Cara Chat WhatsApp tanpa Save Nomor: Dengan dan Tanpa Aplikasi

Cara Chat WhatsApp tanpa Save Nomor – Bagaimana cara chat WA tanpa save nomor terlebih dahulu? Apakah harus pakai aplikasi lagi? Apa untung-ruginya chat WA tanpa save nomor? Temukan semua jawabannya di sini. Sila gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian cari. Tks.


WhatsApp sebagai aplikasi pesan instan, memainkan sebuah peranan penting dalam komunitas masyarakat internet / netizen. Aplikasi tersebut menjadi penghubung antar orang dengan orang, orang dengan komunitas, bahkan orang dengan sebuah perusahaan.

Dengan WhatsApp, pengguna bisa saling berkirim teks, gambar, video, audio, dll. Hanya saja, seperti yang sudah kita ketahui sama-sama, nomor HP menjadi aspek terpenting ketika menggunakan aplikasi ini.

Ya. Kalian harus save nomor pengguna lain terlebih dahulu ke daftar kontak, sebelum memulai chat baru via aplikasi langsung. Sebab nomor HP yang belum disimpan tidak akan muncul di daftar kontak aplikasi WhatsApp.

Tapi tahukah kalian kalau ternyata kita bisa chat WhatsApp tanpa save nomor terlebih dahulu? Hal tersebut bisa dilakukan dengan sebuah fitur bernama click to chat.

Syaratnya, tentu saja kalian harus tahu dulu nomor HP yang ingin kalian chat. Setelah itu, monggo ikuti cara-cara di bawah. Kami sudah tuliskan secara mendetail cara chat WA tanpa save nomor terlebih dahulu, baik itu dengan aplikasi maupun tanpa aplikasi sama sekali.

Cara Chat WhatsApp tanpa Save Nomor

Seperti yang sudah kami bilang sebelumnya di atas, menyimpan nomor orang lain yang tidak kita kenal itu bikin malas. Selain ribet, kita juga tidak akan chat-chatan lama dengan nomor itu, kan?

Jadi kita perlu cara. Cara agar bisa chat dengan orang yang nomornya belum kita simpan.

Caranya begini …

Cara 1: Aplikasi Click to Chat WhatsApp

Cara pertama adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama Click to Chat. Aplkasi ini bisa kalian unduh secara gratis di Play Store dan telah mendapatkan rating yang cukup tinggi.

Dengan aplikasi ini kalian bisa dengan mudah menghubungi pengguna WhatsApp lain tanpa harus menyimpan nomornya terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Begini …

  1. Download dan install aplikasi Click to Chat di playstore.
  2. Buka aplikasi Click to Chat.
  3. Di layar utama, atur kode negara. Untuk Indonesia kodenya +62.
  4. Masukan nomor yang akan kalian chat WA di kotak yang disediakan. Kemudian tap tombol open.
cara chat whatsapp tanpa save nomor - aplikasi click to chat
  1. Secara otomatis WhatsApp akan terbuka dalam keadaan chatting dengan nomor yang kalian input sebelumnya.
  2. Selesai.

Cara 2: Link WhatsApp https://wa.me di Google Chrome

Cara kedua yaitu dengan memanfaatkan gateway wa.me di browser kalian (bisa di HP atau di PC/laptop). Bebas. Bisa Google Chrome, Opera, UC Web, DuckDuckGo, dll.

Cara memanfaatkan gateway wa.me terbilang cukup mudah. Begini …

  1. Copy nomor yang ingin kalian hubungi.
  2. Ubah awalan nomor tersebut dengan kode negara tanpa tanda plus; dari yang asalnya (contoh: 081123456789 menjadi 6281123456789).
  3. Buka Google Chrome atau browser lain yang biasa kalian pakai.
  4. Ketik https://wa.me/ di address bar browser diikuti dengan nomor yang ingin kalian hubungi. Berikut adalah formatnya:
    • https://wa.me/628123456789 (akan mengirim chat ke nomor 08123456789 tanpa teks apapun).
    • https://wa.me/628123456789?text=Hallo%20Saya%20Gawaiso.com (akan mengirim chat ke nomor 08123456789 dengan teks ‘Hallo Saya Gawaiso’). Pelajari cara bikin teks untuk link WA di artikel ini.
cara chat wa tanpa save nomor - tautan wame
  1. Secara otomatis kalian akan diarahkan ke laman WhatsApp > tap tombol message. Setelah itu aplikasi WhatsApp akan terbuka.
  2. Selesai.

Cara 3: Fitur Teks Editor

Ini adalah cara yang paling menarik sekaligus cara tergampang. Tapi kami belum tahu apakah setiap HP sudah mendukung fitur ini apa belum? Mudah-mudahan sudah semua, ya!

Tidak ada salahnya kalian mencobanya.

Caranya …

  1. Copy nomor yang ingin kalian hubungi di note, atau aplikasi apapun yang bisa mem-paste teks.
  2. Blok nomor itu dengan men-tap-nya agak lama sampai muncul opsi untuk cut, copy, paste, dll.
  3. Di samping opsi itu ada simbol titik tiga. Tap simbol titik tiga > message WhatsApp.
cara chat whatsapp tanpa simpan nomor - blok teks
  1. Selesai.

Mudah bukan? Kami juga sering pakai cara ini. Lebih praktis dan menghemat banyak waktu daripada harus simpan nomor terlebih dahulu.

Tutorial Video

Berikut adalah video yang kami buat untuk memudahkan kalian memahami apa yang saya tulis di atas. Btw, ini channel kami ya. Silakan disubscribe untuk tutorial menairk lainnya. Terima kasih.


FAQ – Pertanyaan

Bagaimana cara chat nomor WA tanpa disave dulu?

Caranya bisa dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama Click to Chat, menggunakan link gateway ‘https://wa.me’, atau menggunakan fitur dari keyboard bawaan HP.

Apakah link gateway WhatsApp ‘https://wa.me/’ bisa ditambahkan teks?

Bisa. Untuk menambahkan teks ketika kalian mengklik link ‘https://wa.me/’, kalian harus menambahkan format ‘?text=’ tanpa tanda petik, diikuti oleh teks dengan format URL (contoh: spasi diganti dengan %20, enter diganti dengan %0A, dll).

Apakah berlaku untuk nomor luar negeri?

Berlaku. Kalian hanya perlu mengubah kode negara di awal nomor saja.

Apakah ada cara untuk broadcast WhatsApp tanpa save nomor?

Ada. Tapi butuh tool berbayar. Harganya sekitar 400rb per tahun.


Demikianlah seperti itu, cara chat WhatsApp tanpa save nomor terlebih dahulu. Cara di atas tentu sudah kami coba dan WORK 100%. Namun, apabila kalian ada kendala, monggo komentar saja di bawah. Kalau kami tahu jawabannya, pasti akan kami jawab. Kalau tidak ya maaf. He he.

Semoga bermanfaat, ya! Yuk praktik.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.