Cara Menggabungkan Video di Laptop-PC, Android-iOS, dan Online

Cara Menggabungkan Video – Bagaimana cara menggabungkan video di laptop atau PC? Software editing video gratis apa yang bisa melakukannya? Apakah ada aplikasi Android atau iOS yang bisa menggabungkan video langsung dari HP? Terus, apakah bisa menggabungkan beberapa video menjadi satu secara online? Temukan semua jawabannya di sini. Sila gunakan daftar isi untuk langsung ke topik yang kalian cari. Tks.


Trend sosmed terus berganti. Kini kita memasuki babak di mana konten-konten video lebih diminati ketimbang konten teks ataupun gambar.

Hal ini bisa dibuktikan dengan TikTok yang semakin hari semakin banyak saja penggunanya. Kemudian, seolah tidak ingin tertinggal tren, Instagram meluncurkan fitur Instagram Reels dan Youtube meluncurkan fitur Youtube Shorts.

Buat apa? Ya … karena memang sekarang zamannya konten video.

Tapi tidak terbatas di konten video pendek, ya. Konten video panjang di Youtube atau Facebook juga masih banyak diminati. Malah menjadi pilihan banyak influencer untuk memperoleh penghasilan tambahan dari Adsense atau Adbreak.

Nah, bagi kalian yang ingin mulai membuat konten video, salah satu teknik dasar yang harus dipelajari adalah menggabungkan beberapa video menjadi satu.

Baik itu digabung menjadi berurutan, digabung dengan posisi atas-bawah, ataupun digabung dengan posisi kanan-kiri. Bagaimana caranya?

Cara Menggabungkan Video di Laptop-PC

Di sini saya akan jelaskan beberapa cara menggabungkan video di laptop-PC, menggunakan software yang hampir bisa dipastikan ada di setiap laptop-PC. Apa itu? Jawabannya Power Point.

Ya. Kita akan memanfaatkan Power Point untuk menggabungkan video di laptop-PC. Tapi jika kalian punya software editing video PC gratis seperti OpenShot atau yang premium seperti Adobe Premiere dan Filmora, akan saya sertakan juga caranya di bawah.

Berikut adalah cara menggabungkan video di laptop-PC:

[Power Point] Cara Menggabungkan Video secara Berurutan

Berurutan dalam artian setelah video 1 selesai akan berlanjut ke video 2; setelah video 2 selesai, berlanjut ke video 3, dst.

  1. Pertama, kalian buka dulu Power Pointnya, lalu klik blank presentation.
  2. Sesuaikan orientasi slide dengan video yang akan kalian gabungkan. Portrait? atau landscape? Sebagai contoh saya menggunakan video portrait. Jadi, ubah orientasinya di menu design > slide size > custom slide size > portrait.
slide size portrait gabung video
  1. Kedua, insert video 1 yang ingin kalian gabungkan dengan mengklik menu insert > video > this device, lalu cari videonya. Silakan atur posisi dan ukuran video agar pas dengan slide.
insert video 1 ke power point gabung video
  1. Ketiga, tambahkan slide baru di menu home > new slide. Kemudian insert video 2 dan atur posisi serta ukurannya. Begitu seterusnya untuk semua video yang ingin kalian gabungkan menjadi satu.
insert video 2, 3, dst ke power point gabung video
  1. Setelah semua video yang ingin kalian gabungkan ada di Power Point, silakan export file presentasi tersebut menjadi video. Caranya klik file > export > create a video. Selengkapnya tentang export video di Power Point, bisa baca ini: cara export PPT jadi video.
export jadi video di power point gabung video

Selesai. Kini video-video tersebut sudah bergabung secara berurutan. Mudah bukan? Mudah, dong. Tinggal insert video saja terus export.

