Cara Membuat Power Point yang Menarik, Keren, Bagus [10 TIPS JITU]

Cara Membuat Power Point yang Menarik – Bagaimana cara membuat slide Power Point yang keren? Apa saja element atau objek yang harus dimasukkan ke dalam presentasi? Temukan semua jawabannya di sini. Sila gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian tuju. Tks.


Power Point adalah aplikasi atau software yang hampir pasti digunakan untuk membuat slide presentasi. Entah itu keperluan tugas sekolah, kuliah, pitching produk ke investor, atau membawakan materi di webinar.

Saya sendiri menggunakan aplikasi Power Point untuk membuat undangan pernikahan digital dengan brand Berjodoh.ID (IG @berjodohdotid).

Beberapa orang di luar sana bahkan ada yang memakai Power Point untuk menghapus background foto saja. Tidak dipakai untuk keperluan presentasi atau apapun.

Hal tersebut tentu sah-sah saja. Toh Power Point sendiri punya segudang fitur yang bisa dimanfaatkan tanpa terbatas pada satu hal saja.

Nanti akan saya buatkan artikel fungsi-fungsi lain dari Power Point, ya! Khusus di sini, saya ingin berbagi tips bagaimana cara membuat Power Point yang menarik, keren, dan bagus sehingga penyimak tidak merasa bosan ketika mendengarkan presentasi kalian.

1. Buat Headline Menarik

cara membuat power point yang menarik dengan headline yang menarik

Tips pertama untuk membuat slide presentasi kalian keren adalah dengan memilih headline yang menarik. Bahkan kalau bisa dibuat hiperbola, buat saja seperti itu.

Judul yang menarik akan membuat penyimak penasaran dan fokus pada penjelasan kalian. Dalam pitching produk ke investor, misalnya, tentu ini menjadi hal sangat krusial yang bisa memberikan kesan positif.

Misal:

  • Undangan pernikahan digital Kekinian (kurang menarik)
  • Bagaimana menghemat budget pernikahan sampai 1 juta dengan undangan pernikahan digital (menarik)
  • Cuma bikin undangan sekali, bisa dikirim ke 100, 1000, 10000, bahkan ke 1 juta tamu undangan sekaligus! (menarik)

Dalam mengerjakan tugas sekolah dan kuliah juga demikian.

Daripada:

  • Sejarah Wali Songo dalam mengislamkan Nusantara
  • Manfaat daun katuk untuk memperlancar ASI
  • Sejarah penemuan komputer

Mending:

  • Rahasia Besar Wali Songo dalam mengislamkan Nusantara
  • Itu ASI atau keran air? Kok deras sekali?
  • Sejarah penemuan komputer yang hanya diketahui kaum elit global

Itu contoh saja. Silakan dieksplor lagi lebih dalam, karena setiap bidang akan berbeda pula pendekatan dalam membuat headline yang menarik.

2. Pemilihan Warna

Tips kedua adalah menentukan warna yang akan kalian pakai dalam sebagian besar slide presentasi.

Terdengar sepele. Tapi jika kalian tahu, warna juga punya psikologinya sendiri yang akan memengaruhi mood penyimak di alam bawah sadar. Silakan pelajari sekilas dari gambar di bawah:

psikologi warna

Saran saya, sesuaikan warna utama dengan kategori presentasinya. Kemudian cari warna komplementernya (warna berlawanan). Saya kurang tahu tentang ilmu desain. Tapi sejauh yang saya baca warna komplementer itu adalah warna yang bagus ketika digabungkan.

Cara untuk mengetahui warna komplementer bisa dengan menggunakan colow wheel-nya Canva. Sila buka di sini: https://www.canva.com/colors/color-wheel/

3. Memakai Template Custom

custom power point template

Tips berikutnya adalah dengan menggunakan template custom yang tersedia di internet. Biasanya berbayar. Tapi banyak juga yang gratis jika kalian rajin eksplorasi.

Salah satu situs populer untuk mendownload template Power Point adalah slidesgo.com, freepik.com, powerpointhub.com, dan tentu saja canva.com

Kenapa harus memakai template custom? Karena … antimainstream. Kalau kalian memakai template bawaan Power Point, pasti penyimak juga pernah lihat. Alhasil kesannya jadi biasa saja. Tidak ada menarik-menariknya.

4. Memakai Font yang Sesuai dengan Topik

kombinasi font power point

Tips keempat adalah memilih font yang sesuai dengan topik presentasi. Artinya, jika topik kalian tentang sejarah yang memiliki kesan serius, jangan pernah menggunakan font yang dekoratif dan cenderung rame.

Sebaliknya, jika kalian sedang membuat presentasi tentang produk kecantikan, misalnya, pakai font yang lucu dengan kombinasi font elegan agar produk tersebut mudah diterima publik, tetapi juga terkesan premium. Pendapat saya ini, lho.

Jangan lupa juga ukuran font-nya. Jangan terlalu kecil karena akan sulit terbaca; jangan terlalu besar karena akan merusak desain utama slide presentasi.

