Cara Membuat Menu di Power Point

Cara Membuat Menu di Power Point – Bagaimana cara membuat menu di Power Point yang ketika diklik, pindah ke slide yang diinginkan? Apakah bisa membuat menu di Power Point dengan desain seperti tab? Temukan semua jawabannya di sini. Sila gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian inginkan. Tks.


Dari sekian banyak tips untuk membuat Power Point yang menarik, menurut saya, yang paling patut kalian coba adalah membuat menu yang mengarah pada setiap slide yang ada di presentasi tersebut.

Dengan menu, slide presentasi kalian nantinya akan terlihat seperti website. Atau kalau bisa lebih kreatif lagi, kalian bisa mendesain menu di Power Point sesuai selera kalian sendiri.

Sebagai contoh saja, di sini akan saya jelaskan cara membuat menu di Power Point dengan tampilan paling basic. Pengembangannya bisa kalian pikirkan sendiri, ya!

1. Cara Membuat Menu Power Point dengan Link

Berikut adalah cara menambahkan menu di slide presentasi yang kalian buat:

  1. Buka aplikasi Power Point.
  2. Desain awalnya bebas, ya, menyesuaikan saja. Di sini saya download tema Power Point dari slidesgo.com sebagai awalan.
  3. Di slide paling awal, silakan buat tombol dengan menggunakan fitur shape (insert > shape). Misalnya seperti ini:
cara membuat menu di power point
  1. Klik salah satu tombol, lalu klik insert > link.
  2. Akan muncul sebuah window. Di tab sebelah kiri, pilih menu place in this document kemudian pilih slide tujuan.
insert link di power point
  1. Sampai sini, ketika kalian meng-klik tombol yang tadi sudah dibuat, kalian akan dibawa ke slide tujuan yang sudah diatur di langkah nomor 5.
  2. Lakukan langkah-langkah di atas untuk semua tombol yang kalian buat.
  3. Selesai.

2. Cara Menambah Menu Power Point dengan Zoom

Saya kurang tahu, fitur zoom slide ini mulai ada di Power Point versi berapa. Yang jelas, kalau kalian pakai Power Point terbaru, kalian bisa membuat menu di Power Point dengan sangat mudah. Begini …

  1. Buka Power Point.
  2. Buat atau tentukan satu slide yang ingin kalian jadikan sebagai slide menu.
  3. Klik insert > zoom > slide zoom.
  4. Pilih slide mana saja yang ingin kalian jadikan menu.
pilih slide zoom
  1. Akan muncul thumbnail setiap slide yang kalian pilih. Nah, ketika thumbnail tersebut diklik, kalian akan langsung di arahkan ke slide tujuan.
buat menu dengan zoom di power point
  1. Selesai.

FAQ – Pertanyaan

Bagaimana cara membuat menu di Power Point?

Ada dua cara. Pertama, dengan fitur link atau hyperlink; kedua dengan menggunakan fitur slide zoom.

Bagaimana cara membuat menu ‘next’ di Power Point?

Caranya tinggal kalian buat shape atau tombol next, lalu insert link ke shape tersebut dan arahkan ke slide setelahnya. Selesai.

Apakah menu Power Point bisa dibuat tab?

Bisa. Silakan dikreasikan saja sendiri untuk style menunya. Pada dasarnya, mau menu tab atau apapun cara membuatnya sama saja.


Demikian. Itulah tadi dua cara yang bisa kalian gunakan untuk menambahkan menu di Power Point kalian, sehingga slide presentasi yang hendak kalian bawakan menjadi lebih menarik dan antimainstream.

Cara tersebut tentu sudah saya coba terlebih dahulu sebelum artikel ini ditulis. Saya kira, langkah-langkah di atas cukup mudah untuk diikuti. Namun sekiranya kalian agak sulit memahami bahasa tulisan saya, monggo komentar di bawah agar bisa diskusi lebih lanjut.

Terima kasih.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.