suara rekaman kalian lebih bagus dan jernih, kalian harus mengeditnya dahulu menggunakan aplikasi edit audio seperti Adobe Audition (berbayar) atau Audacity (gratis).

Selain untuk menjernihkan suara, dengan aplikasi edit audio kalian juga bisa memotong atau menghilangkan bagian yang tidak ingin dimasukkan ke podcast dan juga mengatur bitrate dari audio tersebut agar sesuai dengan ketentuan dari Spotify.

3. Kamera atau Webcam (Opsional)

Kalau merujuk pada istilah asli, podcast merupakan file audio rekaman yang bisa dinikmati oleh siapa saja dan di mana saja.

Namun seiring berjalannya waktu, terutama karena dipopulerkan oleh Deddy Corbuzier, kini banyak podcaster yang menampilkan visual di podcastnya lalu diupload ke platform berbagi video seperti Youtube.

Nah, sekadar tips. Kalau kalian bisa main ‘dua kaki’, maka lakukanlah. Upload podcast audio ke Spotify, sementara podcast yang ada visualnya ke Youtube. He he.

Cara Membuat Podcast di Spotify

Tahap ketiga, setelah tahu ketentuan dari Spotify dan mengumpulkan peralatan penunjang pembuatan podcast, kini saatnya kalian membuat podcast sendiri. Berikut adalah hal-hal yang harus kalian lakukan:

1. Memilih Topik

Seperti yang sudah saya singgung di atas, ada banyak sekali kategori podcast di Spotify. Nah, silakan tentukan podcast kalian akan berisi tentang apa?

Kemudian pilih topik yang menarik, sedang hangat diperbincangkan, atau sedang viral agar lebih cepat menarik pendengar. Tipsnya, cari topik dengan Google Trends.

2. Membuat Narasi dan Outline

Agar pembicaraan di podcast tidak terlalu ngalor-ngidul, ada baiknya kalian membuat outline atau poin-poin penting yang akan kalian bicarakan di podcast.

Ini bisa membantu materi podcast kalian lebih terstruktur dan sesuai topik yang kalian pilih sebelumnya.

3. Mulai Rekam dan Edit

Sebelum merekam, lakukan testing terlebih dahulu kalau-kalau ada peralatan podcast yang error atau belum terkoneksi dengan sempurna.

Daripada cape-cape ngoceh tapi ujung-ujungnya gagal karena ada satu-dua hal yang kurang pas colokannya, kan rugi waktu.

Setelah itu edit rekaman suara tadi dengan aplikasi edit audio supaya lebih jernih, berformat mp3, dan memiliki bitrate tidak lebih dari 320 kbps.

Cara Upload Podcast di Spotify

Ceritanya file audio podcast kalian sudah sesuai ketentuan dari Spotify. Maka langkah terakhir adalah mengupload podcast tersebut ke platform melalui bantuan RSS feed. Bagaimana itu? Ini dia caranya:

1. Buat Akun Anchor

Anchor.fm akan membantu kalian dalam mengupload podcast ke Spotify. Jadi, silakan buat akun dulu di situs tersebut, lalu ikuti langkah-langkah di bawah:

  1. Klik tombol let’s do it pada bagian make your first episode.
membuat akun anchor fm
  1. Klik pada kotak upload si sebelah kanan, lalu cari file MP3 podcast kalian.
cara upload podcast ke spotify lewat anchor
  1. Setelah .mp3 terupload, klik tombol save episode.
  2. Isikan judul dan deskripsi dari podcast tersebut. Jangan lupa juga tentukan tanggal tayangnya.
edit judul podcast dan deskripsi podcast
  1. Di bagian bawah, upload podcast art atau podcast covernya (episode). Kemudian tentukan podcast tersebut season berapa dan episode berapa, tipe kontennya full atau trailer atau bonus, dll.
podcast art atau podcast cover beserta season
  1. Terakhir klik tombol publish now.
  2. Oh, ya, kalau baru pertama kali upload ke Anchor.fm biasanya akan ada pop up untuk informasi channel podcast yang kalian buat. Silakan isi saja sesuai topik yang kalian tentukan sebelumnya.
informasi podcast
  1. Kalian akan diminta untuk upload podcast art lagi (channel). Upload saja.

