Cara Mengubah Ukuran Slide Power Point: Bisa Bikin Instastory Lho!

Cara Mengubah Ukuran Slide Power Point – Bagaimana cara mengatur ukuran slide Power Point? Apakah slide Power Point bisa dibuat ukuran A4? Apakah slide Power Point bisa dibuat ukuran 1080×1920 px untuk Instastory? Temukan semua jawabannya di sini. Sila gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian tuju. Tks.


Seperti yang sudah lazim diketahui, Power Point adalah software atau aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat slide presentasi. Dan mungkin di setiap presentasi yang pernah kalian simak, ukuran slidenya selalu landscape; seukuran dengan layar.

Hal tersebut karena secara default, Power Point memang menyediakan workspace dengan orientasi landscape. Tidak ada ceritanya ketika kalian membuka aplikasi Power Point dan membuat presentasi baru, kalian ditanya oleh aplikasi ‘Apakah mau membuat slide secara landscape atau portrait?’. Tidak ada.

Nah, tapi tahukah kalian kalau sebetulnya ukuran slide Power Point itu bisa diubah? Bahkan bisa dibuat portrait juga, lho! Simak caranya di bawah ini.

Cara Mengubah Ukuran Slide Power Point

Cara untuk mengubah ukuran slide Power Point cukup mudah. Sila ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Power Point.
  2. Sila pilih blank presentation atau kalian bisa pilih tema Power Point yang sudah disediakan (kalau mau tema yang menarik sila baca: situs download tema Power Point unik).
  3. Klik menu design > slide size > custom size.
menu design slide size
  1. Di bagian slides sized for kalian bisa memilih berdasarkan ukuran yang sudah disepakati internasional (contoh A3, A4, B5, dll.), atau bisa juga sesuai kehendak kita dengan memilih custom.
ukuran slide power point
  1. Misal kalian ingin membuat slide ukuran instastory, di bagian width silakan isi dengan 1080 px dan pada bagian height isi dengan 1920 px. Ingat ya, satuannya px bukan cm. Nanti secara otomatis akan diubah ke satuan cm, kok.
  2. Akan muncul jendela baru yang meminta kalian untuk memilih maximize atau ensure fit. Kalau slide kalian masih kosong, kalian bebas pilih mana saja. Tetapi jika slide kalian sudah ada objeknya, saya rasa mending dicoba satu-satu; lalu pilih mana yang tidak terlalu banyak mengubah posisi objek dalam slide.
scaling slide power point

FAQ – Pertanyaan

Bagaimana cara mengubah ukuran slide Power Point?

Mudah. Caranya masuk ke menu design. Di sana akan ada sub menu slide size. Klik. Silakan tentukan ukuran slide yang kalian inginkan berdasarkan standar ukuran internasional (A4, A5, B5, dll.) atau bisa juga custom.

Apakah slide Power Point bisa dibuat jadi A4?

Sangat bisa. Silakan praktikkan cara-cara di atas (menu design > slide size).

Apakah slide Power Point bisa dipakai untuk mendesain Instastory?

Bisa. Pertama-tama atur ukuran slidenya agar jadi 1080 x 1920 px. Kemudian silakan desain sesuai kebutuhan.


Demikian. Itulah cara saya mengubah ukuran slide Power Point. Cara di atas tentunya selalu saya gunakan untuk membuat undangan pernikahan digital, yang ukuran slidenya di-set ke 1080 x 1920 px.

Langkah-langkah di atas saya kira cukup mudah untuk diikuti. Namun jika ada pertanyaan, sila komentar saja di bawah, ya! Terus … jangan lupa kunjungi Gawaiso Channel untuk tutorial berbasis video. Terima kasih.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.