Cara Membuat Instagram Bisnis dan Creator: Tipe-tipe Akun IG

Cara Membuat Instagram Bisnis dan Creator – Bagaimana membuat akun Instagram personal kita menjadi akun bisnis? Apa pula itu akun Instagram creator? Apa perbedaan di antara keduanya? Ada berapa jenis akun Instagram, sih, sebenarnya? Temukan semua jawabannya di artikel ini. Baca sampai tuntas, ya!


Instagram bisnis adalah akun Instagram yang mempunyai fitur-fitur tambahan, untuk membantu proses ‘dagang’ para pemilik toko online yang menjadikan Instagram sebagai salah satu corong penjualannya.

Mungkin beberapa dari kalian menggunakan trik dengan menyematkan link WhatsApp langsung menuju chatting di bio akun kalian. Namun dengan mengubah akun personal kalian menjadi akun bisnis, ada beberapa benefit lainnya yang bisa kalian rasakan. Ini …

link responsif: [adinserter block=”2″]

Fitur Utama Instagram Bisnis

Ketika akun kalian beralih dari akun personal ke akun bisnis, ada beberapa fitur tambahan yang akan kalian dapatkan. Di antaranya:

  • Memperoleh insight atau metrik atau laporan tentang kinerja postingan kalian.
  • Bisa mengetahui persona orang-orang yang mengikuti akun kalian seperti umur, jenis kelamin, asal daerah, dll.
  • Bisa menambahkan CTA alias call to action alias tombol yang bisa digunakan untuk mengarahkan calon customer agar menghubungi kalian.
  • Bisa menambahkan informasi tentang lokasi toko, jam operasional, dan nomor kontak yang bisa dihubungi.
  • Bisa dihubungkan dengan fans page Facebook; memposting foto atau video Instagram lewat PC dan melakukan postingan terjadwal via Facebook creator studio.
  • Bisa kirim DM Instagram di PC lewat fans page Facebook; seperti kirim chat biasa. Artinya lebih efisien.
  • Manajemen komentar yang praktis.
  • dll.

Ada Juga Akun Instagram Tipe Creator

Bagi yang belum tahu, selain akun bisnis, Instagram juga menyediakan akun tipe creator yang biasanya dipakai oleh para influencer.

Fitur-fitur yang ditambahkan pada akun ini hampir mirip dengan Instagram bisnis, cuma ada perbedaan sedikit saja. Jadi kami tidak akan menuliskan ulang poin-poin di atas.

link responsif: [adinserter block=”2″]

Yang akan kami tekankan di sini adalah … siapapun bisa membuat akun bisnis ataupun akun creator. Artinya, walaupun followers kalian masih ratusan, kalian akan tetap bisa menggunakan fitur-fitur tambahan di atas.

Konsekuensinya hanya akun kalian jadi tidak bisa digembok alias tidak bisa diprivate. Ya wajar lah.

Cara Membuat Instagram Bisnis dan Creator

Karena cara pembuatannya hampir sama, maka kami satukan tutorialnya di sini. Kalian hanya tinggal menentukan mau buat akun apa, dan kategorinya apa.

Time needed: 3 minutes.

Berikut ini adalah cara membuat Instagram bisnis dan/atau creator:

  1. Buka account settings Instagram

    Langkah pertama, buka aplikasi Instagram > simbol strip tiga > settings > account.

  2. Beralih ke akun professional

    Di paling bawah ada link bertuliskan switch to professional account. Tap.

  3. Beralih ke Instagram bisnis atau creator?

    Selanjutnya tentukan, akun personal kalian mau dibuat jadi akun apa? Kalau di keterangannya sih, akun creator cocok untuk influencer, publik figur, pembuat konten, politisi, dll; sementara akun bisnis cocok untuk brand, toko online, organisasi, dll.
    cara membuat instagram bisnis dan creator

  4. Pilih kategori

    Selanjutnya, pilih kategori akun profesional kalian. Sesuaikan dengan deskripsi akun yang kalian kelola. Selesai.

link responsif: [adinserter block=”5″]

Catatan: kalian bisa bebas berganti-ganti dari tipe akun satu ke tipe akun lainnya; misal hari senin kalian mengubah akun personal menjadi akun bisnis, hari selasanya kalian ubah lagi menjadi akun personal. Di hari yang sama, kalian ubah lagi akun personal tersebut menjadi akun creator.


Yang Sering Ditanyakan tentang Instagram Bisnis dan Creator

Bagaimana cara membuat Instagram bisnis?

Bukan membuat, lebih tepatnya mengubah tipe akun dari tipe personal ke tipe bisnis. Caranya cukup mudah, kalian cukup masuk ke settings Instagram > account > switch to professional account > pilih kategori > selesai.

Bagaimana cara membuat Instagram creator?

Caranya sama dengan membuat Instagram bisnis, hanya saja setelah kalian men-tap link switch to professional account, yang kalian piilh harus akun tipe creator.

Apa perbedaan Instagram bisnis dan Instagram creator?

Keduanya hampir sama. Hanya saja di akun tipe creator akan ada tambahan menu creator–karena memang dikhususka untuk influencer- yang di dalamnya ada fitur untuk menandai branded content atau konten yang bekerja sama dengan sebuah brand.

Apa kelebihan akun Instagram bisnis?

Banyak. Di antaranya: insight untuk setiap postingan dan story, bisa menambahkan call to action (tombol) kontak di profil, bisa menambahkan jam operasional dan lokasi toko, bisa melakukan DM via PC, dll.


Tutorial Instagram Populer

Semua trik Instagram bisa kalian baca di sini.

Demikian. Seperti itulah cara membuat akun Instagram bisnis dan creator. Cara di atas sudah kami praktikkan dan masih kami pakai sampai saat ini karena kami juga mengurus beberapa akun anonim bertipe creator dan satu akun jualan bertipe bisnis.

Sekilas info, kami buat channel youtube untuk tutorial berbasis video. Ini channelnya. Disubscribe, ya, gaes.

Semoga bermanfaat, terima kasih!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: