Biznet dan Telkomsel, Provider Internet Tercepat di Indonesia

GAWAISO.COM – Speedtest mengumumkan laporan terkait koneksi internet paling cepat pada Q3 2021 di Indonesia. Hasilnya, Biznet dan Telkomsel menjadi provider internet paling cepat dibandingkan yang lain.

Biznet dan Telkomsel mengungguli provider lain di masing-masing layanan. Biznet menjadi jawara sebagai fixed broadband, sedangkan Telkomsel menjadi operator seluler nomor wahid terkencang di Indonesia.

Baca juga: Daftar Penyedia Internet di Indonesia

Operator Seluler

Dalam laporannya, Speedtest Intelligence mengungkapkan bahwa Telkomsel menempati urutan nomor satu sebagai operator seluler tercepat dengan speed score mencapai 30.49. Di nomor dua ada IM3 Ooredoo dengan speed score 25.68, diikuti oleh XL dengan speed score 23.93, Smartfren dengan speed score 19.03, dan Tri dengan speed score 15.52.

Tidak hanya dari kecepatan, soal latensi pun Telkomsel masih unggul dengan 30 ms latensi, disusul oleh Tri dengan 32 ms latensi, IM3 Ooredoo dengan 36 ms latensi, Smartfren dan XL dengan latensi masing-masing 41 ms.

Kemudian Speedtest juga mengukur Consistency Score untuk tiap-tiap operator seluler yang ada di Indonesia. Hasilnya Telkomsel tetap menjadi jawara dengan skor konsistensi sebesar 85%, XL 82.7%, IM3 Ooredoo 82.6%, Tri 79.1%, dan Smartfren 62.8%.

Fixed Broadband

Sementara di layanan fixed broadband, Speedtest menyatakan bahwa Biznet menjadi ISP tercepat di Indonesia dengan speed score mencapai 42.17 diikuti oleh MyRepublic dengan speed score 38.31, Telkom 18.31, dan First Media dengan speed score 16.51.

Baca juga: Cara Cek Kecepatan Internet

Berbicara soal latensi, Biznet ternyata bukan yang terbaik. Dalam laporannya Speedtest mengukur latensi tiap-tiap ISP di Indonesia dan didapatlah MyRepublic beserta Telkom sebagai ISP dengan latensi ter-rendah, yaitu di angka 16 ms. Sedangkan Biznet memiliki latensi 20 ms dan First Media di angka 27 ms.

Kemudian di sisi Consistency Score, Biznet kembali menduduki peringkat pertama dengan nilai 68.3%, diikuti oleh MyRepublic dengan nilai 63.5%, First Media dengan nilai 29.6%, dan terakhir ada Telkom dengan nilai 27.2%.

Berdasarkan Speedtest Global Index bulan September 2021, kecepatan internet mobile rata-rata Indonesia naik empat peringkat menjadi urutan ke-108 dari 138 negara di dunia, dengan kecepatan download rata-rata mencapai 23,12 Mbps. Hal ini membuat Indonesia menjadi negara dengan kecepatan internet paling lambat di Asia Tenggara.

Sedangkan di jenis layanan fixed broadband, posisi Indonesia dalam lomba cepat-cepatan koneksi internet ini malah lebih tidak bagus. Indonesia turun dua peringkat menjadi posisi 116 dari 181 negara yang diukur, dengan kecepatan download rata-rata 27,83 Mbps sedikit lebih lambat dibandingkan Kamboja yang memiliki kecepatan download rata-rata 28,31 Mbps.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.