[Power Point] Menggabungkan Video dalam Satu Frame

Berikutnya adalah menggabungkan beberapa video dalam satu frame atau dalam istilah kerennya membuat video collage. Caranya cukup mudah, begini …

  1. Buka Power Point lalu buat slide baru (blank presentatio).
  2. Tentukan ukuran slidenya karena akan sama dengan ukuran video output. Misalnya untuk feed Instagram yang punya rasio 1:1, maka lebar dan tinggi slidenya dibuat sama.
  3. Insert semua video yang ingin kalian gabungkan dalam satu frame ke Power Point dengan mengklik menu insert > video > this device. Contoh di bawah, saya menggabungkan 2 video.
gabungkan video jadi satu frame power point
  1. Export slide tersebut menjadi sebuah video dengan mengklik file > export > create a video. Silakan atur resolusi dan tempat penyimpanannya.

Selesai. Mudah bukan menggabungkan video jadi satu frame di laptop-PC menggunakan Power Point? Untuk tampilan yang lebih aesthetic dan rapi, silakan disesuaikan saja.

Trik Power Point lainnya bisa kalian baca di sini: Trik Memaksimalkan Power Point

[Movie Maker] Cara Menggabungkan Video Berurut di Windows

Di tutorial ini akan saya contohkan caranya dengan menggunakan video editor bawaan Windows 10. Kalau di Windows versi sebelumnya mungkin ada Movie Maker. Fiturnya sama saja. Cuma nama yang berubah. Disimak, yuk!

  1. Buka software video editor.
  2. Di layar awal, tambah project dengan mengklik simbol plus (+), lalu beri nama projectnya.
  3. Di kiri atas, klik tombol add > from this PC, lalu tambahkan video-video yang ingin kalian gabungkan.
  4. Selanjutnya drag and drop semua video dari project library ke storyboard di bawah. Ingat, harus berurutan.
cara merge video di windows 10 - video editor drag drop
  1. Di kanan atas, klik tombol finish video, lalu tentukan kualitas video output.
  2. Selesai.

Jika dibandingkan dengan Power Point, saya kira cara ini lebih mudah. Namun saya pribadi belum ketemu cara menggabungkan video jadi satu frame dengan software video editor Windows 10 ini. Jadi, terkhusus untuk membuat video collage, silakan pakai saja Power Point.

[Premiere] Cara Menggabungkan Video Berurutan dengan Adobe Premiere

Adobe Premiere adalah software editing video advance, yang banyak dipakai oleh profesional dalam bekerja dan membuat sebuah karya.

Bagi software ini, menggabungkan beberapa video menjadi satu bukanlah hal yang sulit. Hanya saja, mungkin, bagi orang yang baru belajar akan sedikit dibuat rumit oleh tampilannya.

Nah, bagaimana cara menggabungkan dua video atau lebih secara berurutan di Adobe Premiere? Begini …

  1. Buka software Adobe Premiere, lalu buat project baru.
  2. Setelah itu, drag and drop video-video yang ingin kalian gabungkan ke kolom project.
  3. Drag video 1 dari kolom project ke kolom timeline di sebelah kanan.
  4. Drag video 2, 3, 4, 5, dst. ke kolom sebelah kanan secara berurutan.
  5. Setelah mengurutkan video-video di kolom timeline, tekan Ctrl + A lalu klik file > export > media.
  6. Silakan atur resolusi video dan tempat penyimpanannya. Selesai.

Itulah cara menggabungkan video secara berurutan menggunakan Adobe Premiere di laptop-PC.

Cara Menggabungkan Video di Android-iOS

Cara pertama adalah menggabungkan video di HP Android. Berikut adalah caranya:

  1. Download dan install aplikasi VEdit Video Cutter and Merger di Play Store.
  2. Buka aplikasi tersebut. Lalu di layar utama tap menu merge.
cara menggabungkan video di hp android - veedit
  1. Pilih video-video yang ingin kalian gabungkan menjadi satu. Sebagai contoh saya memilih 6 video. Tap tanda ceklis di kanan atas.
  2. Selanjutnya kalian akan di bawa ke halaman baru. Di bawah kalian akan menemukan tombol plus (+) untuk menambahkan video lain, dan tombol merge untuk mulai menggabungkan video kalian.
cara menggabungkan video di hp android - merge
  1. Setelah tap tombol merge, kalian akan muncul dialog untuk mengatur resolusi, kualitas video, dan frame rate output. Silakan disesuaikan dengan keinginan saja. Bisa HD, full HD, dll. Tap continue.
cara menggabungkan video di hp android - merge 2
  1. Beri nama file video baru setelah digabungkan. Tentukan juga tempat penyimpanannya. Tap done.
  2. Tunggu prosesnya.
  3. Selesai. Kini video-video kalian sudah bergabung menjadi satu.