Setelah selesai mengupload podcast ke Anchor.fm, saatnya kita distribusikan podcast tersebut ke Spotify melalui RSS-nya Anchor. Cara mengetahui link RSSnya bisa ke settings > disribution.

cara upload podcast ke spotify via RSS link

Kemudian scroll ke bawah, lalu hidupkan opsi display personal email address publicly in RSS feed.

display email in rss feed

2. Upload Podcast ke Spotify

Langkah selanjutnya adalah mendistribusikan atau mengupload podcast yang sudah ada di Anchor.fm ke Spotify. Begini caranya …

  1. Akses situs Spotify for podcaster di sini. Jika belum ada akun, maka buat dulu akunnya.
  2. Klik tombol get started.
cara upload podcast ke spotify via anchor fm
  1. Paste link RSS feed yang kalian dapat dari Anchor.fm ke kolom yang disediakan.
insert rss feed ke spotify
  1. Karena Anchor.fm masih satu grup dengan Spotify, biasanya dia akan secara otomatis mendeteksi berdasarkan email kita. Klik next.
cara membuat podcast di spotify dengan menghubungkannya ke anchor
  1. Selanjutnya klik tombol send code, agar Spotify bisa mengirimkan kode dan memverifikasi email kalian.
cara membuat podcast di spotify dengan memverifikasi channel
  1. Cek email, lalu input kode yang kalian dapatkan ke kolom di Spotify.
kode verifikasi yang dikirim ke email
  1. Dekripsikan podcast kalian; di mana podcast dibuat, bahasa podcast, dan juga kategori utama dari podcast yang kalian buat.
  2. Review ulang. Jika sudah benar, klik submit.
cara membuat podcast di spotify submit podcast
  1. Selesai! Kini podcast kalian sudah terupload di Spotify.
cara membuat podcast di spotify berhasil

FAQ Cara Membuat Podcast di Spotify

Apa saja ketentuan file podcast di Spotify?

Format file harus MP3 dengan maksimal bitrate 320 kbps.

Berapa durasi maksimal file podcast yang bisa diupload ke Spotify?

Jika file audionya punya bitrate 320 kpbs maka maksimal durasi audionya adalah 83 menit. Jika bitrate audionya 128 kpbs, maksimal durasi audionya 200 menit.

Bagaimana cara upload podcast ke Spotify via Anchor?

Caranya kalian buat dulu akun Anchor.fm, terus upload podcast kalian ke sana. Terakhir, koneksikan Anchor.fm dan Spotify dengan link RSS feed yang diberikan Anchor.

Apa itu link RSS feed?

Gampangnya, RSS feed adalah saluran yang mendistribusikan update sebuah konten dari satu platform ke platform lain atau langsung ke pengguna akhir.

Bagaimana mendapatkan uang dari podcast Spotify?

Kalian tidak bisa memonetize podcast Spotify seperti Youtube. Untuk mendapatkan uang dari Spotify, kalian harus melakukan kerjasama langsung dengan sebuah brand atau perusahaan, lalu kalian membahas brand tersebut di podcast kalian.


Akhir Kata

Demikian. Itulah tadi cara membuat podcast di Spotify dan cara upload podcastnya via Anchor.fm.

Sebagai catatan, provider atau podcast hosting itu tidak hanya Anchor.fm, tapi ada juga Castbox, Buzzsprout, dll. Saya pake Anchor karena masih satu grup dengan Spotify, jadi proses upload podcastnya cenderung lebih cepat.

Terakhir, cara di atas sudah kami tes terlebih dahulu dan berhasil. Buktinya bisa kalian lihat dari screenshot di atas. Saya kira, meskipun terlihat ribet, membuat podcast di Spotify itu mudah. Tinggal niatnya saja yang dibesarkan. He he. Semoga bermanfaat, ya, tutorialnya!

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.