Cara Memasukan Video ke Power Point: Menyisipkan Video ke Presentasi

Cara Memasukan Video ke Power Point – Bagaimana cara memasukkan video ke Power Point? Apa saja format video yang didukung oleh Power Point? Berapa durasi maksimal video yang bisa dimasukkan ke Power Point? Bagaimana agar ukuran file PPT yang berisi video tidak besar? Temukan semua jawabannya di sini. Sila gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian tuju. Tks.


Di artikel sebelumnya, saya sudah membahas tentang cara membuat video di Power Point atau mengubah file PPT menjadi sebuah video. Nah, di sini saya akan menjelaskan hal yang lebih simpel lagi yaitu … menambahkan video ke slide presentasi yang sedang kalian buat.

Dalam beberapa presentasi, video ternyata cukup bisa memberikan penjelasan lebih jernih ketimbang yang diucapkan oleh pembicara. Biasanya, video ditambahkan ke slide sebagai pelengkap atau penyempurna sebuah penjelasan, agar maksud dari presentasi tersebut bisa tersampaikan dengan baik.

Dosen di kampus istri saya juga begitu. Ketika menjelaskan sesuatu, selalu ada sebuah video yang menjadi ilustrasi dan mempertegas apa yang sedang dijelaskan.

Saya kira ini hal yang bagus mengingat banyak juga yang cara belajarnya lebih prefer ke audio visual daripada teks atau sekadar lisan saja.

Kembali ke topik, bagaimana sih caranya memasukan video ke Power Point? Ini dia caranya …

Cara Memasukan Video ke Power Point

Sebetulnya, cara memasukan video ke Power Point itu mudah. Yang nanti akan menjadi pertanyaan lebih lanjut mungkin soal bagaimana agar file PPT yang berisi video tersebut bisa lebih kecil ukurannya.

Itu akan saya jelaskan belakangan. Berikut adalah cara menyisipkan video ke Power Point:

  1. Buka file PPT yang ingin kalian tambahkan video.
  2. Pilih slidenya di samping kiri.
  3. Klik menu insert > video. Di sana akan muncul tiga opsi:
    • This device: menambahkan video dari hardisk PC atau laptop kalian.
    • Stock videos: menambahkan video dari library atau galerinya Microsoft (berbayar dan harus download).
    • Online video: menambahkan video dari URL; mendukung URL Youtube, Stream, Slideshare, dan Vimeo.
menu insert video di power point
  1. Pilih this device karena pilihan videonya bisa sesuai dengan keinginan kalian. Selain pula gratis dan tidak butuh koneksi internet.
  2. Cari videonya lalu klik insert. Oh, ya, Power Point mendukung banyak sekali format video. Tapi saya sarankan pakai video dengan format populer saja seperti mp4, avi, mkv, atau wmv.
  3. Atur ukuran video dengan menggeser ujung-ujungnya. Setelah itu atur juga posisi videonya mau disisipkan di sebelah mana.
  4. Selesai.

Gampang bukan? Ya memang semudah itu menambahkan video ke Power Point. He he. Sekarang coba kalian save dulu file tersebut lalu lihat sizenya.

Cara Kompres File Power Point

Sudah cek ukuran filenya? Saya tebak pasti membengkak, ya? Ya pasti. Soalnya di file tersebut berisi video yang biasanya ukurannya besar. Bagaimana cara memperkecil ukuran filenya? Begini …

  1. Klik file > info.
  2. Di sana akan ada menu media size and performance. klik.
menu file info di power point
  1. Pilih resolusi video yang kalian inginkan. Saya kira 720p sudah cukup. Tapi kalau mau yang lebih jernih kalian bisa pilih yang 1080p. Hanya saja perlu diingat, jika sumber videonya memiliki resolusi yang kecil, memilih opsi 1080p tidak akan membuat video tersebut menjadi lebih jernih.
  2. Tunggu proses kompres selesai. Setelah itu save lagi filenya.
  3. Sekarang lihat ukuran file PPT yang barusan sudah kalian kompres.
  4. Selesai.

Ini perbandingan file yang belum dikompres dengan file yang sudah dikompres menggunakan fitur media size and performance bawaan power point.

perbandingan file ppt yang belum dan sudah dikompres

Dari yang tadinya mempunyai ukuran 40 MB menjadi 22 MB. Memangkas hampir 50% ukuran filenya. Keren.


FAQ – Yang Sering Ditanyakan

Bagaimana cara memasukan video ke slide Power Point?

Caranya klik menu insert > video > this device, lalu cari videonya di hardisk PC atau laptop kalian. Klik tombol insert. Terakhir atur ukuran video dengan menggeser ujung-ujungnya.

Apa saja format video yang bisa disisipkan ke file Power Point?

Banyak. Tapi saya sarankan untuk menyisipkan video dengan format video populer seperti mp4, wmv, avi, atau mkv.

Berapa durasi maksimal video yang bisa dimasukan ke Power Point?

Tidak ada durasi maksimal. Bebas. Tapi semuanya bergantung pada format file Power Pointnya. Jika format filenya .ppt maka durasi videonya bebas asalkan size filenya tidak boleh lebih dari 4GB; namun jika format filenya .pptx maka durasi dan file sizenya bebas tergantung kemampuan PC atau laptopnya.

Berapa ukuran video maksimal yang bisa dimasukan ke Power Point?

Ukuran video maksimal yang bisa dimasukan ke Power Point bergantung pada format file yang kalian pilih. Jika kalian memilih format .ppt (format Power Point jadul), maka ukuran video maksimal adalah kurang dari 4GB. Soalnya ukuran file dengan format .ppt tidak boleh lebih dari 4GB. Tapi jika kaliain memilih format .pptx (format Power Point yang baru), maka ukuran video maksimalnya bebas.

Bagaimana cara agar ukuran file Power Point yang ada videonya tidak terlalu besar?

Caranya adalah dengan mengkompres filenya di menu file > info > media size and performance.


Demikian. Itulah tadi cara memasukan video ke dalam slide Power Point sekaligus mengkompres file PPT-nya agar lebih kecil.

Cara di atas sering saya lakukan. Dan saat ini, saya kira, tidak ada cara termudah selain apa yang sudah saya tulis di atas.

Namun, jika ada dari pembaca sekalian yang kesulitan dalam mengikuti langkah-langkah di atas, monggo kasih komentar saja di kolom komentar.

Terakhir, jangan lupa subscribe channel saya di Gawaiso Channel, ya! Terima kasih.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.