Catatan: saya merekomendasikan cara ini untuk dicoba terlebih dahulu. Selain karena aplikasinya lumayan kecil, kalian juga tidak perlu memiliki kuota data, karena kalian tidak perlu melakukan upload video ke internet.

Cara Menggabungkan Video secara Online

Selanjutnya adalah cara menggabungkan video tanpa aplikasi alias cara online. Cara ini membutuhkan kuota untuk upload dan download. Jadi, besarnya ukuran video akan memengaruhi berapa banyak data yang terpakai.

Berikut ini adalah cara menggabungkan video secara online:

  1. Buka situs aconvert.com
  2. Di menu sebelah kiri, kalian akan menemukan video > merge.
  3. Selanjutnya, klik tombol choose files lalu pilih video pertama yang ingin kalian gabungkan dengan video-video lainnya.
cara menyatukan video online - aconvert
  1. Klik tombol submit dan tunggu proses upload selesai.
  2. Ulangi langkah di atas untuk video bagian kedua, ketiga, keempat, dst.
  3. Di kolom source kalian akan melihat keterangan video 1 + video 2 + video 3 + … itu adalah tanda bahwa video-video kalian sudah digabungkan.
Cara Menggabungkan Video di Laptop-PC, Android-iOS, dan Online
  1. Klik simbol download di output baris terakhir atau di video yang paling sempurna.
  2. Kalian akan diarahkan pada halaman download. Klik link di file URL untuk mendownload video tersebut.
Cara Menggabungkan Video di Laptop-PC, Android-iOS, dan Online
  1. Selesai.

Catatan: cara ini bisa kalian gunakan di smartphone Android dan iPhone/iOs. Kalian cukup buka browser, kunjungi situs aconvert, lalu ikuti tutorial di atas.


Yang Sering Ditanyakan tentang Menyatukan Video

Bagaimana cara menggabungkan video di HP?

Gampang. Ada banyak aplikasi yang bisa kalian pakai. Salah satunya adalah VEdit yang bisa kalian download dan install di playstore. Silakan ke sini untuk tutorial lengkapnya.

Bagaimana cara menggabungkan video secara online?

Caranya, kalian buka browser lalu masuk ke situs yang menyediakan tools untuk menggabungkan video. Bisa aconvert, bisa kapwing, bisa clideo, bisa pixiko, dll. Secara garis besar, tools tersebut memiliki cara kerja yang sama; upload, proses, download.

Bagaimana cara menggabungkan video di laptop?

Kalian bisa menggunakan software editing video apapun yang ada. Bisa Adobe Premiere, Filmora, Vegas, atau yang tersedia di komputer kalian seperti Windows Movie Maker atau Video Editor.

Apakah kualitas video yang digabungkan akan berkurang?

Tergantung settingan kalian. Biasanya di setiap editor akan ada opsi untuk mengatur resolusi.

Apakah video yang sudah digabungkan bisa dipotong lagi?

Bisa. Silakan baca cara memotong video untuk status WhatsApp. Secara garis besar caranya sama.


Akhir Kata

Semua tutorial edit video di sini.

Demikian. Seperti itulah cara menggabungkan beberapa video menjadi satu video utuh dengan kualitas HD. Cara ini tentu sudah saya coba dan WORK 100%. Namun, bila kalian menemukan kendala setelah mengikuti langkah-langkah di atas, monggo dikomentar saja.

Oh ya, Gawaiso juga punya channel youtube untuk tutorial berbasis video. Disubscribe, ya!

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.