Silakan kalian eksplor lagi tentang kombinasi font yang cocok. Saya biasanya cari kombinasi font di situs ini: https://www.fontpair.co/all

5. Menambahkan Ilustrasi Statis dan Bergerak

ilustrasi bergerak power point

Salah satu cara membuat power point yang menarik, jika memungkinkan (dan tentu sesuai tema), tambahkanlah karakter statis ataupun bergerak ke dalam presentasi yang kalian buat. Hal ini akan membuat Power Point kalian terlihat lebih menarik dan interaktif.

Saya sih suka cari ilustrasi di freepik.com. Di sana banyak ilustrasi bagus dan gratis (harus pakai atribusi, ya!) yang bisa kalian sisipkan di presentasi agar lebih menarik. Kemudian jika kalian ingin ilustrasi yang bergerak, kalian bisa cari di lottiefiles.com

6. Menambahkan Animasi ke Objek dan Tulisan

menambahkan animasi ke objek dan tulisan

Hal ini sudah lazim diketahui bahkan oleh pemula sekalipun. Ya, cara membuat Power Point yang menarik dan terlihat bagus adalah dengan menambahkan animasi ke objek yang ada di presentasi kalian. Baik itu tulisan, foto, cart, apapun kalau memungkinkan.

Hanya saja yang perlu dicatat: seragamkan animasinya! Maksimal 2 jenis animasi. Jangan terlalu banyak efek berbeda karena akan membuat peresentasi kalian sangat tidak keren dan cenderung ‘primitif’.

7. Menambahkan Transisi antar Slide

menambahkan transisi antar slide power point

Selain animasi pada setiap objek, tambahkan pula transisi antara slide. Tapi sekali lagi, seperti halnya animasi, seragamkan pula efek transisinya!

Di Power Point terbaru sudah banyak efek transisi yang bagus. Silakan disesuaikan saja dengan topik pembahasannya.

8. Menulis Poin-poin Penting saja

cara membuat power point yang menarik dengan menuliskan poin-poin penting saja

Di bagian isi presentasi, tuliskan saja hal-hal pentingnya. Jangan semua materi dimasukkin ke dalam slide karena akan membuatnya tidak menarik.

Nama aplikasinya saja sudah Power Point; kekuatan poin. Jadi akan tidak pas kalau semua teks dituliskan. Kalau mau ditulis semua, kenapa tidak pakai Microsft Word saja?

Penjelasan lebih rinci tentang poin yang ditampilkan di slide bisa kalian hafalkan atau tuliskan di kertas.

9. Menambahkan Audio dan Video

menu insert video di power point

Tips berikutnya agar slide Power Point yang kalian menarik adalah dengan menyisipkan audio berupa instrumen atau bahkan lagu, juga video yang bisa memberi penjelasan lebih jernih daripada sekadar penjelasan lisan saja.

Hal ini terbukti dari beberapa seminar yang sudah pernah saya ikuti. Presentasi yang tidak ada audio-videonya terkesan membosankan. Membuat audiens jenuh dan kehilangan ketertarikan pada materi yang dibawakan.

Sementara presentasi yang memakai audio-video, seminimal-minimalnya, membuat suasana tidak terlalu hening.

Jika kalian belum tahu cara memasukkan audio-video ke slide Power Point, bisa di baca lewat link di bawah:

10. Visualisasi Data

cara membuat power point yang menarik dengan visualisasi data

Tips terakhir yaitu memvisualisasikan data yang ada dalam presentasi. Jika kalian menyajikan data di Power Point, jangan pernah sekali-kali kalian hanya menuliskannya dalam bentuk teks!

Pakailah fitur diagram yang sudah disediakan oleh Power Point: pie chart, bar chart, histogram, line chart, flowchart, dll.

Menyajikan data dalam bentuk visual seperti itu akan membuat audiens lebih mengerti daripada sekadar dituliskan dalam bentuk poin-poin.


FAQ Cara Membuat Power Point yang Menarik

Bagaimana cara membuat Power Point yang menarik?

Ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan; pemilihan headline, template custom, font, karakter, efek animasi dan transisi, visualisasi data, dan yang paling penting adalah cara penyampaian materi ke audiens.

Apakah audio dan video bisa membuat presentasi Power Point lebih bagus?

Dalam beberapa topik, iya. Dengan audio, suasana hening ketika kalian membawakan materi presentasi bisa dihilangkan. Kemudian dengan video, kalian bisa menyampaikan pesan atau materi lebih jelas. Sebab menurut penelitian, kebanyakan orang akan lebih mudah menangkap maksud dari tulisan jika ditambahkan visualisasinya (video).

Kenapa harus menuliskan poin-poin penting saja?

Karena Power Point memang didesain untuk menuliskan poin-poin saja. Meskipun sebenarnya kalian bisa menuliskan seluru materi ke dalam slide, tapi saya bisa jamin hasilnya tidak akan menarik.


Akhir Kata

Demikian. Itulah tadi 10 tips dari Gawaiso untuk membuat presentasi slide Power Point kalian menjadi lebih menarik, bagus, dan tentunya berbeda dari yang lain.

Semoga bermanfaat, ya! Terima kasih.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.